Resep Roti Boy Wanna Be

Setelah dua kali mencoba resep Roti Boy yang disini dan hasilnya masih kurang sukses, maka hari ini aku mencoba resep lain. Resep Rotinya pakai resep empuk mbak Fatmah, trus toppingnya juga ngikutin resep yang sama.

Hasilnya adalah empuk yang sukses berat! Karena toppingnya pakai rasa kopi, bolehlah dimirip-miripin jadi Roti Boy Wanna Be, hehehe.

Resep Roti:

500 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram gula
11 gram ragi instant
½ sdt improver
4 butir kuning telor
300 ml air es (aku cuma pakai 200 ml)
½ sdt garam
100 gram mentega

Cara membuat:

  • Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
  • Masukkan air es 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  • Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali. Kalo aku nunggunya 20 menit, tergantung kehangatan suhu ruang ya.
  • Setelah mengembang, kempiskan lalu ambil adonan seukuran yang diinginkan, sekitar 40-50 gram. Bulatkan, gepengkan, isi dengan butter beku kalau mau benar-benar mirip dengan Roti Boy. Kalo aku isi dengan meises karena takut gagal bila butter keburu mencair dan membuat bagian dalam roti basah.
  • Setelah diisi, tutup, bulatkan lagi. Biarkan mengembang lagi sekitar 30-60 menit.
  • Setelah mengembang, semprotkan topping yang dimasukkan ke piping bag (plastik segitiga), semprotkan melingkar seperti obat nyamuk.
  • Oven 20 menit dengan suhu 180 C

Topping:

50 gram gula halus
50 gram gula palem
100 gram mentega
80 gram telur
130 gram terigu protein rendah
5 gram kopi instant + 1 sdm air panas
5 gram essence kopi – gak punya, males beli, jadi gak pakai 😀

Cara membuat:

  • Kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang kopi dan essence kopi, aduk rata lalu masukkan ke dalam plastik segitiga.
  • Ukuran telur kalau bisa sesuai resep, jadi harus ditimbang sebab kalau telurnya terlalu besar bisa membuat adonan topping menjadi terlalu lembek dan cair.

Kalau berhasil membuat adonannya menjadi kalis elastis, rotinya bakal jadi emmmppuuuggh banget. Apalagi pas baru dikeluarkan dari oven, waaa 3 biji langsung abiss! Apalagi dalamnya dikasih meises, walopun jadinya melenceng dari pakem Roti Boy, gak pa-pa deh yang penting sukses bikin roti empuk hehehe…

Untuk rasa toppingnya masih kurang pas dari roti boy. Mungkin karena aku ndak pakai essence kopi, mungkin juga karena kopinya. Tapi secara keseluruhan Roti-Boy-Wanna-Be ini sudah cukup mengobati kekecewaan karena gagal bikin Resep Roti Boy yang terdahulu.

Pada foto terakhir, ada roti yang sengaja tidak aku beri topping kopinya. Jadi hanya Roti Empuk isi meises aja yang yummyy banget … 😉 Selamat mencoba yaa, please sharing apa hasilnya … 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: