Tuesday, September 27

Cara Membuat Gulali Rambut Nenek Mudah Tanpa Pakai Mesin

Halo, teman-teman setia Cakefever! Pada artikel kali ini, Cakefever akan memanggil penggemar jajanan manis, nih, karena kita akan membahas resepnya disini. Kalian tahu rambut nenek, nggak? Yup, rambut nenek menjadi salah satu jajanan paling legendaris yang sampai saat ini masih tetap eksis karena banyak orang yang menyukainya. Rasanya yang manis dan tampilannya juga menarik, membuat semua orang dari kalangan orang dewasa terutama anak-anak pasti menyukai jajanan satu ini.

Gulali rambut nenek saat ini populer dijadikan sebagai topping dari minuman kekinian yang nantinya akan memiliki perpaduan warna dari arum manis dan sensasinya akan meleleh di mulut. Kebayang deh, pasti rasanya nikmat banget!

Bagi teman-teman setia Cakefever yang kepo gimana cara membuat rambut nenek manis, langsung aja ikuti resepnya di bawah ini.

Manisnya Jajanan Tradisional Gulali Rambut Nenek

Bentuk Gula Rambut Nenek | Instagram
Bentuk Gula Rambut Nenek | Instagram

Gulali rambut nenek merupakan jajanan legendaris yang dipopulerkan pada tahun 1990-an, banyak disebut sebagai arum manis, jajanan ini sebenarnya memiliki nama arbanat. Jajanannya yang berwarna putih mirip uban menjadi asal-usul penamaan rambut nenek.

Saat ini, gulali rambut nenek dibuat dengan mencampur banyak warna dan rasa agar terlihat lebih menarik dan enak. Teman-teman setia Cakefever dapat menemukan rambut nenek dengan berbagai macam rasa seperti melon, pisang, stroberi, dan sebagainya.

Baca Juga:  Resep Creme Brulee, Dessert Khas Perancis yang Bikin Nagih

Jajanan manis satu ini dahulunya dibeli dengan cara barter barang bekas seperti botol maupun kaleng. Pedagang rambut nenek akan mengelilingi dari satu rumah ke rumah lain. Mungkin di daerah kalian saat ini, rambut nenek menjadi jarang ditemukan. Oleh karenanya, pada artikel ini, Cakefever akan membahas bagaimana cara membuat rambut nenek manis, anti gagal dan tanpa mesin.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, perhatikan cara membuat rambut nenek berikut, ya!

Cara Membuat Rambut Nenek Simpel Tanpa Mesin

Lezatnya Gulali Rambut Nenek | ngalam
Lezatnya Gulali Rambut Nenek | ngalam

Meskipun gulali rambut nenek ini sudah jarang ditemukan, bukan berarti kita nggak bisa buat rambut nenek di rumah, lho. Teman-teman setia Cakefever dapat membuat jajanan manis ini di rumah karena bahannya mudah ditemukan, baik di pasar tradisional sampai minimarket terdekat rumah kamu.

Selain mampu membuat kita bernostalgia dengan jajanan ala-ala jaman dahulu, gulali rambut nenek juga dapat dijadikan topping minuman kesukaan kamu, lho! Penasaran dengan cara membuat rambut nenek? Yuk, langsung saja kita ikuti resep ini.

Baca Juga:  Resep Puding Buah Cantik Lapis Susu Lembut, Segar, & Cantik

Bahan:

  • 250 gr tepung terigu atau tepung lainnya (bisa diganti tepung gandum, ketan, tepung beras, tepung jagung).
  • 2 sendok makan susu bubuk.
  • 250 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • Seperempat sendok teh sitrun atau setengah sendok teh perasan jeruk nipis atau seperempat sendok teh cuka

Langkah-langkah membuat Gulali Rambut Nenek:

  • Pertama, kita sangrai tepung terigu dan susu bubuk, hingga wanginya menjadi harum di dalam kompor.
  • Setelah itu segera matikan kompor, kemudian tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke dalam loyang.
  • Taburkan bahan-bahan yang telah disangrai secara merata, kemudian dinginkan hingga tidak panas.
  • Selanjutnya, kita campurkan gula pasir, air, pewarna makanan, sendok teh sitrun/jeruk nipis/cuka dan masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih.
  • Apabila campuran sudah mendidih, pastikan kamu tidak terlalu sering mengaduknya agar campuran tidak menggumpal,
  • Aduklah adonan hingga busa menghilang dan menjadi bening, kemudian angkat wajan lalu tuangkan adonan gulali ke wadah lain di atas bak berisikan air.
  • Biarkan adonan gulali menjadi kental dan teksturnya agak keras.
  • Setelah teksturnya agak keras, adonan dibentuk melingkar seperti karet gelang.
  • Gulingkan ke atas tepung susu yang telah disangrai sambil terus dilipat atau dipilin kemudian ditarik-tarik.
  • Lakukan teknik tersebut sampai membentuk rambut nenek.
Baca Juga:  Cara Membuat Klepon Lembut, Kenyal, dan Anti Pecah

Nah, itulah rangkuman mengenai cara membuat rambut nenek tanpa mesin yang berhasil Cakefever rangkum. Cara buatnya mudah banget, kan? Selamat mencoba, teman-teman setia Cakefever!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^