Friday, September 30

Author: Arnetta Firstianti

Aku suka menulis tentang makanan, tapi jujurly lebih suka makannya doang. I'm Netta and very nice to meet you all!
Resep Lumpur Surga Pandan Kukus Lembut, Wangi, & Anti Gagal
Recipes

Resep Lumpur Surga Pandan Kukus Lembut, Wangi, & Anti Gagal

Teman-teman setia Cakefever, siapa yang demen banget sama jajanan tradisional Indonesia? Kali ini, Cakefever akan membawakan artikel mengenai salah satu jajanan atau kue tradisional yang disebut lumpur surga. Wah, dari namanya saja dapat dipastikan rasanya lezat banget, nggak sih? Kue lumpur surga ini memiliki cita rasa yang legit dan lumer di mulut, sehingga kue ini menjadi favorit banyak kalangan dan cocok dijadikan sebagai makanan penutup. Penasaran bagaimana resep lumpur surga anti gagal ala Cakefever? Yuk, ikuti penjelasannya di bawah ini. Lembut dan Lezatnya Kue Lumpur Surga Pandan Kue lumpur surga berasal dari daerah Banjarmasin, para ahli sejarah menyebutkan bahwasanya kue ini dipopulerkan oleh orang-orang Portugis kala menjajah Indonesia pada saat itu. Terinspirasi dari kue “...
Cara Mudah Membuat Cetakan Kue Akar Kelapa Sendiri di Rumah
Kitchenware

Cara Mudah Membuat Cetakan Kue Akar Kelapa Sendiri di Rumah

Teman-teman setia Cakefever, kali ini kita akan membahas tutorial mengenai cara membuat cetakan Kue Akar Kelapa dengan bahan dan alat yang mudah ditemukan, bahkan menggunakan peralatan dapur. Kue Akar Kelapa sendiri merupakan camilan tradisional khas Betawi yang legendaris sampai saat ini. Memiliki bentuk seperti akar kelapa, ternyata kue ini menyimpan banyak makna filosofis kehidupan, lho. Salah satu bentuknya seperti akar pohon kelapa yang memiliki makna untuk selalu berpegangan dengan prinsip masing-masing yang kokoh, tak mudah terpengaruh. Berbahan dasar dari tepung beras, tepung ketan, tepung sagu, telur, gula dan mentega, lantas membuatnya mudah dibentuk menggunakan botol sampai kaleng bekas yang tidak digunakan lagi. Nah, karena itu, pada artikel ini, Cakefever akan memberikan ti...
Mengenal 4 Jenis Talas yang Bisa Dimakan dan Diolah
Ingredients Insight

Mengenal 4 Jenis Talas yang Bisa Dimakan dan Diolah

Siapa yang pernah makan keripik talas? Keripik kuning yang gurih dan asin itu menjadi olahan keripik favorit masyarakat. Namun, tahukah kamu selain keripik, talas juga bisa diolah menjadi sajian lain, lho!  Talas merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Beragam jenis talas yang dibudidayakan, ada yang dijadikan sebagai bahan baku makanan, ada pula yang hanya dijadikan sebagai tanaman hias. Namun, tak semua jenis talasa dapat dimakan, ya! Memang, jenis talas apa saja sih yang dapat dikonsumsi? Nah, yuk ikuti pembahasan Cakefever kali ini mengenai jenis talas yang bisa dimakan! Simak informasinya berikut ini. Mengenal Talas, Tumbuhan yang Bisa Diolah jadi Aneka Sajian Talas adalah salah satu umbi-umbian yang sering diolah menjadi aneka sajian. Umbi-umbian ini berasal dari...
Resep Serabi Solo Lembut dan Simple ala Serabi Notosuman
Recipes

Resep Serabi Solo Lembut dan Simple ala Serabi Notosuman

Halo, teman teman setia Cakefever! Kita pasti sudah pada tahu kalau Indonesia memiliki kuliner yang beragam, mulai dari makanan berat sampai jajanan tradisional yang sering dijual pedagang kaki lima. Salah satu daerah yang terkenal dengan kulinernya adalah Solo, sebuah daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak menu favorit dan populer seperti nasi liwet, timlo, selat solo serta berbagai macam kudapan lainnya. Nah, salah satu jajanan tradisional yang wajib kalian coba saat berada di Solo adalah serabi. Jajanan yang satu ini dapat kalian temukan dengan mudah di pasar tradisional bahkan pedagang kaki lima, rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat siapapun akan ketagihan mencobanya. Selain itu, Serabi Solo cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi hangat. Pada artikel kali ini,...
Cara Membuat Cenil dari Tepung Kanji Mudah & Sederhana
Recipes

Cara Membuat Cenil dari Tepung Kanji Mudah & Sederhana

Siapa sih yang nggak tahu cenil? Salah satu jajanan tradisional yang tetap eksis hingga saat ini. Teman-teman Cakefever pasti pernah nyobain jajanan unik ini! Sayangnya meskipun masih ada beberapa yang jual cenil, jumlahnya tergolong masih sedikit dan hanya ada di tempat atau daerah tertentu saja.  Tetapi, buat teman-teman yang ingin bernostalgia atau belum pernah mencoba jajanan ini, kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah, lho. Kali ini Cakefever akan membahas resep cara membuat cenil sederhana. Buat kamu yang sudah penasaran, langsung aja cek resepnya di bawah ini, yuk! Cenil, Jajan Pasar Tradisional yang Kenyal dan Nikmat Buat kamu yang belum tahu cenil, jajanan pasar tradisional ini berasal dari Jawa Tengah. Cenil terbuat dari bahan dasar singkong dan dicampur dengan tepung ke...
Cara Membuat Adonan Pempek Lembut dan Nggak Keras
Tips 4 Beginner

Cara Membuat Adonan Pempek Lembut dan Nggak Keras

Halo, teman-teman setia Cakefever! Adakah yang sudah tahu cara membuat adonan pempek? Membuat pempek memang bukan hal yang sulit, namun butuh cara yang benar agar bisa berhasil. Mungkin teman-teman bertanya-tanya mengapa pempek yang dibuat di rumah tak sama dengan yang dijual di abang-abang ya? Kali ini Cakefever akan berikan tips cara membuat adonan pempek yang lembut. Simak sampai habis ya! Pempek, Kuliner Lezat Khas Palembang Teman-teman setia Cakefever pasti tahu dong makanan satu ini? Ya, pempek adalah makanan yang sudah dikenal hampir di seluruh penjuru Indonesia. Pempek merupakan makanan yang berasal dari Sumatera Selatan, tepatnya di Palembang. Kini, penjual pempek sudah menyebar hampir ke semua kota di Indonesia. Cara membuat adonan pempek adalah dengan mencampurkan tepung ta...
Cara Membuat Apem Panggang Jawa Sederhana dan Aneka Tipsnya
Recipes

Cara Membuat Apem Panggang Jawa Sederhana dan Aneka Tipsnya

Kue apem seringkali ditemukan dalam beberapa acara, seperti memperingati hari raya, ataupun acara selamatan lainnya. Meskipun demikian, teman-teman setia Cakefever tetap bisa membuatnya sendiri jika ingin menyantap kue apem ini. Kali ini, Cakefever akan memberikan cara membuat apem jawa panggang yang bisa kamu coba di rumah. Lezatnya Citarasa Tradisional Apem Panggang Jawa Apem adalah kue tradisional Jawa yang hampir selalu ada di setiap acara. Seiring berjalanannya waktu, kue apem memiliki berbagai macam jenisnya, seperti apem kukus, apem panggang, apem selong, dan lain sebagainya.  Cara membuat apem jawa panggang memang lebih rumit daripada apem kukus. Kamu harus mengawasinya agar tidak gosong. Meskipun demikian, apem jawa panggang memiliki cita rasa yang lebih unik dan menarik. Ape...
Apa Itu Moist Cake? Ini Arti dan Rahasia Membuat Moist Cake
Tips 4 Beginner

Apa Itu Moist Cake? Ini Arti dan Rahasia Membuat Moist Cake

Teman-teman setia Cakefever, siapa disini yang suka menyuap kue sebagai kudapan maupun dessert? Yah, tidak ada yang bisa menahan diri untuk tidak memiliki sepotong kue yang enak, bukan? Kue adalah makanan penutup yang paling disukai oleh semua orang, tetapi teman-teman Cakefever pernah berpikir nggak, apa yang membuat kue memiliki tekstur lembut dan membuatnya lembab lebih lama? Artikel ini cocok buat kamu baca, karena disini Cakefever akan membahas mengenai moist cake dalam istilah baking dan kita akan membongkar rahasia membuat moist cake anti gagal yang harus kalian coba di rumah. Bagi teman-teman setia Cakefever yang belum mengetahui, moist cake artinya, apa sih? Gimana cara buatnya? Yuk, langsung saja kepoin penjelasannya dalam artikel ini. Moist Cake dalam Istilah Baking, Apa Arti...
Macam Macam Ukuran Loyang Tulban & Bedanya dengan Loyang Chiffon
Kitchenware

Macam Macam Ukuran Loyang Tulban & Bedanya dengan Loyang Chiffon

Jika berkunjung ke toko yang menjual peralatan rumah tangga sedikitnya menjumpai alat pencetakan kue. Alat pencetak kue ini dikenal dengan nama loyang. Loyang yang berada di pasaran memiliki bentuk beragam. Dengan demikian cake yang dihasilkan pun memiliki beragam bentuk.  Salah satu jenis loyang berbentuk kincir dan bergelombang dinamakan loyang tulban atau bundt pan. Pada kesempatan kali ini Cakefever akan menjelaskan macam-macam ukuran loyang tulban. Ayo simak selengkapnya!  Apa Itu Loyang Tulban? Loyang tulban sering juga disebut sebagai loyang cincin, karena di bagian tengahnya terdapat lubang. Loyang ini diciptakan oleh seorang pengusaha perkakas rumah terkenal pada tahun 1950. Gagasan ini muncul dikarenakan ibu-ibu komunitas jewish menginginkan cake mereka berbentuk menarik.  ...
3 Cara Membuat Karamel Sederhana Beserta Tips Anti Gosongnya
Recipes, Tips 4 Beginner

3 Cara Membuat Karamel Sederhana Beserta Tips Anti Gosongnya

Siapa sih, yang nggak kenal dengan saus karamel? Saus ini terbentuk dari gula, prosesnya disebut dengan karamelisasi yang nantinya menghasilkan cairan lengket berwarna coklat gelap. Untuk membuat saus karamel cukup mudah namun tidak sedikit yang gagal.  Banyak saus karamel yang berakhir gosong dan pahit, namun kamu nggak perlu khawatir, karena Cakefever akan memberikan cara membuat karamel sederhana serta tipsnya agar nggak gosong. Simak caranya di artikel ini ya! Manis dan Legitnya Saus Karamel Saus karamel memiliki rasanya yang manis dan legit. Biasanya saus ini dijadikan sebagai tambahan di minuman dan makanan sehingga menjadi lebih enak. Aroma yang dimiliki sangatlah harum dan rasanya manis dengan sedikit asin.  Saus karamel terdiri dari dua jenis yakni, karamel basah dan karamel...
Apa Itu Soft Peak? Ini Arti & Perbedaannya dengan Hard Peak
Tips 4 Beginner

Apa Itu Soft Peak? Ini Arti & Perbedaannya dengan Hard Peak

Halo, teman-teman setia Cakefever! Siapa disini yang suka baking? Buat kalian yang memiliki hobi baking, pasti tahu arti kata dari soft peak. Tetapi, tenang saja, bagi kalian yang nggak tahu artinya, Cakefever akan memberikan informasi mengenai soft peak yang berkaitan mengenai bagaimana cara kita mengocok putih telur dalam sebuah adonan. Artikel ini cocok kalian baca sebelum membuat kue maupun dessert juga, lho.  So, buat teman-teman setia Cakefever yang kepo, soft peak artinya, apa sih? Yuk, tunggu apa lagi? Simak penjelasannya dibawah ini, ya! Soft Peak dalam Istilah Baking, Apa Artinya? Teman-teman setia Cakefever, ternyata penting untuk kita mengetahui terminologi atau istilah dalam dunia baking, karena hal ini akan membantu dalam keberhasilan pembuatan adonan yang telah dibuat s...
Cara Membuat Gulali Rambut Nenek Mudah Tanpa Pakai Mesin
Recipes

Cara Membuat Gulali Rambut Nenek Mudah Tanpa Pakai Mesin

Halo, teman-teman setia Cakefever! Pada artikel kali ini, Cakefever akan memanggil penggemar jajanan manis, nih, karena kita akan membahas resepnya disini. Kalian tahu rambut nenek, nggak? Yup, rambut nenek menjadi salah satu jajanan paling legendaris yang sampai saat ini masih tetap eksis karena banyak orang yang menyukainya. Rasanya yang manis dan tampilannya juga menarik, membuat semua orang dari kalangan orang dewasa terutama anak-anak pasti menyukai jajanan satu ini. Gulali rambut nenek saat ini populer dijadikan sebagai topping dari minuman kekinian yang nantinya akan memiliki perpaduan warna dari arum manis dan sensasinya akan meleleh di mulut. Kebayang deh, pasti rasanya nikmat banget! Bagi teman-teman setia Cakefever yang kepo gimana cara membuat rambut nenek manis, langsung aja...
Cara Membuat Es Gabus Pelangi Sederhana dalam 6 Langkah
Recipes

Cara Membuat Es Gabus Pelangi Sederhana dalam 6 Langkah

Hayo siapa yang pernah nyobain es jadul yang satu ini? Yup, es gabus pelangi! Pasti teman-teman setia Cakefever pernah nyoba es ini waktu masa kanak-kanak. Nggak mungkin nggak! Dulu es ini hits banget, di setiap daerah di Indonesia pasti ada yang menjualnya. Tetapi, saat ini sudah jarang yang menjual es cantik ini. Tenang teman-teman! Buat kamu yang ingin nostalgia kembali, kali ini Cakefever mau share resep cara membuat es gabus sederhana hanya dengan 6 langkah. Yuk langsung cek resep di bawah ini! Es Gabus, Jajanan Jadul yang Masih Digemari Sampai Kini Buat teman-teman Cakefever yang belum pernah nyobain es gabus, es ini bukan terbuat dari gabus atau sterofoam, ya! Es gabus adalah es warna-warni yang terbuat dari santan dan tepung hunkwe dan berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat...
Cara Membuat Roti Simit, Roti Bagel Sejuta Umat dari Turki
Recipes

Cara Membuat Roti Simit, Roti Bagel Sejuta Umat dari Turki

Halo, teman-teman setia Cakefever! Kali ini Cakefever akan membawa referensi bagi kalian pecinta roti bagel, nih. Roti bagel sendiri berasal dari Mesir sekitar 3000 tahun lalu sebelum masehi, lho. Nah, walaupun berasal dari Mesir dan populer di Amerika Serikat, ternyata roti bagel ini juga terdapat di Turki yang mereka namakan sebagai roti simit. Roti Simit memiliki bentuk yang melingkar seperti cincin dan bagian atas rotinya ditaburi dengan wijen, sangat mirip dengan bagel pada umumnya, bukan?  Teman-teman setia Cakefever dapat menemukan roti khas Turki ini dari pedagang keliling yang biasanya menumpuk roti di atas kepala mereka. Tertarik buat kepoin resep Roti Simit Turki ini? Yuk, simak langsung resepnya pada artikel di bawah ini! Mengenal Roti Simit, Roti Bagel Khas Turki Roti Sim...
Resep Wonton Soup Enak & Sederhana ala Chinese Restaurant
Recipes

Resep Wonton Soup Enak & Sederhana ala Chinese Restaurant

Halo, teman-teman setia Cakefever! Akhir-akhir ini, cuaca lagi nggak menentu, ya? Mulai dari panas yang menyengat, sehari kemudian hujan turun dengan deras. Indonesia kali ini memasuki musim pancaroba, jadi kalian harus menjaga kesehatan karena cuaca yang sedang tidak menentu. Nah, kali ini, Cakefever akan akan memberikan resep makanan berkuah yang sedap banget dimakan terutama saat cuaca lagi dingin-dinginnya. Nama makanannya adalah Wonton Soup, mungkin agak terdengar asing di telinga kalian, tetapi makanan ini mirip dengan pangsit goreng yang populer disajikan sebagai pelengkap kuah bakso. Yuk, kepoin resep wonton soup dan informasinya dalam artikel ini! Wonton Soup, Hidangan Lezat ala Chinese Restaurant Wonton Soup merupakan makanan pelengkap yang berasal dari Tiongkok, dalam penya...
Resep Kue Bulan Cina Tanpa Oven ala Chef Devina Hermawan
Recipes

Resep Kue Bulan Cina Tanpa Oven ala Chef Devina Hermawan

Bagi kamu khususnya keturunan Tionghoa, pasti sudah nggak asing lagi dengan kue tradisional ini. Yup, kue bulan cina atau mooncake! Kue bulan cina adalah salah satu kue tradisional asal Cina yang bertekstur lembut dan memiliki isian rasa. Biasanya berisikan kacang hitam, nanas, pasta biji lotus, daging-dagingan, dan telur. Kue ini selalu disajikan ketika festival kue bulan tiba, yakni pada pertengahan musim gugur atau jatuh pada tanggal 9 September 2022. Jadi, pastikan kamu mencicip pada bulan tersebut, ya!  Kamu dapat membeli dan memesan kue ini di banyak toko kue. Selain itu, kamu bisa membuatnya di rumah, lho! Resepnya mudah diikuti dan rasanya enak. Kali ini, Cakefever akan memberitahu resep kue bulan cina. Yuk simak artikel di bawah ini! Kue Bulan, Hidangan Tradisional Khas Etnis T...