Tuesday, May 24

Author: Arnetta Firstianti

SEO Content Writer yang juga bercita-cita jadi Captain Marvel
Resep Dango Jepang Saus Gula Merah ala Chef Ayu Wardojo
Recipes

Resep Dango Jepang Saus Gula Merah ala Chef Ayu Wardojo

Adakah teman-teman setia Cakefever yang suka atau sering menemani anak atau adik buat nonton Anime Naruto? Jika iya, tentunya kamu sudah nggak asing dengan jajanan khas Jepang yang berbentuk bulat-bulat dan disatukan dengan tusuk sate. Yup, jajanan tersebut adalah Dango. Dango di Jepang sendiri memiliki banyak versi, yang terdiri dari Dango dengan rasa manis, ataupun yang asin.  Untuk camilan sebagai teman santaimu saat nonton film atau nugas, sepertinya Dango dengan rasa manis bisa menaikkan moodmu, nih. Eits, tapi nggak perlu repot-repot beli di luar, karena kamu bisa bikin sendiri di rumah. Yuk, intip resep dango saus gula merah ala Chef Ayu Wardojo berikut ini! Dango Saus Gula Merah, Perpaduan Hidangan Jepang dengan Kearifan Lokal Dango merupakan jajanan yang berasal dari Negeri S...
Cara Bikin Mochi Jepang Pakai Bahan Lokal ala Chef Devina
Recipes

Cara Bikin Mochi Jepang Pakai Bahan Lokal ala Chef Devina

Teman-teman setia Cakefever, siapa sih, yang nggak tahu dengan Mochi, jajanan menul-menul khas Negeri Sakura ini? Bagi kamu yang sudah pernah icip-icip gimana rasa Mochi, kamu pasti tertarik untuk makan lagi dan lagi.  Mochi berasal dari daerah Jepang, dan menjadi jajanan yang sangat laris di sana. Meskipun tekstur dan rasanya terlihat sangat kompleks, siapa sangka kalau ternyata Mochi juga bisa dibikin sendiri dengan sangat mudah dirumah, lho. Daripada sibuk jajan di luar rumah, mending bikin Mochi sendiri dengan intip resep Mochi ala chef yang diulas Cakefever berikut ini, yuk! Mochi, Jajanan Khas Jepang Manis dan Kenyal yang Jadi Selalu Idola Seperti yang kita tahu, Mochi adalah jajanan khas Jepang yang punya rasa manis dan kenyal. Bahan baku kue Mochi adalah tepung ketan, yang mem...
Benarkah Garam Juga Punya Fungsi untuk Membuat Es Krim?
Ingredients Insight

Benarkah Garam Juga Punya Fungsi untuk Membuat Es Krim?

Mungkin Anda pernah menemui penjual es krim yang bisa tetap menjual es krim dalam keadaan beku padahal tidak menggunakan freezer. Hmm… Kok bisa, ya? Ternyata, hal tersebut dapat terjadi karena di bawah dan di sekeliling wadah tersebut terdapat es batu yang sudah diberi garam sehingga adonan es krimnya bisa membeku dan terjaga dinginnya. Lalu, apakah fungsi garam dalam pembuatan es krim? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel Cakefever di bawah ini! Fungsi Garam dalam Pembuatan Es Krim Jadi, kenapa sih, kita butuh es batu saat membuat es krim? Seperti yang kita ketahui, bahwa cairan dapat membeku pada suhu 0 derajat celcius. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada es krim karena terdapat penambahan gula dan lemak pada adonannya sehingga mengganggu pembentukan kristal es. Oleh karena...
Aneka Resep Tart Susu Khas 3 Daerah Nusantara, Simpel & Enak
Recipes

Aneka Resep Tart Susu Khas 3 Daerah Nusantara, Simpel & Enak

Pernahkah kamu mencoba tart susu? Tart susu merupakan makanan panggang berbahan dasar kue pastry dan diisi dengan sesuatu yang manis atau gurih. Mempraktikkan resep tart susu memang bukan perkara mudah, karenanya beberapa orang lebih memilih untuk membeli daripada harus bersusah payah membuatnya sendiri di rumah.  Nah, daripada harus repot-repot keluar duit dan tenaga untuk membeli tart susu enak, bikin tart susu sendiri bisa menjadi pilihan lho, buat kamu. Yuk, ceki-ceki aneka resep tart susu khas 3 daerah Nusantara berikut ini! Aneka Resep Tart Susu Khas 3 Daerah Nusantara Walaupun lebih praktis membeli tart susu, tidak ada salahnya kamu mencoba membuatnya sendiri. Bahan-bahan untuk membuat tart susu pun mudah ditemukan, hanya dari campuran tepung terigu, gula, telur, dan mentega.  B...
Kenapa Sih, Kita Membutuhkan Es Batu Saat Membuat Es Krim?
Ingredients Insight

Kenapa Sih, Kita Membutuhkan Es Batu Saat Membuat Es Krim?

Es krim adalah kudapan yang cocok disajikan saat cuaca panas. Dengan varian dan rasa yang beragam, Anda dapat dengan mudah menemukan es krim yang sesuai dengan selera Anda di minimarket terdekat.  Mulai dari es krim tradisional dengan rasa yang khas sampai inovasi es krim modern yang menggugah selera. Semuanya dapat Anda dapatkan dengan mudah tanpa perlu repot-repot membuatnya.  Meski begitu, Anda tetap dapat berkreasi membuat es krim sendiri di rumah dengan bahan-bahan dan cara pembuatan yang simpel. Sebelum adanya lemari pendingin, masyarakat menggunakan es batu dan garam untuk membuat es krim. Es batu dan garam dijadikan satu pada suatu wadah untuk kemudian ditimpa dengan wadah lain yang berisi adonan  es krim.  Waktu pembuatannya pun relatif cepat. Hanya dengan memutar-mutar wadah s...
3 Resep Bolu Kopi yang Enak dan Beraroma Menggiurkan
Recipes

3 Resep Bolu Kopi yang Enak dan Beraroma Menggiurkan

Bolu kopi memiliki aroma yang harum dan menenangkan serta sangat nikmati dikonsumsi di pagi hair. Mengkonsumsi bolu kopi ditemani dengan teh hangat akan membantu menaikkan mood untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Membuat bolu kopi tidak sulit, bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah dicari. Yuk simak beberapa resep bolu kopi yang mudah untuk dibuat. Tips Membuat Bolu Agar Mengembang Sempurna Sebelum mengetahui resep bolu kopi, ada baiknya untuk mempelajari tips agar membuat bolu mengembang sempurna. Hal ini bertujuan agar ketika membuat resep, bolu menjadi enak, lembut, dan tidak keras. Berikut hal yang perlu diperhatikan ketika membuat bolu: Gunakan bahan-bahan yang  tersimpan di suhu ruangan. Hal ini sangat penting agar tetap menjaga...
5 Resep Membuat Es Krim Oreo yang Lembut dan Nikmat
Recipes

5 Resep Membuat Es Krim Oreo yang Lembut dan Nikmat

Siapa yang tidak suka dengan Oreo? Kukis lapis isi krim yang terdiri dari dua wafer dengan krim manis ini sangat disukai berbagai kalangan. Selain dimakan langsung, ada beberapa cara menikmati Oreo loh, salah satunya dengan dikreasikan bersama es krim.  Cara membuat es krim Oreo sama sekali tidak sulit kok, selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Cemilan ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga, teman, hingga pasangan. Menjelang bulan puasa, hidangan ini juga cocok untuk berbuka puasa. Yuk, simak resep cara membuat es krim Oreo yang enak dan lembut! Es Krim Oreo Stroberi Bagi pecinta store bli pasti akan suka dengan resep es krim oreo unik yang satu ini. Cara membuat es krim oreo stroberi sangat sederhana kok. Yuk simak apa saja yang diperlukan.  Bahan-bahan ...
Intip 3 Resep Kue Lebaran Coklat Mudah Dibuat dan Simpel Ini
Recipes

Intip 3 Resep Kue Lebaran Coklat Mudah Dibuat dan Simpel Ini

Kue kering seperti sudah menjadi sajian wajib saat hari raya. Selain itu, saat ini telah terdapat berbagai macam pilihan varian, bentuk, dan rasa kue lebaran yang siap menyemarakkan suasana di hari yang suci. Namun bagi pecinta kue rasa coklat, kue lebaran coklat tetap jadi yang nomor satu di hati.  Dapat menyajikan kue lebaran buatan sendiri bagi keluarga adalah momen yang menyenangkan. Mulai dari proses persiapan bahan hingga pada saat kue telah matang. Bagi Anda yang tengah mencari resep dan cara membuat kue lebaran coklat yang enak serta mudah dibuat, Cakefever telah mempersiapkannya pada artikel di bawah ini.  3 Resep Kue Lebaran Coklat Terenak, Mudah Dibuat! Saat membuat kue rasa coklat, mengukur bahan-bahan dengan akurasi yang tepat perlu dilakukan. Apakah Anda ingin rasa pahit d...
Aneka Cara Membuat Es Krim Pop Ice Mudah dan Sederhana
Recipes

Aneka Cara Membuat Es Krim Pop Ice Mudah dan Sederhana

Bereksperimen saat liburan merupakan sesuatu yang menyenangkan, terutama bila kita bereksperimen untuk membuat camilan. Salah satu camilan yang nikmat untuk disantap saat waktu senggang adalah es krim. Bahkan, kini Anda bisa mencoba bahan-bahan minuman serbuk seperti pop ice untuk dijadikan es krim, lho. Bagaimana sih, cara membuat es krim pop ice anti gagal dan mudah untuk dibuat? Berikut ini Cakefever sudah rangkumkan beberapa rekomendasinya. Yuk, kepoin aneka cara membuat es krim pop ice dalam penjelasan di bawah ini! 3 Cara Membuat Es Krim Pop Ice Anti Gagal Siapa sangka dengan berbahan minuman serbuk seperti pop ice, Anda sudah bisa menciptakan camilan enak untuk keluarga, yakni es krim. Pun bagi Anda yang tak mau ribet menggunakan SP atau mixer dalam proses pembuatan es krimnya, a...
5 Resep Es Krim Chocolatos Lezat dan Mudah Dibuat
Recipes

5 Resep Es Krim Chocolatos Lezat dan Mudah Dibuat

Senang membuat es krim berbagai varian? Berarti Anda berada di artikel yang tepat. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat es krim chocolatos yang mudah dan tidak memakai banyak bahan namun tetap lezat.  Chocolatos terdiri dari berbagai macam produk dan varian rasa. Rasanya yang manis dan nikmat akan sangat cocok untuk dijadikan cemilan untuk si kecil. Harganya pun cukup terjangkau dan mudah didapatkan. Berikut 5 resep cara membuat es krim chocolatos yang mudah. 1. Es Krim Chocolatos Wafer Roll Cemilan Chocolatos Wafer Roll ini sangat terkenal di berbagai kalangan terutama remaja dan anak-anak. Isi krim coklat yang ada pada gulungan wafernya merupakan inti dari kenikmatan bagi yang memakannya. Selain dimakan langsung, Anda dapat berkreasi loh dengan cemilan ini untuk dibuat...
Simpel dan Kekinian, Intip Resep Kue Lebaran Tanpa Oven Ini
Recipes

Simpel dan Kekinian, Intip Resep Kue Lebaran Tanpa Oven Ini

Sebagian orang telah mempersiapkan kue lebaran jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan tiba supaya tidak kehabisan stok. Sementara beberapa yang lainnya memilih membuat kue lebaran saat bulan Ramadhan sekaligus menikmati momen dan nuansa Ramadhan.   Membuat kue lebaran merupakan salah satu aktivitas mengasyikan yang dapat dilakukan selagi dalam keadaan berpuasa. Namun terkadang, niat membuat kue lebaran tersebut jarang diwujudkan karena tidak adanya oven untuk memanggang kue. Apakah kue kering lebaran hanya dapat dibuat dengan oven? Adakah resep kue lebaran tanpa oven yang simpel dan anti ribet? Apa resep kue lebaran kekinian yang tengah menjadi trend? Intip di bawah ini, yuk! 3 Resep Kue Lebaran Tanpa Oven Enak dan Simpel Tidak ada oven bukanlah suatu alasan untuk tidak membuat kue leba...
5 Ide Kemasan Kue Kering Kekinian Untuk Menarik Konsumen
Tips Jualan

5 Ide Kemasan Kue Kering Kekinian Untuk Menarik Konsumen

Memasuki bulan puasa, banyak konsumen yang mulai mencari persiapan untuk lebaran salah satunya adalah kue kering. Bagi Anda yang senang sekali membuat kue kering, momen ini menjadi peluang untuk mengeksplorasi hobi yang akan membawa keuntungan. Tentunya sebagai penjual, Anda harus mengetahui daya tarik kue kering tidak hanya masalah rasa namun juga kemasan. Belum memiliki ide untuk kemasan kue kering yang unik? Tidak perlu khawatir yuk kita bahas ide kemasan kue kering kekinian yang akan langsung memikat konsumen ketika pertama kali melihat! Tips Memilih Kemasan Kue Kering Kekinian Memilih kemasan kue kering yang sesuai harus memperhatikan beberapa hal agar kemasan yang unik tetap dapat menarik perhatian konsumen. Berikut adalah tips memilih kemasan kue kering kekinian. 1. Sesuaikan ...
Yuk, Cari Tahu Aneka Tips dan Teknik Food Photography!
Tips 4 Beginner

Yuk, Cari Tahu Aneka Tips dan Teknik Food Photography!

Bagi Anda yang sudah lama berada dalam dunia fotografi, istilah food photography tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Lain halnya apabila Anda baru menekuni hobi fotografi atau sebagai seorang business owner suatu brand kuliner baru yang tengah membutuhkan foto produk untuk kepentingan pengiklanan. Anda bisa saja sedikit kebingungan saat mencoba mencari lebih jauh tentang hal ini.  Sederhananya, food photography adalah teknik memotret kudapan untuk menghasilkan foto yang baik dengan berbagai purpose, utamanya untuk foto produk. Bagi seorang pemula, hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari asalkan selalu berani berkreasi. Apa saja yang diperlukan untuk menghasilkan foto makanan yang bagus? Apa yang dimaksud angle foto makanan?  Food Photography Itu Apa, Sih? Dunia baking mema...
5 Tips Memilih Cetakan Kue Kering Agar Hasilnya Cantik
Tips 4 Beginner

5 Tips Memilih Cetakan Kue Kering Agar Hasilnya Cantik

Ingin membuat kue kue kering dengan bentuk yang unik namun sering gagal saat membuatnya? Tenang aja, hal ini biasa terjadi kok bagi Anda yang masih pemula untuk membuat kue kering. Selain bahan-bahan membuat kue kering, cetakan adalah hal utama yang menjadi salah satu faktor utama keberhasilan kue kering. Nah, apa saja sih yang perlu diperhatikan ketika membeli cetakan kue agar hasilnya menjadi cantik? Yuk kita bahas secara lengkap mengenai tips memilih cetakan kue kering.  Macam-Macam Cetakan Kue Kering Sebelum membahas mengenai tips memilih, ada baiknya mengenal macam-macam cetakan kue kering yang banyak digunakan. 1. Cetakan Kue Semprit Ketika membuat kue semprit, maka cetakan yang digunakan biasanya berbentuk seperti corong. Penggunaan cetakan semprit sedikit berbeda dengan cetaka...
3 Resep Kue Talam, Hidangan Manis yang Cocok Jadi Camilan!
Recipes

3 Resep Kue Talam, Hidangan Manis yang Cocok Jadi Camilan!

Kue tradisional memang sedikit demi sedikit mulai lekang oleh waktu. Namun jangan salah, tidak selamanya kue-kue ini dilupakan oleh masyarakat. Salah satu kue khas jadul yang masih banyak dicari masyarakat adalah kue talam. Bahkan, kini Anda bisa membuatnya di rumah dengan rasa dan tekstur yang bahkan bisa disesuaikan dengan selera Anda, karena ternyata membuat kue talam tak sesulit yang Anda bayangkan, lho. Apa saja resep kue talam yang enak dan mudah untuk dibuat? Temukan resep kue talam favorit Anda hanya di Cakefever! Kue Talam, Hidangan Manis Sederhana yang Menggugah Selera Siapa yang tak kenal dengan kue talam? Kue tradisional asal Betawi dengan paduan rasa manis dan gurihnya yang nendang membuat kue ini kerap dijadikan takjil saat berbuka puasa. Kue talam yang diperkirakan telah...
Inilah 3 Resep Kue Pancong Lumer, Kekinian, dan Enak!
Recipes

Inilah 3 Resep Kue Pancong Lumer, Kekinian, dan Enak!

Jajanan pasar memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Selain bahannya yang tanpa pengawet dan dinilai lebih sehat, jajanan pasar khas daerah tertentu juga dapat mengingatkan kita akan memori yang ada di tempat tersebut. Salah satu jajanan tersebut tak lain adalah kue pancong. Penyebutan kue pancong sangat beragam karena berbeda-beda di setiap daerah. Jika di Jakarta namanya kue pancong, di Jawa Barat kue ini disebut bandros. Kemudian jika di Jawa Tengah adalah gandos, dan di Bali disebut haluman.  Membuat kue pancong sendiri selagi luang bisa menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan. Apa saja bahan dan resep kue pancong? Langsung scroll artikel ini sampai habis, ya! Kue Pancong, Jajanan Jadul yang Tak Lekang Oleh Zaman Di tengah industri food and beverage Indonesia ya...