Tuesday, May 24

6 Rekomendasi Buah Kering Terbaik untuk Topping Kue

Buah memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Kandungan gizi yang baik dalam buah sangat baik untuk kesehatan kita. Buah dapat dinikmati dengan berbagai macam cara yakni dijus, dinikmati secara langsung, dan dikeringkan. 

Kali ini kita akan membahas secara dalam mengenai untuk kue. Buah yang telah dikeringkan memiliki kandangan yang kaya akan mineral dan sering dinikmati sebagai pelengkap kue dan cemilan. Ada berbagai macam yang dapat dinikmati dan dibeli di toko kue yakni ceri, nanas, apel, kismis, dan lainnya. 

 

1. Kismis

Buah kismis
Buah kismis (Sumber: Pixabay)

Buah merupakan hasil pengeringan dari buah anggur. Bentuknya yang kecil membuatnya sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk kue. Bagi kamu yang ingin membuat kue bolu, mencampurkan dengan adonan kue akan membuat rasa kue akan menjadi lebih nikmat dan sangat segar untuk dinikmati dikala panas. 

Buah yang satu ini memiliki kadar kalori yang sedikit kok, jadi bagi penderita diabetes ataupun yang sedang menjalani diet tidak perlu khawatir mengkonsumsinya. 

2. Berry

Salah satu jenis buah berry adalah goji berry
Salah satu jenis buah berry adalah goji berry (Sumber: Pixabay)

Bagi yang senang dengan nilai estetika, menggunakan buah berry akan sangat menyenangkan. Warnanya yang merah cantik dengan rasa manis akan membuat kue buatanmu menjadi sangat mantap untuk disantap. Jenis berry yang dapat menjadi pilihan adalah strawberry, mulberry, raspberry, dan masih banyak lagi.

3. Aprikot

Buah kering aprikot
Buah kering aprikot (Sumber: Pixabay)

Ingin membuat kue dengan topping yang cerah? Aprikot jawabannya. Bentuknya sekilas mirip seperti jeruk yang dikeringkan. Buah ini merupakan buah tropis dengan rasa segar dan beraroma manis. Baik versi segar ataupun dikeringkan, aprikot menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan topping kue. 

Baca Juga:  Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir

4. Kurma

Buah kurma
Buah kurma (Sumber: Pixabay)

Buah kurma memang sangat populer ketika menjelang bulan Ramadhan. Namun, Kamu tetap dapat menemukan buah ini kok walaupun Ramadhan sudah lewat. Kurma dapat menjadi topping untuk kue bolu yang segar. 

Sebagai catatan, kalori buah kurma yang kering 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan yang segar. Sebagai perbandingan, memiliki 284 kalori sedangkan buah segar memiliki 142 kalori. Sehingga, bagi yang menjalani diet perlu memperhatikan takaran kue ini untuk topping ya!

5. Plum

Buah plum kering
Buah plum kering (Sumber: Pixabay)

Tampilan buah plum sekilas mirip seperti namun dengan ukuran yang sedikit besar. Dibalik teksturnya yang berserat dan rasa yang manis, buah ini memiliki kandungan mineral yang tinggi, antioksidan, dan mengandung 15 vitamin. 

Bagi yang sedang diet, buah ini ternyata dikenal sebagai buah pelangsing. Heum, sangat cocok untuk menjadi pilihan topping kue kamu yang lezat tersebut.

6. Sukade

Sukade
Sukade (Sumber: Pixabay)

Buah sukade banyak ditemukan dalam campuran bolu-bolu yang sering dijual di toko roti.  Sukade tersebut dari manisan kulit jeruk, baligo, labu, dan papaya yang telah direndam dengan air baru setelah itu keringkan.

Secara umum, warna sukade yang ada di pasaran atau toko kue adalah kuning, merah, dan hijau. Rasanya sangat unik, terdapat sedikit pahit khas dari kulit jeruk dan sedikit manis. Sukade dapat menjadi pilihan ketika ingin membuat fruit cake. 

Apakah Buah Kering Sehat?

Ada banyak pertanyaan terkait mengenai apakah sehat dikonsumsi atau tidak. Menurut dr. Fadhli Rizal Makarim memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Secara umum, mikronutrien memiliki beberapa kandungan yakni Vitamin A, Vitamin C, kalsium, kalium, kalsium, dan zat besi. 

Namun yang perlu diketahui adalah memiliki potensi menambah berat badan dan rentan bagi pengidap diabetes dikarenakan kandungan gula yang tinggi. Sehingga, ketika konsumsi buah- atau untuk menjadikannya topping harus berhati-hati menakarnya jika kamu sedang dalam program diem ataupun memiliki riwayat diabetes. 

Baca Juga:  Alamat Toko Bahan Kue di Depok

 

Itu tadi beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan topping atau campuran kue. Rasanya yang manis, segar, dan unik akan menjadi perpaduan rasa yang pas ketika dimakan. Selamat berkreasi dengan buah-buahan kering tersebut, ya!

A communication student who likes talking and writing.
Siti Haliza

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^