Friday, September 30

Cara Membuat Boba Brown Sugar Rumahan yang Lembut dan Segar

Brown Sugar Boba adalah minuman yang dipadukan dengan berbagai bahan mulai dari susu, gula merah, bubuk minuman boba, dan es batu.  Minuman ini awalnya terkenal pada akhir 2019 sebuah gerai minuman Tiger Sugar di kawasan Taichung-Taiwan yang memproduksi minuman terkenal ini. Rasanya yang khas, sangat cocok menjadi cemilan manis dan banyak disukai masyarakat di Indonesia.

Minuman boba ini sangat mudah ditemui di gerai minuman seperti di mall, cafe, dan tempat-tempat makanan lainnya. Banyak yang mengira bahwa brown sugar ini terbuat dari gula merah, padahal brown sugar dibuat dari gula aren yang disadap di pohon aren dan nira. 

Mengapa pembuatan brown sugar menggunakan gula merah? Hal ini karena gula merah beraroma kuat dan rasa manisnya lebih halus dibandingkan dengan gula pasir. Untuk boba sendiri, biasa dijadikan toping minuman brown sugar yang terbuat dari bola-bola tapioka.

Kandungan Kalori dalam Boba

Boba memang sangat nikmat ketika dikonsumsi saat panas. Dibalik rasanya yang manis dan lezat ada beberapa hal yang harus kamu waspadai ketika meminum minuman manis ini. Seorang ahli gizi mengatakan bahwa kalori satu gelas brown sugar boba adalah 230 kalori dengan komponen utama 79 gram karbohidrat, 4 gram lemak, seta 4 gram protein.

Baca Juga:  5 Resep Dorayaki Super Lembut, Enak, dan Anti Gagal

Minuman ini juga mengandung 107 mg sodium serta 15 mg kalsium. Kandungan gula yang tinggi membuat boba tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari, paling tidak jika kamu penggemar berat minuman yang satu ini, dapat mengonsumsi boba 3-4 hari sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Jika kamu ingin meminum boba dengan kandungan yang lebih rendah gula dengan kualitas bahan terbaik, Kamu dapat mencoba cara ini di rumah. Berikut adalah cara membuat boba brown sugar yang mudah, gampang, dengan hasil yang lezat. 

Cara Membuat Boba Brown Sugar 

brown boba sugar lembut

Bahan boba:

Bahan sirup gula:

  • 120 gram gula aren

Bahan pelengkap:

  • cair full cream
  • es batu

Cara membuat:

  1. Pertama, didihkan air sebagai bahan untuk membuat boba.
  2. Air yang sudah mendidih kemudian dituangkan ke lalu aduk hingga menggumpal.
  3. Siapkan wadah bersih kemudian taburi tepung tapioka. Bentuk yang sudah dicampur air panas tadi bulat bulat. Jangan lupa taburi sedikit agar tidak lengket.
  4. Masak 1 liter air dan masak boba selama 15 menit hingga empuk.
  5. Setelah matang, buang rebusan boba dan masukkan bahan sirup gula.
  6. Aduk rata boba dan gula tanpa air dengan api kecil hingga mencair dan sirup yang mengental.
  7. Setelah selesai masukkan boba dan susu full cream ke dalam gelas dengan menambahkan topping sesuai selera. Tambahkan es batu agar membuat Boba Brown Sugar menjadi lebih enak.
  8. Minuman Boba Brown Sugar yang nikmat siap dikonsumsi di kala panas untuk redakan dahaga kamu.
Baca Juga:  2 Resep Patbingsu, Es Serut Korea yang Nikmatnya Kebangetan

Itu tadi informasi lengkap mengenai cara membuat Boba Brown Sugar yang enak dan lembut. Resep dapat kamu modifikasi sesuai selera dengan berbagai toping yang menarik. Selamat mencoba dan berkreasi 🙂

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^