Udah lamaaa banget pengen nyoba bikin Bread Puding. Penasaran rasanya gimana gitu 😀 Selain itu aku juga ingin cari alternatif mengolah roti sisa sarapan pagi yang dibuang sayang.

Banyak resep yang bertaburan di angkasa, yang manakah yang harus dicoba?

Mari bertanya pada paman gugel … dan biasanya bila mencoba resep yang bukan berasal dari situs resep terkemuka seperti Allrecipes.com atau detikFood.com, aku akan memilih resep dari blog yang fotonya bagus, detail dan cerita mengenai pembuatan resep tersebut panjaaang, hehehe.

Aku tidak pernah mencoba resep dari situs yang hanya mencantumkan resep makanan tanpa ada penjelasan tambahan. Apalagi bila di situs tersebut banyak komentar yang tidak dijawab, pastilah situs tersebut aku tinggalkan. Karena aku percaya, resep yang enak itu itu ya resep yang benar-benar dicoba oleh si pemilik blog. Dan hanya orang yang benar-benar mencoba membuat resep tersebut yang bisa menulis panjang lebar dan bertele-tele tentang resep yang dicobanya itu … *nyengir*

Baiklaah, pilihanku jatuh ke Bread and Butter Puding dari Straight From the Farm

Ingredients:

8 slices of white bread (pake roti prancis atau roti hokkaido juga enak loh)
½ stick of , softened (Aku pakai margarin, kehabisan )
½ cup selai strawberry
1 cup mixed dried cranberries, raisins, and blueberries (sesuai selera, aku hanya pakai raisins)
3 sendok makan gula pasir
2 sendok teh ground cinnamon
2 eggs
2 ½ cup fat free milk (aku pakai susu cair full cream)

How-To:

Panaskan 180C. Siapkan wadah tahan panas seperti pyrex atau pakai wadah dari aluminium foil juga bisa. Olesi wadah dengan margarin atau butter, sisihkan.

Olesi salah satu sisi roti dengan butter atau margarin. Satu sisinya lagi olesi dengan selai strawberry/blueberry – sesuai selera. Tangkupkan sisi roti berselai, sehingga sisi yang ada olesan butternya di bagian luar. Lakukan untuk semua roti.

Potong-potong roti sesuai selera. Bisa potong bentuk segitiga, segi empat atau segi tak beraturan 😀 Susun dengan rapi potongan roti ini di wadah atau pinggan tahan panas. Kalau suka, roti yang sudah disusun itu bagian atasnya diolesi lagi dengan butter dan diberi taburan gula campur bubuk. Raisins atau atau buah kering lainnya bisa ditaburi di sela-sela roti. Sisihkan.

Baca Juga:  Resep Cheese Tart a.k.a Blueberry Cheese Cake In A Cup

Kocok bersama dengan susu, pakai whisk aja. Setelah terkocok rata, tuangkan campuran susu dan ini ke wadah berisikan roti potong tadi. Kalau masih ada sisa gula, bisa ditaburi juga di sini. Ohya, kalau gulanya mau pake gula palem, monggo yaaa … Setelah disiram susu-telur ini, biarkan selama 15-20 menit agar roti menyerap semua cairan.

Setelah cairan terserap, barulah kita mulai memanggang puding roti ini. Kira-kira selama 45 menit atau sampai permukaannya menjadi kecoklatan.

Angkat, dan siap dinikmati selagi hangat atau masukkan ke kulkas untuk disantap dingin-dingin …

Rasanya? aku tidak suka, hiks … Tapi orang serumah suka loh! Jadi mungkin aku tak suka karena rasanya aneh buatku makan roti lembut-lembut direndam susu begini. Yaa itu masalah selera ya. Yang pasti, aku sudah tidak penasaran lagi dengan rasa Bread Puding!

Artikel Lainnya:

12 Comments
  • intan yui
    says:

    salam kenal..aku newbie neh..boleh tanya..roti perancis itu yg kayak gimana n belinya dimana?bread talk kah atau holland mungkin..saya domisili di surabaya..klo holland atau bread talk kan dimana mana ada hehehehe
    makasiy ya mbak…

    • cakefever
      says:

      Pernah lihat butter yang bentuknya batangan? biasanya ada di lemari pendingin. Merek yang ada umumnya Orchid atau Anchor. Satu stik butter itu di kita ukurannya 227 gram … setengah stik berarti dibagi dua saja …

  • sanny
    says:

    Hai bantuin jawab ya pas baca aja:

    Palm sugar itu gula palem

    Brown sugar/raw sugar itu gula mentah. Gula yg belom diolah jd gula pasir ini plg bagus (chef bule sering pake juga)

    Gula halus itu bukan gula pasir. Klo disini biasanya gula buatan yg dicampur kanji/tepung

    Castor sugar itu gula yg buat donat itu yg ada dingin2nya.

    • Afkar Karim
      says:

      Perbaikan:

      Brown sugar itu refined sugar (gula yang sudah diolah) yang dicampur dengan molasses
      Castor sugar itu gula pasir yang butirannya sangat kecil, tapi tidak sehalus gula halus. Gula castor sangat bagus dipakai dalam baking karena lebih cepat larut daripada gula pasir.

  • Ari Rayana
    says:

    Salam kenal..

    Mba mau tanya.. Apa bedanya palm sugar dan brown sugar?

    Lalu, apa itu gula halus? Gula pasir kah? Atau gula tepung (castor sugar) kah?

    Terima kasih atas jawabannya, maaf kl pertanyaannya basic bgt, saya bnr2 NOL soal baking .. Hihihiii

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^