Saturday, June 25

Cara Membuat Krim Kue Tart Tanpa Mentega Putih

Bagi kamu yang hobi membuat kue dengan topping krim diatasnya, pasti tidak asing dengan yang namanya putih. Produk yang berasal dari lemak nabati yang satu ini memang dikhususkan untuk membuat berbagai jenis krim sebagai lapisan kue. Sayangnya, tidak semua toko bahan menyediakan putih.

Bagaimana cara membuat krim kue tart tanpa putih? Adakah bahan pengganti putih yang bisa digunakan tanpa mengubah citarasa krim yang dibuat? Yuk kita bahas.

Bahan-bahan Krim Kue

Krim kue memiliki andil yang besar dalam menentukan citarasa kue secara keseluruhan. Memperhatikan tekstur dan citarasa krim harus dilakukan agar krim tidak memiliki rasa yang bertolak belakang dengan kue yang dilapisi. Selain itu, yang padat dan kokoh dapat menjaga tekstur kue tart.

Bahan-bahan krim untuk kue seperti tidak terlalu banyak. Biasanya digunakan putih dan beberapa bahan tambahan lain untuk meningkatkan kualitas rasanya, seperti vanili, susu kental manis, bahkan sampai keju sekalipun. Semuanya tergantung preferensi sang pembuat kue.

Baca Juga:  Resep Carrot Cake Spesial dan Klasik ala Cakefever

Bahan yang Cocok untuk Menggantikan Mentega Putih

Seperti yang telah diketahui, bahan dasar pembuatan krim kue seperti salah satunya adalah putih. Sejatinya, mentega putih memiliki dua fungsi utama, yang pertama untuk membuat berbagai jenis krim dan yang kedua sebagai bahan dasar membuat tawar.

Lantas, adakah bahan yang cocok untuk menjadi pengganti mentega putih dalam pembuatan krim? Apakah akan berpengaruh pada tekstur dan kepadatan krimnya?

Apabila memilih bahan-bahan yang tepat, hal tersebut tentu dapat dihindari. Membuat krim tanpa menggunakan mentega putih tentu masih bisa dilakukan, seperti menggunakan mentega biasa contohnya.

Manfaatkan Blue Band sebagai Pengganti Bahan Mentega Putih

Blue band
Blue band sebagai pengganti bahan mentega putih (Sumber: blueband.com)

Blue Band sebagai merk mentega yang populer di Indonesia bisa menjadi pilihan. Kamu bisa mengganti mentega putih dengan mentega kuning biasa merk apapun. Berbeda dengan mentega putih yang unflavoured, karakteristik mentega biasa justru memiliki rasa asin, oleh sebab itu harus menambahkan beberapa bahan lain untuk menyamarkan rasa asin tersebut.

Baca Juga:  Resep Japanese Cheese Cake Lembut Seperti Kapas

Agar rasa pada krim seimbang, tambahkan gula halus dan susu kental manis sebagai bahan bakunya.
Cara Membuat Krim Kue Tart Tanpa Mentega Putih yang Manis
Bagaimana cara membuat krim kue tart tanpa mentega putih? Simak langkah-langkah dibawah untuk membuat krim kue tart yang lezat dan kokoh tanpa menggunakan mentega putih.

Bahan-Bahan:

  • 200 gr blue band
  • 60 gram gula halus
  • 80 gr susu kental manis (2 sachet)
  • Essens vanila secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Campurkan gula halus dan mentega, aduk sampai halus menggunakan dengan kecepatan sedang. Aduk hingga sedikit mengembang. 
  2. Masukkan susu kental manis dan essens vanila ke dalam wadah berisi campuran mentega dan gula halus. Aduk sampai mengembang dan berubah warna sedikit pucat, pastikan seluruh gula telah hancur dan menyatu dengan rata.
  3. Krim sudah siap digunakan. Meski tidak menggunakan mentega putih, krim ini lumayan kokoh dan cocok dijadikan pelapis kue tart dan kue-kue lainnya. Krim ini adalah salah satu pilihan terbaik jika tidak menemukan mentega putih sebagai bahan dasarnya.
Baca Juga:  Resep Cheddar Cheese Cake Lembut Ala Rumahan

Itu tadi informasi seputar cara membuat krim kue tart tanpa menggunakan mentega putih. Tidak tersedianya suatu bahan jelas tidak akan menghentikan keinginan untuk terus berkreasi. Semoga bermanfaat!

A communication student who likes talking and writing.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^