Cara Bikin Mochi Jepang Pakai Bahan Lokal ala Chef Devina

Teman-teman setia Cakefever, siapa sih, yang nggak tahu dengan Mochi, jajanan menul-menul khas Negeri Sakura ini? Bagi kamu yang sudah pernah icip-icip gimana rasa Mochi, kamu pasti tertarik untuk makan lagi dan lagi. 

Mochi berasal dari daerah Jepang, dan menjadi jajanan yang sangat laris di sana. Meskipun tekstur dan rasanya terlihat sangat kompleks, siapa sangka kalau ternyata Mochi juga bisa dibikin sendiri dengan sangat mudah dirumah, lho. Daripada sibuk jajan di luar rumah, mending bikin Mochi sendiri dengan intip resep Mochi ala chef yang diulas Cakefever berikut ini, yuk!

Mochi, Jajanan Khas Jepang Manis dan Kenyal yang Jadi Selalu Idola

Resep mochi ala Indonesia
Mochi, dessert lezat dan kenyal asal Jepang (Sumber – NoRecipe)

Seperti yang kita tahu, Mochi adalah jajanan khas Jepang yang punya rasa manis dan kenyal. Bahan baku kue Mochi adalah tepung ketan, yang memberikan tekstur kenyal pada jajanan yang satu ini. Nggak hanya itu, Mochi juga identik banget dengan isiannya yang bermacam-macam, mulai dari coklat, kacang, es krim, hingga buah-buahan segar. Tak hanya laris di negeri asalnya, rupanya di Indonesia juga banyak sekali orang yang doyan dengan jajanan yang satu ini. Favoritku sih, Mochi isi es krim yang biasa aku beli di Bandung saat ikut mudik lebaran, hihihi!

Baca Juga:  2 Resep Patbingsu, Es Serut Korea yang Nikmatnya Kebangetan

Nggak cuma Mochi isian es krim, Mochi isian coklat seperti yang dibuat oleh Chef Devina Hermawan juga nggak kalah laris dicari orang-orang, lho. Tekstur manis dan kenyal dari jajanan Jepang yang satu ini memang menjadi idola bagi banyak orang. Bagi kamu yang belum tahu sama sekali gimana rasa Mochi, nggak perlu beli, deh. Ikuti resep Mochi enak dan sederhana ala chef berikut ini, yuk!

Resep Mochi Pakai Bahan Lokal ala Chef Devina Hermawan

Resep Mochi ala Chev Devina (sumber: @sys_kitchen_lpg on Instagram)
Resep Mochi ala Chev Devina (sumber: @sys_kitchen_lpg on Instagram)

Meskipun berasal dari Jepang, itu bukan berarti kita nggak bisa bikin Mochi yang enak sendiri di rumah. Banyak resep cara bikin mochi yang bisa kita ikuti, salah satunya resep dari Chef Devina Hermawan. Resep Mochi Jepang yang terkenal dari chef yang satu ini adalah resep Mochi isian coklat yang kenyal, manis, dan lembut.

Uniknya, resep Mochi dari chef yang satu ini bisa kita ikuti dengan memakai bahan-bahan lokal yang bisa dengan mudah kita temukan di toko-toko terdekat, lho. Penasaran gimana cara bikin Mochi ala chef Devina? Intip resepnya berikut ini.

Baca Juga:  Resep Lotus Dessert Box ala Rumahan, Enak dan Mudah!

Bahan untuk Adonan Mochi:

Bahan untuk Pelapis:

Bahan untuk Isian Mochi:

  • 20 gram coklat bubuk
  • 30 gram mentega
  • 40 gram tepung terigu
  • 115 gram coklat compound
  • 140 gram susu bubuk
  • 100 gram
  • 140 gram air
  • 1/3 sdt garam

Cara bikin Mochi:

  • Pertama, kita bikin isian Mochinya terlebih dahulu, ya. Panaskan wajan, lalu masukkan tepung terigu bersama mentega. Aduk hingga merata, kemudian masukkan susu bubuk, susu kental manis, coklat bubuk, air, dan garam, kemudian aduk lagi hingga merata. Matikan api, masukkan coklat compound, kemudian diaduk. Sisihkan, tutup dengan plastik wrap, dan masukkan ke kulkas.
  • Kedua, kita bikin adonan Mochinya. Siapkan sebuah wadah, kemudian kita masukkan garam, perisa tutti frutti, tepung ketan, vanila bubuk, susu kental manis, air, dan minyak. Aduk merata, lalu pindahkan ke wadah yang tahan panas. Kukus adonan Mochi selama 30-40 menit.
  • Ketiga, kita bikin tepung pelapis untuk Mochinya. Caranya cukup sangrai bersama hingga wangi, lalu kita sisihkan.
  • Selanjutnya, kita keluarkan isian Mochi dari kulkas tadi, pakai scoop ice cream supaya lebih mudah. Kita bentukin bulat-bulat dan jangan lupa balurin pakai tepung.
  • Keluarkan adonan Mochi yang sudah dikukus tadi, bagi jadi sekitar 12-13 bagian. Pipihkan, dan isi pakai isian Mochi coklat yang tadi sudah kita bulat-bulatin. Setelah diisi coklat, jangan lupa Mochi yang sudah diisi coklat, kita bulat-bulatin lagi, ya.
  • Terakhir, baluri mochi dengan pandan dan yang sudah disangrai. Mochi Jepang pakai bahan lokal ala chef Devina Hermawan sudah siap dinikmati, deh.
Baca Juga:  Cara Bikin Bolu Kojo Kukus Khas Palembang dalam 5 Langkah

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep Mochi Jepang enak pakai bahan lokal ala Chef Devina Hermawan. Ternyata, bikin Mochi sendiri di rumah sama sekali nggak susah, lho. Daripada repot-repot jajan keluar rumah, mendingan teman-teman setia Cakefever coba praktekin sendiri resep Mochi kekinian di atas, deh. Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya