Wednesday, August 17

Resep Basque Burnt Cheese Cake Untuk Kamu Yang Bisanya Cuma Bikin Kue Gosong!

Judul postingan ini beneran kok, Cara Membuat Gosong, hehehe.

Asal usul Basque Burnt adalah dari Basque, tepatnya diperkenalkan oleh chef Santiago Rivera pemilik Kafe La Viña yang berlokasi di San Sebastian, Spanyol pada tahun 1990. Cara membuat cheese cake gosong atau burnt ini sangat mudah. Simplenya adalah campur semua bahan, kocok hingga larut lalu masukkan ke loyang yang sudah dilapisi oleh baking paper, panggang sampai gosong. Gimana gak mudah tuh?

Santiago Rivera sang Creator Basque Burnt Cheese Cake | Tastecooking.com

Kita pun gak perlu repot-repot memanggang ala Au bain marie. Cukup remas-remas tanpa perlu memotongnya menjadi alas lingkaran. Pokoknya ini adalah cara membuat cheese cake termudah dan hasilnya adalah yang lembut dengan aroma karamel yang berasal dari permukaan cheese cake yang burnt alias gosong.

Nah walau kelihatannya gampang banget, tapi seorang chef penerima James Beard Award, yaitu Dave Beran mengakui bahwa saat ia mencoba menggubah resep Burnt itu banyak variabel yang harus diperhitungkan, mulai dari suhu bahan-bahan yang akan diproses, lama waktu memanggang, cara mengaduk dan mencampur semua bahan dan waktu pendinginan cake.

Resep Basque Burnt

Permukaan Burnt setelah dingin akan menyusut | Cakefever.com

Aku menggunakan loyang ukuran 24 cm sehingga hasilnya saat dingin, Burnt menjadi tipis. Untuk hasil Burnt yang tinggi gunakan loyang maksimal 22 cm untuk ukuran resep di bawah ini.

Resep dibawah ini diklaim oleh Tastecooking adalah resep asli dari Santiago Rivera. Om Rivera hanya menggunakan 5 bahan di bawah ini. Terlihat ia hanya menggunakan lebih sedikit jumlah Whipcream dan lebih banyak cream cheese. Tak heran rasa Burnt Cheese Cake versi resep ini lebih terasa cheesy dibanding resep burnt cheese cake lainnya yang menggunakan lebih banyak whipcream atau heavy cream.

Baca Juga:  Punya Stok Putih Telur? Bikin Chiffon Pandan Cake yuk!

Aku hanya membuat 1/2 porsi, bila ingin membuat 1 porsi yang berarti menggunakan 1 kg cream cheese maka gunakan 7 telur utuh.

Bahan-bahan Cheese Cake :

500 gram
200 gram gula kastor atau gula pasir yang halus
3 telur utuh
1 kuning telur
100 ml whipcream cair dairy
1/2 sdt garam

18 gram tepung terigu (opsional)
1 sendok teh vanilla extract (opsional)

Cara Membuat Burnt Cheese Cake:

  1. Lunakkan yang sudah dibiarkan di suhu ruang, bisa dengan menggunakan mixer kecepatan paling rendah, atau spatula atau whisk.
  2. Masukkan gula kastor atau kalau tidak ada, bisa menggunakan gula pasir biasa yang diblender terlebih dahulu.
  3. Masukkan telur satu per satu. Kocok terus dengan mixer sampai tercampur rata.
  4. Masukkan Whipcream cair, kocok lalu masukkan tepung terigu.
  5. Terakhir masukkan vanila extract bila ada. Vanilla extract jangan diganti dengan vanili bubuk karena aromanya sih beda. Tapi ini tergantung selera teman-teman yaa…
  6. Setelah semua bahan sudah masuk dan tercampur rata, adonan cream cheese akan terlihat lebih cair dibandingkan dengan adonan Blueberry Cheese Cake. Tidak apa-apa, memang demikianlah kiranya.
  7. Masukkan ke dalam loyang spring form yang sudah dilapis baking paper.
  8. Panggang dalam oven bersuhu tinggi sekitar 220 – 240 C tergantung oven masing-masing.
  9. Lama waktu panggang berkisar 40 – 60 menit, tergantung oven. yang memiliki kipas di dalamnya akan menggosongkan cheese cake ini lebih cepat dibanding oven tanpa kipas.
Baca Juga:  Resep Chocolate Molten Puding Yang Lumer di Mulut

Tips Membuat Burnt Cheese Cake

Adonan Cheese Cake akan mengembang tinggi, sementara permukaannya sudah gosong | Cakefever.com

Bagaimana seharusnya Burnt Cheesecake disajikan ?

Cheese Cake ini lebih enak disantap saat bagian tengahnya masih lunak dan lumer. Karena itu gunakan loyang lebih kecil dari ukuran cheese cake standar. Berbeda dengan adonan cheese cake biasanya yang dijaga agar tingginya tidak menyusut jauh, Burnt Cheese Cake saat dipanggang akan meninggi seperti chiffon cake dan akan menyusut saat didinginkan.

Seperti yang dijelaskan oleh Dave Beran, saat memproses semua bahan-bahan pembuat cheese cake, usahakan semua bahan dalam suhu ruang. Termasuk whipcream dairy cair yang biasanya kita gunakan dalam kondisi dingin sebab si whipcream pastilah disimpan dalam kulkas agar tidak cepat rusak. Memproses semua bahan dalam suhu ruang memudahkan kita membuat adonan yang tetap smooth tanpa ada gumpalan-gumpalan karena semua bahan bisa saling mengikat walaupun tekstur akhir dari adonan akan terlihat lebih cair daripada adonan cheese cake biasa. Tekstur cair ini akan berefek pada saat disajikan, Basque Burnt Cheesecake seharusnya tampak lumer dan cheesy banget.

Bila menginginkan Cheese Cake yang sedikit lebih kokoh, bisa tambahkan tepung terigu seperti tercantum opsional pada resep.

Baca Juga:  Resep Brownies Kukus Keju Yang Lembut dan Moist

Bila ingin menambahkan whipcream sampai 200 ml pun bisa saja, tapi akan membuat rasa cheesy dari cake ini akan berkurang karena dipengaruhi oleh rasa gurih heavy cream. Beberapa resep Chef Selebrity Lokal dan Luar Negeri menggunakan jumlah whipcream yang lebih banyak. Tapi aku rasa malah jadi kurang cheesy gitu deh. Okeh itu mah tergantung selera yaa…

Dan jangan lupa, semakin enak cream cheese yang digunakan, maka semakin enak pula si cheese cake ini. Mesti gunakan cream cheese beneran ya, jangan pakai yang versi light cream cheese gitu. Rasa cheesenya malah jadi entah kemana. Yang mau coba eksperimen pakai cheddar cheese, monggo diupdate yah. Aku belum sempat bikin niih …

Silakan mencoba membuat Cheese Cake Gosong yang Enaak banget ini yaa…

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^