Wednesday, December 7

Resep Roti Bagel, Camilan ala Sultan dari Negeri Uncle Sam

Halo teman-teman setia Cakefever! Siapa nih di antara kalian yang suka banget ngemil makanan manis di waktu senggang? Nggak jarang, camilan seperti donat, cookies, hingga martabak manis kerap menjadi pilihan untuk menemani kita di waktu santai. Tapi, camilan dengan rasa gurih juga nggak kalah juara, lho! Salah satu hidangan yang nggak kalah enak untuk kita jadikan teman saat bersantai adalah Bagel, atau Bagel. 

Kamu sendiri, sudah kenal belum dengan Bagel? Yup, dari namanya saja sudah kelihatan kalau Bagel ini memang berasal dari luar negeri. Meskipun Bagel adalah makanan yang berasal dari luar negeri, kamu juga bisa lho, bikin Bagel ala kamu sendiri di rumah. Berikut ini Cakefever bakal sajikan resep Bagel nih, hanya untuk kamu. Dijamin anti gagal kalau kamu telaten membuatnya. Check this out!

Kenalan dengan Bagel, Camilan ala Sultan dari Amerika

Bagel dari Amerika | Pixabay
Bagel dari Amerika | Pixabay

Buat kamu yang belum familiar dengan Bagel, kayaknya kamu memang harus kenalan dulu dengan makanan enak yang satu ini, deh. Bagel adalah kue yang umumnya berbentuk bulat cincin dan mirip dengan donat. 

Tapi, Bagel tentu sangat jauh berbeda dengan lho, meskipun mirip. Pada umumnya, kalau bisa disantap secara langsung, kalau Bagel harus dibelah dulu menjadi dua, diberi isian, dan disantap layaknya sandwich.

Baca Juga:  Apa Itu Moist Cake? Ini Arti dan Rahasia Membuat Moist Cake

Bagel adalah sajian yang berasal dari negeri Paman Sam, yakni Amerika Serikat. Meskipun terlihat simpel, kenyataannya Bagel ini merupakan salah satu jenis hidangan mewah, alias hidangan sultan. Saat ini, Bagel sendiri sudah dikreasikan dalam banyak variasi. 

Kalau Bagel khas New York, dia nggak pakai garam dan bisa dipanggang menggunakan oven biasa. Satu lagi variasi Bagel dari Montreal, yang pengolahannya harus direbus dalam air bercampur dengan madu. Sangat unik bukan?

Resep Bagel Sederhana dan Mudah Dibuat

Resep Bagel | Pixabay
Resep Bagel | Pixabay

Siapa saja nih yang sudah penasaran dengan gimana cara bikin Bagel yang gampang dan anti gagal? Tenang, kali ini Cakefever punya resepnya buat kamu. Langsung aja kepoin di bawah ini, yuk!

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 350 ml air hangat
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdt Fermipan
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 sdt soda kue
  • 2 sdm wijen hitam (untuk taburan)
  • 1 liter air untuk merebus
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, campurkan tepung, gula, dan Fermipan di dalam wadah, kemudian aduk hingga semuanya tercampur dengan rata.
  • Tuangkan 350 ml air hangat sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan. Tambahkan garam dan minyak sayur, kemudian uleni lagi hingga kalis dan nggak lengket di tangan.
  • Kalau sudah kalis, bentuk adonan menjadi bulat. Setelah itu, istirahatkan adonan selama 30 menit. Jangan lupa tutup wadah adonan menggunakan kain basah yang bersih, ya.
  • Setelah menunggu 30 menit, ambil adonan kemudian kempiskan. Setelah itu, uleni lagi sampai bentuknya lebih bagus.
  • Next, kita bagi adonannya menjadi beberapa bagian yang masing-masing memiliki berat 80 gram, kemudian bentuk adonan menjadi bulat-bulat. Diamkan kembali selama 15 menit.
  • Sambil menunggu 15 menit, kita rebus 1 liter air di panci hingga mendidih. Kalau sudah mendidih, tambahkan soda kue. 
  • Ambil adonan, kemudian buatlah lubang di tengahnya hingga mirip seperti donat. Setelah itu, rebus adonan ke dalam air mendidih yang sudah dicampur soda kue. Ngerebusnya 1 menit saja ya, nggak perlu lama-lama. Sekali rebus untuk satu adonan saja ya, jangan langsung dicampur semuanya. Ulangi tahap ini sampai semua adonan sudah selesai direbus.
  • Siapkan loyang yang sudah diolesi di bagian permukaannya, kemudian letakkan adonan Bagel yang sudah direbus. Sebelum dipanggang, jangan lupa taburi setiap adonan dengan wijen hitam supaya lebih menarik.
  • Selanjutnya, kita panggang Bagel dengan suhu sekitar 180 derajat celcius selama 30-40 menit, hingga matang dan berwarna kuning keemasan.
  • Kalau sudah matang, keluarkan Bagel dari panggangan, dan sajikan!
Baca Juga:  Cara Membuat Adonan Martabak Manis Mengembang dan Bersarang

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang roti Bagel, si camilan mewah ala sultan yang berasal dari Amerika. Setelah tahu resepnya, sudahkah kamu tertarik untuk bikin Bagel sendiri di rumah? Jangan sampai kamu menyesal karena nggak coba bikin Bagel dengan resep di atas ya. Mudah dan anti gagal, selama kamu juga telaten dalam mengikuti setiap langkahnya. Semoga bermanfaat!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^