Wednesday, August 17

Resep Kue Bawang Padang Enak, Empuk, dan Gurih-Gurih Nyoi

Saat lebaran tiba, kita tentu bisa mencicipi banyak kue-kue enak yang mungkin nggak setiap waktu bisa kita nikmati. Lebaran kerap menjadi momen di mana kita bisa icip-icip kue sekalian silaturahmi nih, teman-teman setia Cakefever. Tentunya setiap orang punya hidangan andalan sendiri saat lebaran. Kalau andalan orang Padang, tentu saja kue bawang! Yup, siapa sih, orang Padang yang nggak tahu dengan kue yang rasanya enak dan gurih ini?

Kue bawang Padang merupakan hidangan yang bisa kamu cicipi saat lebaran, karena kue yang satu ini kerap menjadi sajian andalan untuk menjamu handai taulan di waktu lebaran. Kamu yang bukan orang Padang, ingin mencicipinya juga? Bikin sendiri aja pakai resep kue bawang Padang ala Cakefever berikut ini. Daripada penasaran, langsung aja cek resep kue bawang Padang di bawah ini, yuk!

Kue Bawang, Camilan Gurih Khas Padang yang Enaknya Juara

Kue Bawang Padang  | @kue_bawang_homemade - Instagram
Kue Bawang Padang | @kue_bawang_homemade – Instagram

Siapa sih, yang nggak kenal dengan kue bawang Padang, camilan dengan rasa gurih dan enak ini? Kue bawang Padang merupakan kue yang biasanya dapat kita temui saat lebaran di daerah Padang, karena orang-orang Padang kerap kali menjadikan kue bawang yang enak ini sebagai sajian di hari raya. 

Baca Juga:  Cara Mudah Buat Kue Bolu Hanya dengan Rice Cooker

Kue bawang Padang pada umumnya memiliki tekstur yang crunchy alias renyah, namun nggak alot, lho. Kue bawang Padang pun sebenarnya nggak susah untuk dibuat. Sajian tradisional khas Padang ini bisa dibuat menggunakan bahan baku yang mudah ditemukan, seperti bawang putih, bawang merah, santan, dan tepung terigu. 

Sampai di sini, tentu nggak heran kenapa camilan yang satu ini punya rasa yang gurih-gurih nyoi. Yup, karena memang terbuat dari bahan baku bawang, ditambah dengan sensasi gurihnya santan. Kamu sendiri, sudah pernah cobain gimana enak dan gurihnya kue bawang Padang?

Bawang Padang

Resep Kue Bawang Padang | @sambauniang - Instagram
Bawang Padang | @sambauniang – Instagram

Kamu yang bukan orang Padang, tetep bisa cobain enaknya kue bawang Padang, kok. Caranya dengan bikin sendiri di rumah pakai resep kue bawang Padang yang disajikan Cakefever berikut ini. Langsung cek resepnya di bawah ini, ya!

Bahan Utama:

  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 200 gram tepung terigu
  • 65 ml santan (harus kental)
  • 5 batang seledri
  • 2 sdt kaldu jamur
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sdm mentega
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt lada bubuk
Baca Juga:  Resep Dessert Pavlova, Kue Elegan Khas Australia

Bahan Lain:

  • 1 sdm mentega
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, kita haluskan dulu bawang putih bersama garam, kemudian sisihkan.
  • Petik daun seledri tanpa batangnya, kemudian iris tipis-tipis. Kalau sudah, sisihkan, kemudian kita iris tipis-tipis juga bawang merahnya.
  • Campurkan semua bahan utama ke dalam satu wadah. Kemudian, uleni adonan hingga tercampur rata dan teksturnya jadi lebih kalis.
  • Selesai diuleni, gilas adonan jadi berbentuk memanjang, kemudian potongi adonan menjadi sama besar. Memotongnya bisa dengan gunting saja supaya nggak terlalu ribet.
  • Next, kita panaskan minyak di penggorengan. Supaya kue bawangnya renyah dan garing, kamu harus pakai minyak goreng agak banyak, ya. Setelah itu, masukkan 1 sdm mentega ke dalam minyak yang sudah dipanaskan, supaya lebih wangi.
  • Goreng adonan kue bawang yang sudah dipotong-potong tadi. Goreng dengan api sedang sampai warnanya kuning keemasan dan cantik. Kalau sudah matang, angkat dan sajikan di wadah.
  • Kue bawang Padang sudah siap dinikmati!

Oke teman-teman setia Cakefever, itulah tadi beberapa penjelasan tentang resep kue bawang Padang yang bisa Cakefever sampaikan kali ini. Untuk cobain resep kue bawang Padang di atas, kamu nggak perlu nunggu lebaran, deh. Langsung cus cobain bikin kue bawang Padang sendiri di rumah, ya. Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^