Wednesday, August 17

Begini Cara Bikin Strudel Pisang Coklat Cuma dalam 5 Langkah

Hola teman-teman setia Cakefever! Adakah di antara kalian yang memang doyan banget parah mampus dengan olahan pastry? Kalian yang cinta dengan olahan pastry tentu sudah nggak asing dengan sajian yang bernama strudel. Yup, sebenarnya strudel merupakan olahan khas Eropa, yang kini juga ngehits di Indonesia karena jadi salah satu oleh-oleh khas Malang. Ada yang pernah nyicipin strudel apel Malang?

Anyway, di balik cita rasanya yang terlihat complicated, banyak orang yang mengira bahwa olahan pastry yang satu ini pasti bakal susah untuk dibikin sendiri di rumah. Kata siapa, sih? Mampir dulu di artikel ini, yuk, karena Cakefever tahu tutorial bikin strudel pisang coklat cuma dalam 5 langkah saja. Daripada tambah penasaran, langsung cek resep strudel pisang coklat ala Cakefever di bawah ini, ya!

Strudel Coklat, Olahan Pastry Nikmat yang Lagi Ngetrend

Strudel Pisang | @ajungmasbali - Instagram
Strudel Pisang | @ajungmasbali – Instagram

Kalau mendengar kata strudel, pasti kita langsung teringat bahwa strudel merupakan salah satu oleh-oleh khas Malang, yakni strudel apel. Olahan pastry yang satu ini memang lagi ngehits di Indonesia akhir-akhir ini. 

Baca Juga:  Resep Lapis Legit Menggunakan Oven Listrik

For your information, kendati strudel dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Kota Apel Malang, sebenarnya strudel ini merupakan sajian khas luar negeri, lho, yaitu Austria.

Aku sendiri pernah cobain strudel tape, yang kini jadi oleh-oleh khas Jember, Jawa Timur. Tapi, nggak hanya bisa diolah dengan tape atau apel, strudel bisa dikolaborasikan dengan banyak hal, seperti pisang dan coklat. 

Sedikit gambaran buat kamu yang belum pernah cobain gimana rasanya strudel pisang coklat, olahan pastry yang satu ini memiliki tekstur crunchy di luar, dan lumer di dalam. Menyantap strudel pisang coklat di waktu santai memanglah merupakan sesuatu yang bagus untuk kamu lakukan di waktu senggang.

Resep Strudel Pisang Cuma Pakai 5 Langkah

Resep Strudel Pisang | @dapurwincook - Instagram
Resep Strudel Pisang | @dapurwincook – Instagram

Siapa yang sudah penasaran dengan resep strudel pisang coklat yang cuma perlu 5 langkah? Tanpa perlu berlama-lama, kamu bisa langsung cek resep strudel pisang coklat ala Cakefever berikut ini, ya. Cekidot!

Bahan: 

  • 1 lembar puff pastry
  • 3 buah pisang raja
  • 150 gram dark chocolate, cincang
  • 1 sdm meises rasa coklat
  • 1 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 1 sdm mentega
Baca Juga:  Resep Nastar Lembut dan Renyah, Gak Kalah Dengan Nastar Toko Kue Mahal

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, kita bikin isian strudelnya dulu, yakni pisang yang “ditumis”. Panaskan mentega di atas teflon atau wajan, kemudian masukkan pisang. Masak pisangnya hingga beraroma lebih wangi dan sudah berubah warna. Kalau sudah matang, sisihkan pisangnya.
  • Next, kita bikin kulit strudelnya. Taburi selembar puff pastry dengan sedikit tepung terigu, kemudian gilas dan pipihkan sampai ketebalannya sesuai dengan yang kita mau.
  • Lebarkan kulit pastry, kemudian susun pisang di bagian tengahnya. Tambahkan yang sudah dicincang, kemudian tutup isian dengan sisi kanan dan kiri kulit pastry.
  • Kemudian, olesi permukaan kulit pastry yang sudah diberi isian dengan kuning telur. Kalau sudah, taburkan meises coklat di bagian atasnya.
  • Terakhir, panggang strudel pisang coklat di oven dengan suhu sekitar 180 derajat celcius. Waktu tunggunya sekitar 30 menit, atau menyesuaikan panggangan yang kamu punya. Kalau warnanya sudah kuning keemasan, keluarkan strudel dari panggangan, dan siap disajikan!

Oke teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep strudel pisang yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Gimana, gampang banget kan cara bikinnya? Cuma butuh 5 langkah doang, kamu sudah bisa menghasilkan sajian penutup yang mewah dan enak banget. Semoga resep strudel pisang di atas dapat bermanfaat buat kamu, ya. Selamat berkreasi!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^