Kalau kamu punya dan tidak punya oven, maka ketahuilah teman-teman sekalian, bahwasanya kamu tetap bisa buat kue bolu. Bolu beneran? Iya bolu beneran, bukan bolu bantat atau bolu kukus. Walaupun ya pasti bisa lah yaw bikin bolu kukus juga dengan rice cooker. Tapi kali ini yang kita mau bahas adalah membuat bolu ala bolu panggang hanya dengan menggunakan rice cooker.

Rice cooker yang akan kita gunakan adalah standar yang cuma ada mode Cook dan Warm saja. Karena rice cooker #jamanNow yang canggih dan mahal sudah memiliki menu CAKE untuk kita yang ingin memanggang kue dalam rice cooker. Lalu bedanya apa antara yang punya menu CAKE dan rice cooker standar yang cuma bisa Cook & Warm? Yuk lanjut kita bahas di bawah ini…

Resep Kue Bolu dengan Rice Cooker

Nah kali ini aku coba membuat kue bolu simpel dan sederhana dengan menggunakan rice cookerku yang sebenarnya sudah rusak di tombol cook dan warmnya, tapi masih bisa digunakan untuk manggang kue. Apalagi rice cookermu yang masih sehat wal’afiat, pastilah lebih bisa lagi, ye kan?

Kue Bolu Vanila dengan Rice Cooker | image: Cakefever.com

Rice cooker yang aku gunakan memiliki bowl berukuran 1 liter. Kalau kamu mencoba resep ini dengan ukuran bowl yang lebih besar, pastinya kue kamu akan lebih tipis. Jadi kalau mau rada tebal, buat 2 resep saja ya.

Kue bolu ini sepintas seperti rasa bolu jadul, hmmm kalau ada yang suka makan bolu manalagi, nah kira-kira seperti itu rasa dan teksturnya ya. Agak kering tapi syedap nian kalau dinikmati dengan secangkir teh hangat atau kopi susu.

Baca Juga:  Cake Tabur Keju Yang Cocok Jadi Kudapan Resepsi

Namun kamu bisa kok mencoba resep sponge cake atau butter cake yang lain. Yang perlu diketahui adalah bila kita menggunakan tanpa menu CAKE ini, maka kita mesti menunggui saat pemanggangan. Sebab bisa jadi akan berubah ke mode WARM padahal cake kita belum selesai dipanggang. Disini bedanya antara Rice Cooker dengan menu CAKE dan yang gak punya menu CAKE.

Cara kerja sederhana mematangkan nasi biasanya dengan durasi waktu. Biasanya berkisar dari 15 menit – 35 menit. Rata-rata di 25 menitan. Jadi kalau waktu selama itu belum cukup untuk mematangkan kue kita, maka saat berpindah ke mode WARM kita mesti kembali tekan tombol COOK-nya lagi untuk lanjut mematangkan kue.

Nah karena aku mencoba buat cakenya dengan yang memang sudah error, jadi ini rada heboh mencet-mencet tombol cooknya. Baru 10 menit eh dia udah pindah ke WARM, pencet lagi mode COOK dan begitulah seterusnya sampai akhirnya aku anggap sudah matang si kue bolunya. Dan ternyata jadi rada gosong sih bagian bawahnya, hehehe

Bagian bawah kue bolu yang agak gosong karena mekanisme COOK n WARM rice cookerku yang sudah error

Berikut adalah resep dan cara membuatnya.

Resep Sponge Cake dengan Mentega Leleh

3 telur utuh
90 gram gula pasir
90 gram self raising flour (kalau pakai terigu protein sedang, tambahkan 1/2 sdt baking powder)
20 gram mentega, lelehkan biarkan dingin
1/2 sdt Vanilla extract (bisa dilewatkan bila tidak ada)

Cara membuatnya sangat mudah :
1. Kocok telur dengan gula sampai kental berjejak.
2. Masukkan Vanilla extract.
3. Masukkan terigu yang sudah diayak, aduk balik dengan spatula.
4. Masukkan mentega leleh dan aduk balik dengan spatula.
5. Masukkan adonan ke dalam bowl rice cooker. Langsung nyalakan mode COOK.
6. Jangan buka tutup paling tidak sampai 20 menit atau sampai dari COOK lalu ke WARM yang pertama. Cek apakah kue bolu sudah matang dengan tes tusuk pakai tusuk gigi.
7. Bila masih ada adonan basah lengket di tusuk gigi, maka pencet lagi tombol COOK.
8. Bila sudah matang, matikan dan angkat bowl rice cooker. Letakkan steamer atau kukusan di bowl sebelum kamu membalik kue. Karena steamer sudah berlubang-lubang maka tidak perlu wire rack untuk mendinginkan kue bolunya.

Baca Juga:  Resep Chocolate Ricotta Mousse Lembut Ala Cakefever

Tadaaa, kue bolu vanila sudah matang … Kue bolu ini sangat mudah dibuat dan dengan penggunaan rice cooker membuat kue ini menjadi semakin lebih mudah lagi untuk dibuat.

Resep Sponge Cake Tanpa Minyak atau Mentega

Ohya untuk versi tanpa minyak goreng atau mentega leleh, bisa dicoba resep ini :

3 telur utuh kocok 90 gram gula dan 1/4 sendok teh garam. Kocok sampai adonan telur mengembang dan pucat atau dengan kata lain kocok sampai kental berjejak. Setelah itu masukkan sambil diayak 100 gram tepung terigu, aduk balik dengan spatula. Setelah rata, masukkan ke dalam mangkok rice cooker yang sudah diolesi minyak sayur (hanya untuk jaga-jaga saja walau sebenarnya mangkok rice cooker biasanya sudah anti lengket).
Lalu nyalakan tombol “Cook”. Setelah berubah jadi “Warm”, cek dengan tusuk gigi apakah bagian dalam sudah matang. Kalau belum, tekan lagi tombol “Cook”. Kalau sudah matang, angkat mangkok rice cooker dan keluarkan kue bolu dari dalam mangkok rice cooker.

Selamat mencoba 🙂

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^