Tuesday, September 27

Resep Blueberry Burnt Cheese Cake – Cara Mudah Bikin Cheese Cake Ala Cafe

Resep Basque Burnt Cake yang aku coba itu ada dua. Resep Burnt Cake pertama yang dicoba adalah resep Luvita Ho. Tapi ketika aku cicipi, rasa Burnt Cheese Cakenya kurang cheesy. Tak heran sebab komposisi Cream Cheese dan dairynya masih sekitar 1:2. Rasa creamy si whipcream masih mendominasi rasa si Burnt Cake ini.

Buat yang suka rasa Cake seperti ini silakan simak resep Luvita Ho di bawah ini.

Resep Basque Burnt Cake ala Luvita Ho

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

250 gram cream cheese
80 gram gula halus
2 butir telur
115 ml Whipped cream
10 gram tepung maizena
1/2 sdt vanila extract

Cara Membuat Cake:

  1. Panaskan oven sepanas mungkin hehehe kira-kira 220-240 C sesuai dengan kondisi oven masing-masing.
  2. Siapkan loyang bulat diameter 16 cm dan lapisi dengan baking paper yang sudah diremuk-remuk.
  3. Kocok Cream sampai lunak dengan mixer. Masukkan gula halus, dan vanila extract lalu kocok sampai gula larut.
  4. Masukkan telur satu per satu dan kocok sampai rata.
  5. Masukkan tepung maizena, kocok lagi rampai rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 25 – 40 menit, pokoke permukaan cheese cake terlihat coklat gosong dan adonannya naik tinggi melewati tinggi loyangnya.
  7. Diamkan cheese cake di suhu ruang sampai lumayan adem, dan cheese cake bisa langsung dinikmati tanpa harus dimasukkan ke dalam kulkas.
Baca Juga:  Resep Oreo Cheese Cake Yang Enak & Praktis
Basque Burnt Cake dinikmati dengan sensasi lumer di bagian tengah cake | tastecooking.com

Basque Burnt Cake sejatinya memang cheese cake yang dinikmati tanpa harus disimpan di dalam kulkas. Adonan cheese cake yang sebenarnya masih undercooked, akan terlihat meleleh.

Tapi untuk lidahku yang sering mencari-cari rasa yang dulu pernah ada (ejiyee), resep Burnt Cake ala Luvita Ho ini masih belum memuaskan. Sehingga aku mencoba resep Basque Burnt ala Tastecooking.com.

Dan setelah mencicipi Basque Burnt Cheese Cake ala tastecooking.com ini terasa lebih cheesy dan pas untuk seleraku. Resep lengkap dan ceritanya bisa dibaca di posting ini : Resep Cheese Cake yang cocok buat kamu yang bisanya cuma buat kue gosong!

Dan setelah cocok dengan resep Basque burnt Cheese cakenya, kali ini aku mencoba menambahkan selai blueberry untuk menambah kenikmatan si Cheese Cake ini. Dan jujurly, setelah tahu cara membuat cheese cake semudah ini, kemungkinan besar untuk dessert sehari-hari aku akan membuat Blueberry Cheese Cake ala Basque Burnt Cheese Cake.

Bagi dua adonan, dan aduk dengan selai blueberry | cakefever.com

Bayangkan semudah itu membuat cheese cake!

Gak perlu lapis-melapisi loyang dengan Aluminium foil!

Gak perlu ribet dengan Waterbath atau Au Bain Marie!

Gak perlu buat lapis bawah crust cheese cake!

Manggang cheese cake gak pake lama!

Gak perlu takut gosong, karena memang harus dibuat gosong, hahaha!

Blueberry Burnt Cheese Cake | Cakefever.com

Resep asli dari Basque Burnt Cheese Cake ada di sini, tapi kemarin saat aku membuat versi Blueberry Burnt Cheese Cake ini, aku cuma pakai 3 telur aja. Alesannya karena males putih telur sisa sedikit itu mau diapain hahaha.

Baca Juga:  Tips Memanggang Cheese Cake dengan Au Bain Marie Akal-akalan

Resep Blueberry Burnt Cheese Cake ala Cakefever

Bahan-bahan Cheese Cake:

500 gram Cream Cheese Anchor
150 gram gula pasir yang aku blender halus
3 telur utuh
100 ml whipcream cair dairy merek Anchor
1/2 sdt garam
18 gram tepung terigu, ayak saat dicampur
1 sendok teh vanilla extract
Selai blueberry kesukaanmu

Gula pasir juga aku kurangi, karena saat membuat versi aslinya, menurutku agak kemanisan. Lagipula di versi ini, aku mengurangi jumlah telur juga, jadi ya udah kurangi gula aja gpp.

Kemudian aku membagi dua adonan. Satu bagian aku campur dengan 2 sendok makan selai blueberry. Adonan yang dicampur selai blueberry aku letakkan di bagian bawah, lalu aku masih menambahkan lagi selai blueberry ke dalam adonan tapi tidak diaduk. Ya sesungguhnya aku adalah penggemar selai blueberry hehehe.

Lalu adonan cheese cake yang tidak mengandung blueberry aku letakkan di atas. Sengaja aku lakukan seperti ini, supaya nantinya saat permukaan cheese cake gosong, aroma dan rasa karamel dari permukaan yang gosong ini tetap apa adanya tanpa dicampuri pengaruh selai blueberry.

Penampakan bagian tengah Blueberry Burn Cheese Cake | Cakefever.com

Maapkeun ini motongnya kurang rapi, seharusnya pakai pisau tipis yang direndam air panas lalu dilap pakai tissue kering, dan dalam keadaan pisau panas langsung dipotongkan ke dalam cakenya. Tapi ini aku lupa merendam pisau dengan air panas karena terlalu excited dengan cakenya. Begitu sudah terasa agak adem sedikit si cake, dikeluarkan dari loyang dan buka baking paper yang melapisi, kemudian langsung dipotong dengan pisau tanpa direndam. Alhasil penuh dengan remahan cheese cake deh…

Baca Juga:  Resep Basque Burnt Cheese Cake Untuk Kamu Yang Bisanya Cuma Bikin Kue Gosong!

Ini Cheese Cakenya bisa langsung dinikmati sih. Tapi aku lebih suka rasa cheese cake ini setelah disimpan dalam kulkas semalaman. Rasanya lebih bersatu padu gitu… Dan harap diketahui bahwa cream cheese yang digunakan akan sangat mempengaruhi rasa cheese cakenya yah. Pakailah cream cheese terbaik yang bisa kita dapatkan, untuk mendapatkan cita rasa yang bikin pengen nambah lagi, lagi, lagi… abis tu baru nyadar ampun deh ini udah berapa ribu kalori masuk ke badan!!

Nah demikian cara mudah membuat cheese cake, bahkan untuk kamu yang bisanya cuma bikin kue gosong ya. Gak ada kata susah dan ribet bikin cheese cake!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^