Resep Vanilla Cupcake Ala Magnolia Bakery

Resep ini gak sengaja nemu, sewaktu aku lagi mencari-cari video youtube cara pembuatan chewy dan soft cookies, lalu menemukan video tentang pembuatan vanilla dari Magnolia Bakery. Buat yang suka nonton serial Sex and the City mungkin pernah lihat si Carrie dan teman-temannya itu makan dari Magnolia Bakery ini di salah satu episodenya.

Vanilla Cupcake ala Magnolia ini menggunakan self rising flour yaitu tepung terigu yang di dalamnya sudah ditambahkan bahan pengembang kue. Kalau tidak punya self rising flour, bisa membuat sendiri dengan cara menambahkan 1 1/2 sdt (satu setengah sendok teh) baking powder dan 1/4 sdt garam ke dalam 150 gram tepung terigu serba guna. Campuran ini lalu diaduk dan diayak untuk memastikan baking powder dan garam sudah tercampur rata ke dalam seluruh tepung terigu. Setelah diayak, silakan ditimbang dan digunakan seperti yang diminta oleh resep. Lengkapnya cara membuat Self Rising Flour sendiri bisa dibaca di artikel Tips Membuat Self Rising Flour.

Aku jarang menyimpan self rising flour di rumah karena bila jarang menggunakannya maka tepung ini juga perlahan akan kehilangan kemampuan mengembangnya. Jadi bila memang mau mencoba resep yang ada self rising flournya, lebih baik membuat sendiri.

Baca Juga:  Resep Kue Onbitjkoek, Kue Rempah Belanda yang Enak

Resep Cupcake Vanila ala Magnolia Bakery

cupcake vanilla ala magnolia bakery

Bahan-bahan Cupcake:

1 1/2 cup self rising flour buatan sendiri
1 1/4 cup tepung terigu serbaguna
1 cup unsalted atau salted (jangan gunakan ya)
2 cup sugar
4 butir telur
1 cup susu full cream cair
1 sdt vanila extract (ini harus pakai vanila extract ya, jangan vanili bubuk. Aromanya beda)

Cara Membuat:

  • Ayak tepung, campur dengan gula aduk dengan mixer.
  • Masukkan butter aduk rata.
  • Kocok lepas telur, masukkan separoh telur yang sudah dikocok ke dalam campuran terigu + butter.
  • Campur sisa separoh telur yang masih ada dengan susu cair dan vanila extract.
  • Masukkan campuran ini ke campuran tepung lalu aduk rata. Karena sudah bercampur susu maka adonannya memang terlihat cair.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang muffin yang sudah dialas cup case, kira-kira 3/4 penuh, karena cupcake ini akan mengembang.
  • Lalu panggang dengan suhu 180 C selama 20-25 menit sampai matang.

Di Video ini pembuatan kue menggunakan mixer Kitchenaid. Jadi dari awal sampai akhir memang semua bahan dituang langsung ke dalam bowl dan diaduk-aduk di dalam mixer. Kalau punya hand mixer, coba pakai low speed sewaktu mengaduk butter dan campuran tepung-gula serta susu.

Baca Juga:  Perbedaan Whipping Cream dan Heavy Cream

Atau sebenarnya pake whisk saja juga harusnya bisa nih, tidak mesti pake mixer. Itu kan semua diaduk-aduk begitu saja, tidak ada telur atau mentega yang harus dikocok hingga mengembang. Resep cupcake ini mengandalkan tepung self raising untuk membuat adonan bisa mengembang.

Setelah kue matang dan dingin, bisa ditambah resep yang sangat sederhana di bawah ini. Di video ini hanya dibuat dari unsalted butter, susu dan gula halus plus vanilla extract supaya Cupcake ini bisa dikasih nama Vanilla Cupcake Magnolia.

Untuk yang mencari Vanilla Extract yang tidak mengandung alkohol, mungkin di Jakarta memang rada susah mencarinya. Aku menemukan beberapa contoh vanilla extract yang diklaim bebas alkohol seperti contoh di bawah ini. Tapi jangan tanya soal sertifikat halal kepada diriku ya … Silakan langsung bertanya ke LPOM-MUI untuk kepastian sertifikat halalnya.

Hasil dari cupcake ini adalah cupcake yang ringan dan  manisnya buatku masih terasa kemanisan (padahal aku sweet tooth). Nanti kalau mau bikin lagi, aku mau kurangi gulanya supaya lebih pas.

Baca Juga:  Resep Kue Soes Vla Klasik Yang Garing Namun Empuk

Resep Buttercream Magnolia Cupcake:

1 cup unsalted butter, suhu ruang, lunakkan
4 cup gula halus
2/3 sdm susu cair full cream
1 sdt vanila extract

Cara Membuat: Gampang!
Kocok butter, masukkan vanila extract, dan masukkan gula bertahap, 1 cup untuk tiap tahapnya.
Ketika adonan sudah terlihat kental, masukkan susu sedikit-sedikit. Kocok dengan medium speed sampai smooth dan creamy (kira-kira 2-4 menit).

Tadinya aku ingin meniru cara memberi topping di Video Magnolia Cupcake ini pake palet, tapi ternyata susah dan hasilnya belepotan belaka hahaha … Tapi memang simple sih toppingnya itu, dan rasa buttercreamnya ini ringan saja, karena cuma butter dikasih gula. Coba lihat video lengkapnya di atas sampai akhir untuk melihat cara Magnolia Cupcake membuat swirl topping cupcakenya yang unik dan memang jadi signature Cupcake di Bakerynya.

Selamat mencoba bikin swirl cupcake ala Bakery Magnolia …. 🙂

48 Comments

  • Mbak…….aku baru mau nyoba bikin, ukurun cup itu berapa gram sih? Tolong dijawab ya…..udah ngebet mau bikin nich……Thanks ya

  • Mba klo beli pure vanilla nielsen dmn y? Jgn yg amazon.. Online dr indo aja gt?? Toko online yg jual barang import? Facebook jg boleh klo mba ada langganan.. Thanks

  • Mba, aq pengen coba.. klo pake vanilla yg batangan (bijinya) itu gimana y? lebih bagus ato mending pake exstract aja? trus panggannya itu pake api bawah aja atau atas bawah y? tks

    • Panggang pakai api bawah. Pakai yang extract kalau ada. Kalau punyanya yang bijian, boleh juga sih .. tapi nanti bijinya2 jadi ada di dalam adonan?

  • aku jg liat youtube nya magnolia ini looks so yummm, pengen coba bikin.. makasiii mbaa share detail dr resep magnolia.. 🙂 oia mba, untuk self raising flour nya, sempet dijelasin jg di youtube.. bisa bikin sendiri self raising flour nya dengan cara tiap 1cup all purpose flour ditambahin 1 1/2 tsp baking powder + 1/2 tsp salt.. itu bisa jadi self raising flour.. betul ga ya mba? mohon pencerahannya ya mbaa… trimakasih..

  • mba, aku sudah coba resep yg ini, bener banget hasilnya manis sekali, padahal aku sudah kurangin 50gram gulanya (after baca detail resep punya mba), tp tetap saja manis banget 😀

    oh iya, karena kemarin aku gak ada vanili extract, akhirnya aku pake essence susu 😀

    thanks buat terseptnya ^_^

  • Hi mba..aku mau tanya, kenapa ya kalau pakai papercup moma, cupcake nya jadi meluber keluar cupnya? Dan hasilnya jd kosong di dalamny (gak padat). Pdhl aku suka bgt lihat papercup moma… Tp kalau pakai papercup diva, pasti hasilnya bagus. Mohon petunjuknya ya… Makasih

    • Waah jujur aja Wis, aku gak tau juga kenapa 😀 Aku dulu pakai cupmoma juga. Tapi sejak punya loyang muffin/cupcake, akhirnya gak pernah lagi pakai cupmoma itu.

  • Salut saya sama pengetahuan Cookingnya.. Detilnya ngeri. Aku baru bisa bikin kue nastar aja. itu pun rasanya engga enak 🙁 hasil jadinya ga lembut dilidah.. makasih ilmu nya mba

  • mba, kenapa yah setiap bikin cupcakes, setelah dingin cake nya ngeletek semua dari papercase nya, aku pake papercup kertas biasa.. apa yg salah yah?

    • ini pake resep butter cake yah? Paper casenya yakin gak ada lapisan lilinnya? Kalau gak ada, triknya adalah cupcake yang sudah lepas dari paper casenya, dimasukkan lagi ke paper case yang kokoh seperti cup momma itu loh …

      Kalo aku, pakai paper case yang biasa, gak ada lilinnya, biasanya sih gak lepas si cake dari casenya … yang seperti di fotoku itu

    • di toko bahan kue ada. Di supermarket premium seperti Ranch market atau Food Hall juga ada Rin …

  • mba, beli vanila extract Nielsen-Massey Vanillas cari dimana ya ?
    atau merk mexican vanila extract.
    terima kasih mba.

    • Susah nyarinya di Jakarta … biasanya beli online saja. Klik saja gambar Vanila extract yang di atas itu utk lihat2 vanila extract yang bisa dibeli online.

  • aku minta resep kastengel yg enak dong,,,kastengel keju/kacang….resep yg dibuat mba enak2…tlg ya mba… Mksh… 🙂

    • 1 cup butter itu biasanya 2 stick Butter (US). Jadi 1 cup butter itu sekitar 225 gram atau 227 gram kalau kita pakai butter yang bentuk kotak di lemari pendingin itu … 113 gram itu 1 stick butter, jadi itu 1/2 cup …

  • mbaa… Sya sudah coba resepnya.. Tapi gagal.. Jd adonannya meluap keluar cup case ( pdhal sy isi 1 scope ice cream aja, cm 1/2 dr cupcase) lalu setelah meluber menciut.. Hiks knp ya, ba bisa begitu? Tp ahasil kuenya matang dan enak rasanya.. Hanya saja meluber wjt dipanggang kemudian menciut.. Sy pake oven tangkring mba.. Hehe..
    Mohon sarannya ya mba thanks

    • Kayaknya api kompornya kegedean deh jadi otangnya panas banget. Cupcake ini mmg bakal menggelembung gede karena pakai self raising fluor. Klo bikin lagi, coba apinya jgn terlalu besar.

  • ooooooh gt ya mbaaaa..baru tahu aq mba… jadi g semua vanilla extract g boleh..maklum g update info..thank you mba buat infonya!:)

  • mbaaa enaknyaa..yum yummm..iih pengen deh nyobain..eh ya mba..bukannya vanilla extract tuh dari proses pembuatan alkohol mba?banyak temen muslim diluar bilang mereka g pake vanila extract coz g halal mba…gitchu mba katanya.:D

    • kebanyakan vanilla extract memang pakai alkohol, namun ada vanila extract yang gak pakai alkohol juga. Kalau soal halal – haram, aku gak kompeten menjawab yaa… 🙂 bisa ditanyakan langsung ke LPOM-MUI di rubrik Konsultasi di detikFood.com

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya