Peningnya Mengonversi Ukuran dalam Resep

Ilustrasi. Foto: freeimages.com
Ilustrasi. Foto: freeimages.com

Buat yang suka mencoba-coba resep dari majalah yang berasal dari Australia atau Amerika, pasti kerap menemukan satuan ukuran resep yang tidak menggunakan gram.

Ada yang ounce atau oz, stick (biasanya untuk butter), cup atau sendok (teaspon atau tablespoon).

Sebagai murid NCC, aku punya contekan konversi ukuran berdasarkan jenis bahan yang aku dapatkan dari milis (sumber dari majalah Santap), sebagai berikut:
Terigu: 1 sdm = 10 gram | 1 cup = 140 gram
Gula pasir: 1 sdm = 20 gram | 1 cup = 225 gram
Gula merah (padatkan): 1 sdm = 15 gram | 1 cup = 200 gram
Brown sugar (padatkan): 1 sdm = 10 gram | 1 cup = 170 gram
Gula bubuk (gula halus): 1 sdm = 10 gram | 1 cup = 110 gram
Mentega dan Margarin: 1 sdm = 15 gram | 1 cup = 225 gram
Coklat bubuk: 1 sdm = 5 gram | 1 cup = 80 gram

Tapi kalau muridnya kebanyakan blogwalking dan buka-buka situs atau majalah resep, maka akan nemu konversi ala Donna Hay (Australia) sbb:
1 cup brown sugar = 6 oz = 175 gram
1 cup white sugar (gula pasir) = 7 oz = 220 gram
1 cup icing sugar (gula halus) = 5 oz = 150 gram
1 cup all purpose atau self raising flour (terigu) = 5 oz = 150 gram
1 cup almond meal (almond bubuk) = 3.75 oz = 110 gram
1 stick butter = 4 oz = 125 gram (American Stick butter)

Laluuu masih iseng lagi mampir ke Allrecipes.com, nemu lagi yang begini:
1 cup terigu  = 4.5 oz = 128 gram
1 cup gula halus = 4.5 oz = 128 gram
1 cup white sugar (gula pasir) = 7.1 oz = 201 gram
1 cup tepung roti (bread flour) = 4.8 oz = 136 gram
1 cup rolled oats (bukan instant/quick cooking) = 3 oz = 85 gram
1 cup brown sugar (padatkan) = 7.75 oz = 220 gram
1 cocoa powder (coklat bubuk) = 128 gram

Terlihat ada perbedaan di satuan ukuran untuk beberapa bahan. Aku sudah warnai dengan warna yang sama untuk melihat perbedaan ukuran di bahan yang sama. Hal ini terutama terjadi untuk satuan ukuran yang menggunakan cup.

Cara mengukur berat bahan dengan cup ini memang rada-rada tidak presisi. Pertama, di pasaran saja aku menemukan measurement cup yang volumenya berbeda. Aku memiliki 4 measurement cup yang aku beli dari tempat berbeda-beda. Dan suatu hari aku iseng kurang kerjaan mencoba mengukur berat terigu 1 cup dengan menggunakan ke-4 measurement cup. Dan hasil gramnya memang ada selisih, sodara-sodara *tepokjidat.

Cup ini sebenarnya adalah satuan ukuran volume, bukan berat. Jadi satu cup terigu yang dipadatkan (peres) dan terigu yang tidak dipadatkan (peres), bila ditimbang dengan timbangan maka akan menghasilkan gram yang berbeda. Dan tentu akan semakin berbeda lagi bila volume si cup ini memang tak sama.

Supaya gak kelamaan pusing, aku sarankan bila mencoba resep dengan ukuran cup, taatlah pada satu konversi ukuran. Bila mau pakai ukuran NCC, maka gunakan semua ukuran yang ada di NCC, jangan dicampur dengan Donna Hay atau AllRecipes.com. Karena kala dicampur, maka hasil dari kue-nya – pengalamanku – akan meleset dari hasil yang seharusnya.

Konversi ukuran yang memusingkan ini, menurutku memang hanya konversi dari cup ke gram karena memang ini bukan konversi berat yang sesungguhnya. Volume dari tiap bahan tentulah berbeda. Gula pasir yang rada kasar, pastilah 1 cupnya lebih berat daripada gula icing yang halus.

Jadi teringat dengan teka-teki zaman dulu, 1 ton kapas dan 1 ton besi, kalau ketimpa kita mana yang bikin kita gepeng?? — jawabnya yaaa dua-duanya sama-sama bikin gepeng, karena beratnya kan sama-sama 1 ton. Tapi 1 ton kapas pasti akan menyita volume yang lebih besar daripada 1 ton besi karena besi lebih padat daripada kapas (halah, ini kenapa sampe dibahas ke sini yaah??)

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: