Wednesday, June 29

Resep Prol Tape Jember ala Hadi Tuwendi Yang Lebih Mudah Dibuat

Prol Tape itu kue yang kabarnya berasal dari Jember. Kalau bertandang ke sana, jangan lupa beli oleh-oleh Prol Tape. Tapi yang tidak bisa ke Jember untuk mencicipi Prol Tape, bisa kita coba buat sendiri.

Prol Tape itu sepintas seperti Brownies Tape. Tapi konon Prol tape itu walaupun padat tapi tetap lembut dan nge-prol di mulut saat dimakan. Itu sebabnya dinamakan Prol Tape. Dan itu bedanya dengan brownies tape yang terasa lebih padat. Itu menurut teman-ku yang pernah beli prol tape dan brownies tape dari Jember. Kalo aku sih kurang tahu ya, dulu sih pas jualan Prol Tape seringnya malah aku coba jelaskan Prol Tape ke customer sebagai brownies tape hehehe. Klo dibilang Brownies Tape mereka umumnya lebih paham dibanding Prol Tape.

Aku tu sebenarnya belum pernah makan Prol Tape asli Jember. Dan satu-satunya Prol Tape yang pernah aku makan itu ya Prol Tape buatanku sendiri dengan resep hasil riset dan praktek dibawah bimbingan Bu Shanti (udah kayak disertasi doktor aja bun…). Aku kan pernah cerita di artikel ini, silakan dibaca kalau ingin tahu…

Itu kan cerita tahun 2008 yaa, udah lama kan. Di #jamanOld itu konten-konten Yutub masih didominasi resep-resep kue dari luar Indonesia. Tapi di #jamanNow sudah banyak kreator konten lokal yang aktif buat konten tentang kue-kue Indonesia. Dan bertemulah aku dengan Resep Prol Tape ala Pak Hadi Tuwendi. Chef Hadi Tuwendi ini salah satu legend di dunia baking jaman-ku dulu, temennya Pak Yongki Gunawan. Saking girangnya aku nemu resep Prol Tape ala Hadi Tuwendi ini, sampai ingin aku abadikan di sini niii… Jadi buat yang pengen bikin Prol Tape, bisa mencoba Resep Prol Tape Ala Cakefever atau Resep Ala Hadi Tuwendi.

Baca Juga:  Resep Brownies Kukus Keju Yang Lembut dan Moist

Page Contents

Resep Prol Tape Hadi Tuwendi

Ukuran Loyang 22x22x4 cm

Bahan A : Kocok sampai berwarna pucat dan kental

2 butir kuning
3 butir utuh
170 gram gula pasir

Bahan B :

500 gram tape singkong, buang seratnya dan lumatkan
1 gram garam
100 gram santan instan
20 gram air
1/4 sdt perisa vanilla (optional buat yang suka aroma vanila)

Bahan C : Bahan Tepung

135 gram tepung terigu serba guna
1 gram
20 gram susu bubuk full cream

Bahan D : Cairkan

130 gram
30 gram hollmann butter – Hollman itu butternya wangi banget
(atau bisa saja langsung 160 gram merek apa saja)

Bahan E: Topping

1 butir kocok lepas untuk olesan
untuk taburan bisa gunakan almond hancur/kenari dan potongan

Cara membuat Prol Tape:

  1. Siapkan persegi ukuran 22×22 cm dan tinggi 4 cm. Loyang dipoles mentega, dialasi lalu dipoles lagi.
  2. Panaskan Oven suhu 160 C.
  3. Bahan A dikocok sampai berwarna pucat dan kental, sisihkan.
  4. Campurkan bahan B dan C lalu aduk rata dengan spatula atau sendok besar, masukkan bahan D yang sudah dicairkan. Lanjutkan mengaduk seluruh adonan dengan spatula atau bisa gunakan hand mixer kecepatan rendah agar semua adonan tercampur rata.
  5. Terakhir masukkan bahan A sedikit-sedikit (jangan langsung dituang semua), aduk rata dengan spatula lalu tuang ke dalam loyang.
  6. Panggang api atas 160 °C, api bawah 185 °C waktu kurang lebih 40 menit.
  7. Keluarkan dari oven poles dan tabur dengan bahan E, panggang lagi 10 menit.
  8. Setelah matang dan sudah dingin baru dipotong-potong .
Baca Juga:  Resep Bolu Gulung Meranti Yang Lembut & Enak Banget

Buat yang ingin nonton video pembuatannya, silakan lihat di bawah ini:

Perbedaan utama di resep ini adalah penggunaan sebagai pengembang kue. Sementara resepku itu mengandalkan kocokan saja untuk membuat tekstur si Prol Tape tetap lembut walau tapenya sampai 750 gram.

Proses pembuatan Prol Tape ala Hadi Tuwendi ini pun berbeda di proses pencampuran terigu. Karena pak Hadi menggunakan baking powder, maka tape yang sudah dilumatkan dicampur dan diaduk rata dengan semua bahan tepung, lalu dicampurkan Margarin Leleh dan diaduk lagi di adonan tapenya itu.

Cara membuatnya menurutku memang lebih praktis dan mengurangi resiko bantat karena proses pengadukan. Dan penggunaan baking powder pun juga akan membantu mengurangi resiko adonan gagal mengembang alias bantat.

Kalau dilihat dari proses pembuatan di sentra oleh-oleh Prol Tape Jember pun, semua bahan diaduk bersama-sama. Bahkan Mentega/Margarin tidak terlihat dicairkan. Hmmmmm …

Nah silakan dicoba teman-teman, resep Prol Tape yang mana yang lebih praktis dan hasilnya lebih enaak… 🙂

Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

Baca Juga:  Resep Chiffon Cake Keju Bertekstur Lembut & Nikmat

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^