Wednesday, December 7

Cara Bikin Bolu Kojo Kukus Khas Palembang dalam 5 Langkah

Hai, teman-teman setia Cakefever! Ketika kita bicara soal sajian khas Nusantara, tentu saja nggak bakalan ada habisnya karena banyak banget, dan semuanya tentu enak-enak. Mulai dari Sabang sampai Merauke, semua daerah di Indonesia memiliki hidangan khasnya masing-masing. Begitupun dengan Palembang, yang identik dengan Pempek sebagai kuliner khasnya. Namun, sebenarnya, hidangan enak khas Palembang tuh nggak cuma Pempek, lho.

Kamu sudah tahu belum dengan Bolu Kojo, hidangan yang juga berasal dari Palembang? Hidangan manis yang satu ini tentu wajib dicoba oleh kamu si pecinta kuliner Nusantara. Kali ini Cakefever bakal share resep Bolu Kojo kukus sederhana khas Palembang nih, buat kamu. Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh datang ke Palembang hanya untuk mencicipi hidangan khasnya. Langsung aja cek resep Bolu Kojo Palembang di bawah ini, yuk!

Bolu Kojo, Sajian Penutup Lezat Khas Palembang

Bolu Kojo Khas Palembang | Instagram
Bolu Kojo Khas Palembang | Instagram

Jika berbicara tentang kuliner khas Palembang, tentu pikiran kita nggak bakal jauh-jauh dari Pempek. Namun, sebenarnya masih banyak lho, sajian tradisional khas Palembang yang enak dan masih banyak digemari sampai saat ini. 

Baca Juga:  Cara Membuat Roti Simit, Roti Bagel Sejuta Umat dari Turki

Salah satu hidangan lezat khas Palembang adalah Bolu Kojo. Bolu Kojo merupakan hidangan penutup manis dan legit dari Palembang yang cukup terkenal. Bolu enak khas Palembang yang satu ini tentu tampak berbeda dengan bolu pada umumnya, sebab bolu yang satu ini memiliki tekstur mirip dengan puding. 

Pada umumnya, Bolu Kojo memiliki tekstur yang empuk dan lembut, dengan rasa yang manis. Selain itu, wanginya aroma pandan bakal semakin bikin siapapun yang mencicipinya ketagihan. Cara membuat Bolu Kojo pun terbilang cukup fleksibel, karena Bolu Kojo dapat dibuat dengan cara dikukus ataupun dipanggang.

Resep Bolu Kojo Palembang Kukus Sederhana

Resep Bolu Kojo | Instagram
Resep Bolu Kojo | Instagram

Penasaran dengan bagaimana lezatnya Bolu Kojo? Nggak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang, kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Kali ini Cakefever bakal kasih satu resep Bolu Kojo kukus yang enak dan anti gagal buat kamu. Jangan lupa catat resepnya di bawah ini, cuma dalam 5 langkah, lho!

Bahan: 

  • 25 sdm tepung terigu (protein sedang)
  • 500 ml santan
  • 50 ml sari pandan
  • 10 sdm gula pasir
  • 2 butir telur
  • 2 sdm mentega (lelehkan)
  • 1/4 sdt garam
  • Pasta pandan secukupnya
Baca Juga:  Resep Roti Bagel, Camilan ala Sultan dari Negeri Uncle Sam

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, kita campurkan tepung terigu dengan gula pasir terlebih dahulu. Tambahkan santan, kemudian aduk sampai tercampur rata dan pastikan adonan nggak bergerindil.
  • Tambahkan air sari pandan, garam, dan mentega yang sudah dilelehkan. Kemudian aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  • Masukkan telur, kemudian aduk adonan hingga tercampur. Kalau telurnya sudah tercampur dengan adonan, masukkan pasta pandan. Aduk adonan kembali sampai benar-benar tercampur rata.
  • Siapkan kukusan, dan panaskan. Tuang adonan Bolu Kojo ke dalam loyang. Jangan lupa gunakan loyang yang ukurannya proporsional dengan volume adonannya, ya. 
  • Kemudian kukus Bolu Kojo selama 30 menit hingga matang. Kalau sudah matang, sajikan di piring. Bolu Kojo khas Palembang sudah siap dinikmati!

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep Bolu Kojo yang bisa Cakefever sampaikan kali ini. Gimana? Cara bikin Bolu Kojo kukus khas Palembang ternyata mudah banget, ya. Buat kamu yang nggak suka kukusan, kamu juga bisa membuat Bolu Kojo dengan cara dipanggang. Dua-duanya sama-sama enak, kok! Semoga artikel dari Cakefever kali ini bisa jadi insight baru buat kamu.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^