Resep Churros Sederhana Tanpa Telur, Cocok Jadi Teman Ngopi

Halo, teman-teman setia Cakefever! Saat memiliki waktu santai, ngopi dan menonton film favorit ditemani dengan sepiring camilan merupakan aktivitas yang menyenangkan banget untuk dilakukan. Terlebih, menyantap camilan manis mampu membuat mood kita lebih baik, lho. Istilahnya sih, jadi moodbooster gitu, hihi! Nah, salah satu camilan dengan rasa manis dan lezat yang jadi kesukaan banyak orang adalah Churros.

Namun, ternyata nggak semua orang bisa menikmati dengan baik, karena memiliki rasa dan aroma yang sedikit amis dari telur yang terkandung dalam adonannya. Gimana jadinya kalau dibikin tanpa telur, ya? Bisa banget! Kali ini Cakefever bakal share resep Churros tanpa telur nih, buat kamu. Daripada makin penasaran, langsung aja cek resep Churros berikut ini, ya.

Churros, Hidangan Manis Lezat khas Negeri Matador Spanyol

Churros Khas Spanyol | Pixabay
Khas Spanyol | Pixabay

Siapa sih, yang nggak kenal dengan Churros? Meskipun sajian yang satu ini nggak berasal dari Indonesia, nyatanya banyak banget lho, orang Indonesia yang suka banget dengan hidangan yang satu ini. 

For your information, merupakan sajian penutup yang berasal dari negara Spanyol. kerap kali menjadi pilihan untuk jadi camilan di waktu santai, dan cocok banget jika disantap bareng secangkir kopi atau coklat panas. Yummy!

Baca Juga:  Resep Egg Tart Ala Mama Camila Yang Nyangkut Dihati

Di daerah asalnya pun, Eropa, nggak kalah populer dengan hidangan-hidangan khas Eropa lainnya seperti Pizza, Bagel, dan Pasta. Pada umumnya, Churros memiliki tekstur yang renyah di luar dan empuk di dalam. 

Cara menyantapnya pun cukup unik, karena kebanyakan orang menyiapkan semangkuk coklat leleh untuk “dicocol” bersama Churros. Manis gurihnya Churros yang bercampur dengan nikmatnya coklat leleh, mampu membuat siapapun ketagihan menyantap sajian khas Eropa yang satu ini. Namun, bagi yang nggak suka Coklat, kamu bisa taburkan sedikit gula halus plus cinnamon bubuk di atas Churrosnya supaya lebih nikmat. Atau kamu bisa coba bikin karamel susu atau dulce de leche yang gampang banget, karena cuma pakai kental manis saja. Lihat cara bikin dulce de leche di sini Cara Gampang Bikin Dulce de Leche pakai Kental Manis.

Resep Churros Sederhana Tanpa

Resep Churros Tanpa Telur | Pixabay
Resep Churros Tanpa Telur | Pixabay

Meskipun Churros itu enak banget, nyatanya nggak semua orang bisa menikmatinya dengan baik. Sebab, beberapa orang nggak suka dengan aroma telur yang terkandung dalam adonan Churros ini. Bisa nggak ya, kalau Churros dibikin tanpa telur? Kali ini Cakefever bakal spill resep Churros simple tanpa telur hanya untuk kamu. Langsung aja kepoin di bawah ini, yuk!

Baca Juga:  Resep Sosis Solo Isi Ayam Suwir, Camilan Simpel ala Rumahan

Bahan: 

  • 15 sdm tepung terigu serba guna
  • 3 sdm gula pasir
  • 3 sdm atau butter supaya lebih gurih
  • 250 ml air
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/2 baking powder
  • Gula halus secukupnya
  • Bubuk secukupnya
  • Saus coklat, atau coklat leleh secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, kita campurkan air, margarin, dan gula pasir. Rebus hingga semua bahan larut dan tercampur dengan sempurna. Kemudian kecilkan apinya.
  2. Campurkan tepung bersama vanili bubuk dan baking powder, kemudian masukkan ke dalam rebusan air dan tadi. Aduk hingga semuanya tercampur rata dan pastikan tidak ada adonan yang menggerindil. Kemudian matikan apinya, diamkan adonan hingga dingin.
  3. Kalau adonannya sudah dingin, siapkan plastik segitiga atau plastik conthong. Olesi bagian dalam plastik dengan sedikit supaya adonan nanti mudah dikeluarkan saat akan digoreng.
  4. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga. Kemudian potong bagian ujung bawah plastiknya untuk jadi jalan keluar adonan Churrosnya nanti. Kalau mau pinggiran churros yang bergerigi, gunakan spuit bintang.
  5. Panaskan minyak, tekan plastik segitiga untuk mengeluarkan adonannya. Goreng Churros hingga berwarna kuning kecoklatan.
  6. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan di piring, kemudian taburkan sedikit gula halus dan bubuk di atas Churrosnya. Kamu bisa tambahkan coklat atau selai untuk pendamping saat menyantap Churros!
Baca Juga:  Resep Kue Lapis Madu Medovik yang Maniskan Harimu

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep Churros tanpa telur yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Gimana, mudah banget kan, cara bikinnya? Resep Churros kali ini pokoknya wajib banget kamu praktekkan di rumah, ya.

Buat yang pengen cobain bikin Churros dengan telur, yang teksturnya lebih lembut dibanding dengan resep tanpa telur, bisa lihat resepnya di artikel Resep Churros dengan 2 telur.

Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

1 Comment

  • Anak saya doyan churros, tapi belinya selalu harus di mall atau resto. Pernah nyoba bikin sendiri hasilnya berantakan, liat di yt resepnya. Ini resepnya tanpa telor rupanya, menarik. Saya mau coba buat pas ada waktu lagi nanti. Thanks ya.

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

%d bloggers like this: