Resep Apple Cake Allrecipes

Apple Cake selesai dipanggang - Cakefever.comJadi ceritanya, aku masih saja penasaran walau sudah dua kali mencoba membuat resep kue apel yaitu German Apple Cake dan Jewish Apple Cake dari Smitten Kitchen.

Kedua resep ini sebenarnya rasanya enak tapi kok yaaa kayaknya masih ada yang kurang pas dengan kedua resep itu.

Kali ini resep yang mau aku coba adalah Amazing Apple Cake masih dari Allrecipes.com. Resep Apple Cake ini sungguh super mudah membuatnya. Karena tidak membutuhkan mixer dan peralatan baking lainnya. Semua bahan cukup diaduk dengan spatula.

Adonan Apple Cake ini akan mengembang dengan bantuan Baking Soda. Karena pada dasarnya adonan Apple Cake ini sudah sarat penuh dengan potongan apel, maka fungsi adonan kue sebenarnya pada merekatkan apel dan membentuk struktur kue.

Untuk membuat apelnya lebih terasa, gunakan apel yang rasanya segar masam dan agak keras, seperti contohnya Apel Malang atau Apel Granny Smith yang warnanya hijau. Kalau punya apel yang manis, itu lebih baik dimakan langsung saja yaa hehehe …

Bahan-bahan:


250 gram gula pasir
250 gram terigu protein sedang atau terigu serba guna
5 gram kayu manis bubuk
9 gram baking soda (jangan diubah jadi baking powder yah)
2 butir telur
120 ml minyak sayur atau minyak goreng
10 ml vanilla extract
115 gram kacang mede yang sudah dipanggang, cacah kecil-kecil (mau pakai kacang lain juga boleh)
600 gram Apel Malang  atau apel Granny Smith (Apel ukuran sedang kira-kira 5-6 buah)

Cara Membuat:

Panaskan di suhu 165C. Aku biasanya memanaskan di suhu 180C, namun ketika adonan dimasukkan ke dalam , suhu baru aku turunkan sampai 165C.

Campur semua bahan kering: gula, terigu, kayu manis bubuk, dan baking soda, aduk rata. Lalu masukkan telur, minyak sayur dan vanila extract, aduk rata lagi dengan spatula. Terakhir masukkan apel yang sudah dipotong-potong dan kacang mede (atau kacang kenari, pecan, walnut, terserah selera anda!) Aduk rata sampai semua apel tertutupi adonan.

Baca Juga:  Resep Kue Putri Salju NCC

Adonan Apple Cake kali ini sebenarnya agak kering dan aku merasa agak kesulitan mencampur adonan untuk menutupi potongan apel. Tapi ya nggak nyerah dong ya, pokoke berusaha keras mengaduk supaya tercampur dan semua apel tertutupi adonan.

Resep Apple Cake Allrecipes - Cakefever.comSetelah tercampur rata, masukkan dan panggang selama 45-50 menit sampai matang. Di resep tertulis 45-50 menit, namun kenyataannya aku memanggang selama satu jam dengan panas 180C barulah ketika tes tusuk, tidak ada adonan yang lengket di tusuk sate. Padahal aku juga sudah menggunakan tulban yang ada lubang di tengah loyangnya agar bagian tengah Apple Cakenya bisa terkena panas dan cepat matang. Tapi ya mungkin demikianlah kelakuan ovenku.

Penampakan kuenya tidak jauh berbeda dengan dua Apple Cake sebelunya yang sudah aku coba. Namun menurut opini pribadiku, hmmmm masih lebih terasa enak Jewish Apple Cake-nya Smitten Kitchen.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: