Saturday, June 25

Resep Baklava, Kue Lebaran Khas Turki Enak & Mudah Dibuat

Saat hari raya idul fitri, biasanya kita bakal keliling-keliling ke rumah kerabat dan handai taulan. Yang menyenangkan, kita juga bisa mencicipi aneka sajian khas lebaran yang mungkin nggak setiap waktu bisa kita nikmati. Nggak hanya di Indonesia, negara-negara timur tengah yang juga merayakan idul fitri pun turut punya sajian khasnya, lho, seperti Turki.

Yup! Turki punya Baklava, sajian yang senantiasa dirindukan saat lebaran tiba. Tapi, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Turki, kok. Kamu bisa bikin Baklava ala kamu sendiri di rumah dengan ikutin resep baklava Turki yang udah Cakefever sediakan berikut ini!

Baklava, Kue Enak Sajian Lebaran Khas Turki

Baklava Turki (sumber: @albert_cancook on Instagram)
Baklava Turki (sumber: @albert_cancook on Instagram)

Teman-teman setia Cakefever sudah pernah dengar nama kue baklava belum, nih? Bagi kamu yang belum familiar, baklava merupakan kue khas Turki yang biasanya disajikan saat lebaran tiba. Basically, kue satu ini berbahan dasar pastry dan memiliki isian di dalamnya. Biasanya sih, isian dari baklava ini adalah kacang pistachio. Tapi, banyak juga orang-orang yang mengkreasikan baklava dengan kacang almond atau kacang mede.

Baca Juga:  Resep Bungeoppang Mudah, Dessert Bentuk Ikan Lucu ala Korea

Nggak hanya terkenal di Turki, ternyata baklava juga cukup terkenal di Indonesia, lho. Baklava udah banyak dijual di bakery-bakery Indonesia, bahkan juga banyak orang yang belajar untuk bikin baklava sendiri di rumah. Kue lebaran enak khas Turki yang satu ini wajib banget deh, kamu cobain!

Resep Baklava Sederhana Khas Turki

Resep Baklava (sumber: @mays_vlog on Instagram)
Resep Baklava (sumber: @mays_vlog on Instagram)

Nggak perlu jauh-jauh ke Turki, kamu bisa bikin baklava sendiri di rumah dengan ikutin resep baklava yang sudah Cakefever sediakan kali ini. Yuk, disimak baik-baik resep baklava Turkinya!

Bahan:

  • 500 gram pastry (phyllo)
  • 150 gram kacang pistachio (atau boleh diganti dengan kacang lainnya)
  • 200 gram butter, lelehkan
  • 100 ml air
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdm air lemon

Cara membuat:

  • Pertama, kita siapkan kacang pistachionya. Haluskan, bisa dicincang maupun diblender, kemudian sisihkan.
  • Kedua, kita siapkan wadah tahan panas, olesi dengan yang sudah dilelehkan. 
  • Olesi pastry dengan yang sudah leleh, kemudian kita susun di wadah tahan panasnya. Sistemnya adalah pastry – olesi mentega – pastry – olesi mentega, terus sampai kira-kira 10-12 tumpuk pastry.
  • Next, kita taburi tiap lapisan pastry yang sudah diolesi dengan kacang pistachio yang sudah kita haluskan tadi. Tiap lapisan pastry harus dapat kacangnya, ya, supaya isiannya jadi merata. Sistem numpuknya sama seperti pas kita olesi tadi.
  • Panaskan panggangan atau dengan suhu sekitar 180 derajat celcius, kurang lebih selama 10 menit. Kemudian, kita panggang baklavanya sekitar 30 menit.
  • Sambil nunggu baklavanya matang, yuk, kita bikin sirupnya! Caranya mudah banget, kita tinggal campurkan gula, air, dan air lemon dan masak hingga gulanya mencair.
  • Kalau baklavanya sudah matang, keluarkan dari panggangan, kemudian susun di piring saji.
  • Siram baklava dengan sirup gula yang sudah kita buat tadi. Kalau kamu masih punya sisa kacang, boleh ditaburkan di atas baklavanya.
  • Baklava khas Turki sudah siap dinikmati! 
Baca Juga:  Resep Banana Chiffon Cake Yang Lembut dan Ringan

Oke, itu tadi sedikit pembahasan tentang resep baklava Turki, hidangan khas timur tengah yang kini banyak disukai orang Indonesia. Kamu boleh banget coba bikin baklava sendiri dengan ikutin resep baklava yang sudah Cakefever tulis di atas, supaya kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Turki hanya untuk menikmati sajian lebaran enak yang satu ini. Selamat mencoba!

SEO Content Writer yang juga bercita-cita jadi Captain Marvel

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^