Saturday, June 25

Resep Strudel Keju Asin Gurih Cocok Buat Camilan di Rumah

Bagi teman-teman setia Cakefever yang berdomisili di Malang, mungkin kamu sudah nggak asing dengan strudel. Ya, strudel merupakan sajian khas Malang, yang juga kerap dijadikan oleh-oleh khas Kota Apel ini. Nggak hanya bisa dibeli di toko kue atau toko oleh-oleh, teman-teman juga bisa bikin strudel sendiri di rumah, lho. 

Tenang, Cakefever sudah siapkan respenya buat kamu, nih. Yuk, langsung cek resep strudel keju berikut ini. Mudah dibuat dan anti gagal!

Strudel Keju Gurih, Buat Kamu yang Nggak Suka Makanan Manis

Strudel Keju Asin Gurih (sumber: @browna_bynia on Instagram)
Strudel Keju Asin Gurih (sumber: @browna_bynia on Instagram)

Begitu mendengar kata ‘strudel’, mungkin pikiran kita langsung tertuju pada oleh-oleh khas Malang. Yup, nggak salah, kok. Strudel memang lagi hits dikenal sebagai oleh-oleh khas Malang, terutama saat artis Teuku Wisnu mulai memasarkan Strudel Malang sebagai bisnis kulinernya. Tapi, sebenarnya strudel sendiri merupakan kuliner khas Austria, lho. Strudel sendiri merupakan kuliner berbahan dasar pastry yang diberi isian, mungkin sedikit mirip dengan bolen atau baklava.

Baca Juga:  Resep Choco Chips Cookies Enak & Renyah Banget

Mengadaptasi konsep strudel dari Austria, Strudel Malang nggak kalah lezat dong, tentunya. Ditambah sentuhan apel Malang yang jadi isian, kearifan lokal dari kuliner yang satu ini semakin terasa. Tapi, bagi kamu yang nggak terlalu suka makanan manis, kamu bisa mengkreasikan strudel dengan isian asin gurih, misalnya jamur, daging, bahkan keju. Memadukan renyahnya pastry dengan isian keju yang gurih pastinya mampu memanjakan lidahmu.

Resep Strudel Keju Asin Gurih Mudah Dibuat

Resep Strudel Keju (sumber: @zri.kitchen on Instagram)
Resep Strudel Keju (sumber: @zri.kitchen on Instagram)

Nah, buat kamu yang kurang suka dengan makanan manis, tentunya kamu tetap bisa dong, menikmati olahan strudel. Cakefever punya resep strudel keju asin gurih, nih, buat kamu. Yuk, simak apa saja bahan serta langkah-langkahnya! 

Bahan:

  • 200 gram puff pastry
  • 100 gram keju cheddar, parut
  • 100 gram jamur kancing cincang (kalau nggak suka jamur boleh diganti isian lain)
  • 3 buah kuning telur (untuk olesan)
  • 5 sdm bawang bombay cincang
  • 1 butir ayam
  • 2 sdm
  • ¼ sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Pertama, kita siapkan puff pastrynya. Giling tipis, kemudian potong adonan menjadi 4 bagian. Kira-kira 2-3 cm.
  • Sisihkan puff pastry yang sudah dipotong. Next, kita mau bikin isiannya, nih. Siapkan penggorengan, dan panaskan mentega. Kemudian kita masukkan jamur dan bawang bombay, tumis sampai harum. Jangan lupa tambahkan garam dan merica bubuknya, ya.
  • Tambahkan keju dan ke tumisan tadi, lanjut masak hingga semuanya tercampur rata.
  • Siapkan puff pastry, lalu isi puff pastry dengan isian yang sudah dimasak barusan. Gulung pastry yang sudah diisi, kemudian olesi bagian atasnya dengan kuning telur.
  • Siapkan untuk memanggang strudel. Sebelum itu, jangan lupa basahi loyang (sedikit aja), supaya adonan pastry nggak lengket di loyangnya.
  • Panggang strudel selama 45 menit di dalam oven. Kalau warnanya sudah keemasan, boleh diangkat lalu sajikan di piring.
  • Strudel keju asin gurih sudah siap deh, buat dinikmati!
Baca Juga:  Resep Klappertaart Wilton lembut dan enak ala Cakefever

Nah, itulah tadi rekomendasi resep strudel atau keju yang bisa Cakefever kasih ke kamu kali ini. Sudahkah kamu tertarik buat cobain resep strudel keju di atas? Selain bahan-bahannya mudah ditemukan, langkah-langkah membuat strudel keju ini sangat mudah lho, untuk diikuti. Dengan resep di atas, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Malang atau Austria karena kamu bisa bikin strudel sendiri di rumah. Jangan sampai rugi karena nggak coba praktekin resep strudel di atas, ya!

SEO Content Writer yang juga bercita-cita jadi Captain Marvel

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^