Tuesday, September 27

Tips Cara Membuat Adonan Pempek Lembut dan Nggak Keras

Halo, teman-teman setia Cakefever! Adakah yang sudah tahu cara membuat adonan pempek? Membuat pempek memang bukan hal yang sulit, namun butuh cara yang benar agar bisa berhasil. Mungkin teman-teman bertanya-tanya mengapa pempek yang dibuat di rumah tak sama dengan yang dijual di abang-abang ya? Kali ini Cakefever akan berikan tips cara membuat adonan pempek yang lembut. Simak sampai habis ya!

Pempek, Kuliner Lezat Khas Palembang

Pempek, Sajian Lezat Khas Palembang | @pempekloliloli - Instagram
Pempek, Sajian Lezat Khas Palembang | @pempekloliloli – Instagram

Teman-teman setia Cakefever pasti tahu dong makanan satu ini? Ya, pempek adalah makanan yang sudah dikenal hampir di seluruh penjuru Indonesia. Pempek merupakan makanan yang berasal dari Sumatera Selatan, tepatnya di Palembang. Kini, penjual pempek sudah menyebar hampir ke semua kota di Indonesia.

Cara membuat adonan pempek adalah dengan mencampurkan dan ikan serta beberapa bahan-bahan lainnya, seperti bawang putih, bawang merah, telur, penyedap rasa, garam, dan lain sebagainya. 

Pempek biasanya disajikan dengan kuah hitam yang bernama cuko. Cuko adalah kuah yang terbuat dari air dan gula merah yang direbus, lalu ditambahkan ebi, cabai bubuk, bawang putih, dan juga garam. Rasa khas cuko adalah dominan pedas sedikit manis, namun dapat dibuat sesuai selera bagi yang tidak suka pedas.

Baca Juga:  Mengenal Coklat Couverture dan Coklat Compound

Pempek memiliki jenis yang beragam, yang paling terkenal adalah kapal selam karena rasanya dan namanya yang unik. Pempek kapal selam adalah pempek yang berisi telur dan digoreng terendam minyak panas. Jenis pempek yang lainnya adalah pempek lenjer yang berbentuk pipih, pempek bulat, pempek kulit ikan, pempek keriting, pempek telur kecil, dan pempek pistel yang berisi sayur pepaya muda.

Cara Membuat Adonan Pempek Agar Tidak Keras

Tips Cara Membuat Adonan Pempek Tidak Keras | Instagram
Cara Membuat Adonan Pempek Tidak Keras | Instagram

Banyak orang yang sudah mengetahui resep dan cara membuat adonan pempek. Caranya memang tak sulit dan bahannya mudah ditemukan. Oleh karena itu, banyak yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah, namun seringkali hasilnya tidak maksimal. Teman-teman setia Cakefever bisa menyimak tips cara membuat adonan pempek di bawah ini agar berhasil membuat pempek yang lembut dan enak.

1. Perbandingan Ikan dan Tepung Tapioka Wajib 1:1

Jumlah ikan dan yang digunakan ternyata berpengaruh, lho. Tepung tapioka yang dipakai harus sama jumlahnya dengan ikannya. Tepung tapioka yang terlalu banyak bisa menyebabkan adonan lebih keras dan alot. Sebaliknya, ikan yang terlalu banyak membuat teksturnya menjadi kering dan keriput.

2. Pakailah Tepung Sagu Berkualitas Baik

Selain tepung tapioka, tepung sagu juga merupakan salah satu bahan yang wajib ada pada adonan pempek. Tepung sagu yang digunakan juga harus berkualitas baik agar adonannya bisa lebih empuk dan enak. Teman-teman setia Cakefever bisa memilih tepung sagu yang berwarna putih bersih dan tidak kadaluarsa. 

Baca Juga:  Tips Memilih Jasa Pengiriman Yang Aman Untuk Kue

3. Jangan Uleni Adonan! Pakai Alat Seperti Spatula Plastik

cara membuat adonan pempek selanjutnya adalah mencampurnya menggunakan alat. Jangan mencampur adonan menggunakan tangan, karena bisa membuat adonan keras ketika sudah matang. Teman-teman setia Cakefever bisa menggunakan spatula plastik atau sendok nasi untuk mengaduk adonan, baru membentuk adonan menggunakan tangan.

4. Pakailah Ikan yang Masih Segar

Selain perbandingan ikan harus sama dengan tepung tapioka, cara membuat adonan pempek agar tidak keras harus menggunakan ikan yang masih segar. Ikan yang digunakan disarankan dalam keadaan dingin agar membuat adonan lebih kenyal. 

Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tengiri. Ikan tersebut harus dihilangkan tulang dan ekornya terlebih dahulu kemudian  dihaluskan. Jika tidak ada ikan tengiri, teman-teman setia Cakefever juga bisa menggunakan ikan kakap merah, ikan putak, ikan tuna, ikan gabus, ikan belida, atau ikan lainnya.

5. Gunakan Es Batu atau Air Dingin

Selain menggunakan ikan yang segar dan dingin, cara membuat adonan pempek juga harus menggunakan air dingin atau air es. Suhu yang dingin akan membuat adonan pempek lebih menyatu dan merata. Teman-teman setia Cakefever bisa menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan rata dan terasa kenyal.

Baca Juga:  Apa Itu Moist Cake? Ini Arti dan Rahasia Membuat Moist Cake

Nah, itulah tadi beberapa tips dan trik cara membuat adonan pempek palembang yang empuk dan tidak alot. Sekarang, teman-teman setia Cakefever tak perlu khawatir lagi mendapatkan hasil pempek yang keras dan alot. Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^