Tuesday, September 27

Resep Bolu Pandan Panggang Yang Lembut Mengembang

Untuk pecinta Kue bercitarasa dan beraroma Pandan, maka tak boleh melewatkan Resep Bolu Pandan yang satu ini. Selain tentu saja jangan lupa juga untuk membuat resep-resep Chiffon Pandan Cake ini.

Bolu Pandan adalah kesukaan anggota keluarga saya, sehingga saya mencoba berbagai resep bolu pandan yang cepat dan mudah dibuat. Salah satu resep bolu pandan yang akhirnya saya rebake terus-terusan karena hasilnya sangat memuaskan adalah resep Kue Bolu Pandan ini. Resep Bolu Pandan di bawah ini adalah adaptasi dari Resep Bolu Pandan KlasikTintin Rayner yang ada di dalam buku Homemade Snacks & Desserts ala Xander’s Kitchen.

Resep Bolu Pandan Klasik  yang tercantum pada buku adalah sebagai berikut:

8 butir telur
225 gram gula pasir
200 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung maizena
150 ml santan kental
30 ml endapan pandan (cara membuat cek disini)
20 ml minyak goreng
Sejumput garam

Bolu Pandan diatas menghasilkan Kue Bolu Pandan yang cukup besar, loyang yang disarankan adalah loyang tulban berdiamater 26 cm. Karena aku biasanya membuat kue hanya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak karena hanya untuk dimakan sekeluarga, maka resepnya aku sesuaikan agar muat di 2 buah loyang brownies ukuran 22x10x4 cm. Karena aku sering tidak sempat membuat endapan pandan, maka aku mengandalkan Pasta Pandan Toffieco tiap membuat kue Bolu Pandan ini. Selain itu untuk tepung maizena, kadang aku pakai dan kadang aku lupakan, dan rasanya tidak ada perbedaan yang signifikan.

Bolu Pandan Panggang Klasik dengan Santan

Kue Bolu Pandan ala Xanders Kitchen

Bahan-bahan yang digunakan:

4 butir telur
115 gram gula pasir
100 gram tepung terigu
15 gram tepung maizena
90 ml santan kental – jangan diencerkan, aku pakai santan kemasan siap pakai
10 ml minyak goreng
1 sdt Pasta Pandan Toffieco
Sejumput garam

Cara Membuat:

    1. Panaskan oven suhu 170 C. Siapkan loyang, lapisi dengan baking paper. Atau bila menggunakan loyang tulban, gunakan tulban diameter 18 cm, olesi tipis dengan mentega dan taburi tepung terigu tipis-tipis agar kue bolu nanti mudah untuk dikeluarkan dari loyang.
    2. Campur santan kental, minyak goreng dan pasta, aduk rata.
    3. Kocok telur dengan gula pasir sampai mengembang dan kental, masukkan garam, kocok lagi sampai terkocok rata.
    4. Ayak terigu dan tepung maizena, lalu masukkan bertahap ke dalam kocokan telur dan dengan menggunakan spatula lebar, lakukan aduk balik agar tepung tercampur rata dengan kocokan telur.
    5. Masukkan campuran minyak, santan dan pasta pandan sedikit-sedikit ke dalam adonan, dan aduk balik sampai rata dengan spatula. Pastikan tidak ada cairan minyak yang mengendap di bagian bawah adonan.
    6. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama 50 menit sesuai dengan oven masing-masing.

Trik Membuat Kue Bolu Pandan Lebih Moist

Nah setelah kue bolu pandan matang, keluarkan dari oven dan segera keluarkan dari dalam loyang dengan cara dibalikkan dari loyang. Jangan biarkan kue bolu pandan menjadi dingin di dalam loyangnya, karena akan membuat permukaan bolu mengerut. Segera keluarkan bolu pandan dari dalam loyang setelah matang.

Setelah itu kue bolu pandan bisa didinginkan di suhu ruang. Untuk menjaga kue bolu tetap moist, saat masih hangat tutup kue bolu dengan loyang bersih yang lebih lebar atau dengan tudung saji yang rapat. Uap air yang keluar saat proses pendinginan akan tetap di dalam kue sehingga kue bolu akan terasa lebih lembab atau moist.

 

Artikel Lainnya:

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^