Wednesday, August 17

Apa Bedanya Fermipan dengan Ragi Instan dan Baking Powder?

Halo teman-teman setia Cakefever! Bagi kamu yang memang sudah sering bikin kue, terutama roti, tentu kamu sudah nggak asing dengan bahan yang bernama Fermipan. Yup, manfaat Fermipan adalah bisa bikin adonan kita jadi mengembang. Menurut teman-teman setia Cakefever, Fermipan ini sama nggak sih, dengan bahan pengembang lainnya seperti baking soda? 

Untuk tahu jawabannya, kamu wajib banget baca artikel ini sampai habis. Yuk, cari tahu penjelasannya dalam ulasan di bawah ini!

Apa Itu Fermipan?

Apa Itu Fermipan? (sumber: @tokoplastik.magetan on Instagram)
Apa Itu Fermipan? | @tokoplastik.magetan – Instagram)

Fermipan adalah bahan kue yang berisi mikroorganisme bersel satu, yang berasal dari keluarga spesies Saccharomyces cerevisiae. Fermipan adalah ragi pengembang yang mampu membuat adonan kue jadi mengembang. Biasanya, Fermipan harus dicampurkan dengan gula dan air supaya dapat digunakan dalam adonan. Cara kerjanya, Fermipan ini nantinya akan mengubah gula menjadi karbondioksida, sehingga adonan roti yang kita buat bisa mengembang dengan cantik, deh.

Meskipun begitu, cara menggunakan Fermipan dalam adonan ini nggak boleh sembarangan, lho. Kamu hanya diperbolehkan untuk menggunakan Fermipan sekitar 2,5% dari takaran tepung yang digunakan dalam adonan rotimu. Nah, selain bisa membuat adonan kuemu jadi ngembang, Fermipan bisa menambah citarasa dan aroma kue buatanmu menjadi lebih wangi.

Baca Juga:  7 Jenis Gula Untuk Membuat Kue yang Perlu Diketahui!

Ketika kamu memutuskan akan menggunakan Fermipan, hendaknya kamu segera mengaplikasikannya ke dalam adonan setelah bungkusnya dibuka. Kalau nggak, Fermipan nggak bakalan menunjukkan kinerjanya yang maksimal terhadap adonan kuemu.

Samakah Fermipan dengan Ragi Instan?

Samakah Fermipan dengan Ragi Instan? (sumber: @minaplastik_bakingmart on Instagram)
Samakah Fermipan dengan Ragi Instan? (sumber: @minaplastik_bakingmart on Instagram)

Apa perbedaan Fermipan dan ragi instan? Ya nggak ada bedanya, dong! Mungkin masih banyak diantara kita yang masih belum tahu bahwa sebenarnya Fermipan dan ragi instan itu sama saja. Sebenarnya, Fermipan adalah salah satu merk ragi instan atau ragi kering yang banyak kita jumpai di pasaran. Perlu kita ketahui, sebenarnya ragi itu dibagi menjadi 3 jenis, antara lain: ragi segar, ragi coral, dan ragi instan.

Ketiga jenis ragi tersebut memiliki fungsi utama yang sama, yakni membuat adonan kue jadi mengembang. Hanya saja, penggunaan ragi instan menjadi yang paling praktis dan mudah. Ketiga jenis ragi yang telah disebutkan juga sama-sama memiliki kemampuan untuk menambah cita rasa dari kue yang kamu buat. Bagi teman-teman setia Cakefever yang biasa bikin kue pakai ragi seperti Fermipan, pasti kamu bakalan ngeh kalau rasa kuemu jadi lebih khas.

Baca Juga:  Resep Carrot Cheesy Cake Cakefever Gurih & Sedap

Apakah Sama dengan Fermipan?

Perbedaan Fermipan dengan Baking Powder (sumber: @soko_lati on Instagram)
Perbedaan Fermipan dengan Baking Powder (sumber: @soko_lati on Instagram)

Nah, jika ternyata Fermipan sama dengan ragi instan, apakah baking powder sama dengan Fermipan? Guys, baking powder dan Fermipan itu beda banget, ya. Cuma, baking soda bisa jadi bahan alternatif untuk bikin adonan mengambang, jika kamu nggak menyediakan Fermipan di rumah. Kalau menggunakan Fermipan, kita harus mencampurkannya dengan air dan gula terlebih dahulu sebelum digunakan.

Hal ini berbeda banget dengan baking powder yang hanya perlu dicampur dengan air supaya adonanmu bisa mengembang. Baking powder bisa membantu adonan kuemu jadi mengembang, namun sayangnya, baking powder tak bisa menghasilkan serat roti sebaik yang dihasilkan oleh Fermipan. 

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Fermipan, salah satu bahan dasar kue yang bisa bikin adonan kue jadi mengembang. Ternyata, Fermipan adalah hal yang sama dengan ragi instan, namun berbeda dengan baking powder. Kalau kamu sendiri, lebih tertarik bikin kue pakai Fermipan atau pakai baking powder, nih? Jangan sampai salah paham lagi, ya!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^