Tuesday, September 27

Mengenal Apa Itu BPDA dan Inilah 3 Rekomendasi Produknya!

Siapa nih, yang hobi banget baking alias bikin kue? Dalam baking, tentunya banyak banget istilah unik yang mungkin nggak diketahui orang awam, contohnya soft peak dan DCC. Nah, ada contoh lain istilah baking yang nggak banyak diketahui orang, yaitu BPDA. BPDA adalah istilah yang merujuk kepada salah satu bahan kue yang sering kita gunakan untuk baking, terutama saat kita membuat kue yang harus mengembang.

Kalau kamu sendiri, sudah tahu belum dengan apa itu BPDA? Kali ini Cakefever bakal berikan beberapa penjelasan tentang BPDA, mulai dari apa itu BPDA, perbedaannya dengan BPSA, hingga apa saja rekomendasi merk BPDA terbaik yang bisa bikin kue atau roti buatanmu mengembang dengan sempurna. Yuk, langsung aja cek aneka penjelasan menarik tentang BPDA di bawah ini!

Apa Itu BPDA?

Apa Itu BPDA? | Pexels
Apa Itu BPDA? | Pexels

Adakah di antara kalian yang masih belum tahu apa itu BPDA? BPDA adalah singkatan dari Double Acting, atau baking powder yang melakukan proses pengembangan dalam dua kali tahapan aktif, sehingga akan membuat adonan kue atau rotimu bisa mengembang dengan sempurna. 

Bagi kamu yang hobi bikin kue mengembang, seperti cake, roti, atau lainnya, kamu bisa banget menggunakan BPDA untuk mempermudah kamu membuat adonan. Bahkan, bahan kue BPDA adalah jenis baking powder yang sering banget digunakan oleh para pemula, lho.

Kenapa demikian? Sebab, BPDA mampu melakukan proses pengembangan dalam dua kali tahapan aktif, yang dapat mempermudah kita untuk bikin adonan yang bisa mengembang sempurna.

Baca Juga:  Keju Paneer, Keju Homemade dari India yang Kaya Manfaat

Nah, buat kamu para baker pemula, kamu bisa coba membuat kue atau roti menggunakan BPDA ini, karena BPDA adalah jenis baking powder yang seringkali dianggap lebih anti gagal daripada baking powder biasa. Namun hati-hati karena kemampuannya mengembangkan sampai dua kali, gunakan BPDA hanya 1/2 ukuran BPSA yang dicantumkan di resep. 

Perbedaan BPDA dengan BPSA

Perbedaan BPDA dan BPSA | Pexels
Perbedaan BPDA dan BPSA | Pexels

Kalau tadi kamu sudah tahu apa itu BPDA, sekarang kamu wajib tahu apa itu BPSA, dan apa bedanya dengan BPDA. BPSA merupakan singkatan dari Single Action, jenis baking powder yang overall tujuannya sama dengan BPDA, yaitu mengembangkan adonan.

Lalu, apa bedanya kedua jenis baking powder ini? Single Action merupakan jenis baking powder yang dapat diaktifkan dengan zat cair, seperti air, susu, ataupun lelehan coklat. BPSA akan memproduksi gelembung-gelembung saat adonan mulai diaduk. Sayangnya, gelembung-gelembung yang diproduksi oleh BPSA ini nggak bertahan lama, karena ia akan cepat keluar dari adonan bila dibiarkan menunggu di suhu ruang. Nah kalau bikin kue yang mesti nunggu lama sebelum dipanggang, akan berpotensi membuat kue menjadi bantat karena gelembung yang dihasilkan BPSA ini sudah keburu keluar adonan semua.

Hal ini tentu berbeda dengan BPDA, yang gasnya gak cepat habis dalam suhu ruang. Sebab, BPDA memiliki kemampuan untuk “membekukan diri” hingga tahap pemanggangan atau pengukusan kue. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kue nggak mengembang bila harus mendiamkan adonanmu selama beberapa saat.

Baca Juga:  Apa Bedanya Fermipan dengan Ragi Instan dan Baking Powder?

3 Rekomendasi Merk BPDA yang Wajib Kamu Tahu

Rekomendasi Mek BPDA | Pexels
Rekomendasi Mek BPDA | Pexels

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu BPDA, dan perbedaannya dengan BPSA, berikut ini Cakefever akan spill beberapa merk BPDA yang bisa bantu kamu bikin kue lebih mudah. Penasaran siapa saja mereka? Langsung cek rekomendasinya di bawah ini, yuk!

1. Hercules BPDA

Hercules BPDA | Instagram
Hercules BPDA | Instagram

Hercules BPDA adalah produk BPDA yang dipakai kebanyakan baker professional di Indonesia. BPDA Hercules juga sudah bersertifikat halal. Dengan produk BPDA yang satu ini, kue buatanmu bakalan mengembang cantik dan sempurna. Akan tetapi, kamu perlu menggunakan takaran yang benar saat menggunakan Hercules BPDA ini. Hercules BPDA banyak dijual di toko-toko bahan kue dengan harga yang murce, yakni mulai dari Rp 12 ribuan saja!

2. Bob’s Red Mill BPDA

Bob's Red Mill BPDA | Instagram
Bob’s Red Mill BPDA | Instagram

Nah, buat kamu yang vegetarian, Bob’s Red Mill BPDA adalah produk yang bisa banget kamu coba. Mengapa? Sebab, Bob’s Red Mill BPDA dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahkan, produk yang satu ini diberi label sebagai produk BPDA yang gluten free dan aluminium free, lho. Kemasannya pun sangat mudah untuk dibuka tutup, karena bagian atasnya menggunakan zipper. Bob’s Red Mill BPDA pada umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp 130 ribuan.

Baca Juga:  Apa Saja Sih Penyebab Cake Menjadi Kempes ?

3. Crescent BPDA

Crescent BPDA | Instagram
Crescent BPDA | Instagram

Crescent BPDA adalah merk BPDA yang dijual dalam kemasan besar, yakni sekitar 2 kilogram. Produk BPDA yang satu ini sangat cocok digunakan bila kamu memiliki bisnis kuliner atau bakery. Meskipun dijual dalam kemasan besar, Crescent BPDA dipatok dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 400 ribuan saja. Crescent BPDA mampu membuat kue buatanmu menjadi lebih lembut dan mengembang cantik.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai BPDA yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Sekarang, sudahkah kamu mengerti apa itu BPDA, perbedaannya dengan BPSA, serta apa saja rekomendasi merknya? Semoga artikel dari Cakefever kali ini bisa bermanfaat dan memberikan insight baru buatmu, ya!

Sudah Baca Yang Ini?

1 Comment

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

%d bloggers like this: