Friday, December 2

Mengenal Matcha, Kembaran Green Tea yang Banyak Manfaatnya

Teman-teman setia Cakefever, siapa nih, yang doyan banget makan atau minum olahan Matcha? Matcha sendiri merupakan salah satu bahan makanan atau minuman yang olahannya banyak digemari orang. Bahkan, bahan makanan berwarna hijau yang satu ini mampu memberikan efek relaxing bagi siapapun yang mengonsumsinya. Selain itu, Matcha ternyata juga memiliki banyak manfaat baik, lho.

Juga buat kamu yang masih mengira bahwa Matcha itu sama dengan Green Tea, kamu wajib banget baca artikel ini sampai habis. Sebab, kali ini Cakefever bakalan bahas all about Matcha, mulai dari apa itu Matcha, ciri-cirinya, perbedaannya dengan Green Tea, hingga manfaat Matcha bagi tubuh. Daripada kamu semakin penasaran, yuk, langsung aja cek penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Matcha? 

Apa Itu Matcha? | Pexels
Apa Itu Matcha? | Pexels

Buat kamu yang mengira bahwa Matcha itu sama saja dengan Green Tea, sebetulnya kamu nggak salah, lho. Hal ini dikarenakan ternyata Matcha merupakan salah satu jenis teh hijau, alias Green Tea. Dalam proses produksinya, Matcha memerlukan teknik khusus untuk mengubah daun Camellia sinesis hingga akhirnya menjadi Matcha. Cara pengolahan daun Camellia sinesis hingga menjadi Matcha ini terbilang cukup unik, lho.

Daun Camellia sinesis akan ditutup selama sekitar 30 hari sebelum dipanen. Setelahnya, daun ini akan ditumbuk-tumbuk hingga menjadi bubuk halus yang bertekstur mirip dengan tepung. Matcha sendiri memiliki aneka kandungan zat yang bagus banget untuk tubuh kita, seperti: Vitamin C, Vitamin A, kalori, dan kalium. Bahkan, jumlah antioksidan yang terkandung dalam Matcha 15 kali lebih banyak dibanding buah blueberry dan delima.

Baca Juga:  Mengenal Gula Kastor & Perbedaannya dengan Gula Halus Biasa

Perbedaan Matcha dengan Green Tea

Perbedaan Matcha dan Green Tea | Pexels
Perbedaan Matcha dan Green Tea | Pexels

Mungkin masih banyak diantara kita yang masih belum ngeh dengan perbedaan antara Matcha dan Green Tea. Tapi don’t worry, karena Cakefever akan bahas beberapa poin perbedaan antara Matcha dan Green Tea nih, yuk disimak!

1. Proses Produksi

Salah satu perbedaan Green Tea dan Matcha adalah dari segi sisi produksinya. Seperti yang udah dijelaskan di atas, proses pengolahan Matcha diawali dengan mengolah daun Camellia sinesis dengan beberapa proses penumbukan, hingga akhirnya menjadi bubuk Matcha. Hal ini tentu berbeda dengan Green Tea, yang pengolahannya harus dijemur hingga kering di bawah terik matahari. Maka dari itu, nggak heran kalau pada umumnya Green Tea memerlukan waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan proses produksi Matcha.

2. Warna

Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya warna Matcha seperti apa, dan apa bedanya dengan Green Tea. Yup, perbedaan lain antara Green Tea dan Matcha adalah dari segi warna. Basically, Matcha memiliki warna hijau cerah, sementara Green Tea memiliki warna hijau yang lebih gelap, pekat, dan kusam. Hal ini dikarenakan proses pengolahan Matcha tidak mematikan klorofil pada daun, sehingga warna hijaunya pun masih sangat terjaga dibanding Green Tea yang banyak kehilangan klorofil karena harus dijemur di bawah matahari hingga kering.

Baca Juga:  Aneka Manfaat Barley & Cara Memasaknya Sampai Bisa Dinikmati

3. Rasa

Perbedaan terakhir antara Green Tea dan Matcha adalah dari segi rasanya, guys. Buat kamu yang doyan banget makan atau minum olahan Matcha, kamu juga pasti sudah tahu bahwa Matcha memiliki rasa yang lebih creamy dan sedikit pahit. Selain itu, Matcha juga memiliki tekstur yang lebih padat ketimbang Green Tea. Sementara itu, Green Tea memiliki rasa yang lebih segar, lebih soft, dan memiliki aroma yang lebih harum daripada Matcha.

Manfaat Matcha

Manfaat Matcha | Pexels
Manfaat Matcha | Pexels

Setelah mengetahui perbedaan antara Matcha dan Green Tea, kamu juga perlu tahu bahwa Matcha juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Berikut ini manfaat Matcha yang telah Cakefever rangkum:

  • Mampu melawan radikal bebas
  • Memelihara kesehatan organ hati
  • Menurunkan risiko kanker
  • Menurunkan risiko diabetes
  • Meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi

Meski Matcha memiliki banyak manfaat, kamu juga nggak boleh mengonsumsi Matcha secara berlebihan. Sebab, Matcha tidak akan memberikan manfaat baik bagi tubuhmu jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, karena Matcha terindikasi mengandung banyak zat kimia dan pestisida karena proses panen dan proses produksinya.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu BPDA dan Inilah 3 Rekomendasi Produknya!

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit insight tentang Matcha, kembaran Green Tea yang selama ini dikira sama oleh banyak orang. Ternyata, banyak banget ya perbedaannya! Mulai sekarang, kamu jangan sampai salah lagi dalam membedakan mana Green Tea dan mana Matcha. Semoga penjelasan yang telah disajikan Cakefever kali ini dapat bermanfaat bagi kamu.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^