Wednesday, December 7

Aneka Manfaat Barley & Cara Memasaknya Sampai Bisa Dinikmati

Hai teman-teman setia Cakefever! Kita semua pasti doyan banget coba-coba baking di waktu senggang. Saat baking alias membuat kue, tentunya kita juga memerlukan beberapa bahan baku yang bisa membuat kue buatan kita jadi lebih ciamik. Nggak jarang, kita sebagai pembuat kue pun turut memperhatikan kandungan apa saja yang dimuat dalam bahan-bahan baku kue yang kita pakai.

Nah, salah satu bahan baku untuk membuat kue atau roti yang sering kita jumpai adalah Barley. Yup, mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Tapi, bahan membuat roti yang satu ini mengandung banyak serat yang bisa membuat roti atau kuemu menjadi makanan yang lebih kaya akan gizi, lho. Eits, sudah tahu belum apa saja manfaat Barley, dan gimana cara masaknya supaya enak buat dikonsumsi? Intip penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Barley?

Apa Itu Barley | Pexels
Apa Itu Barley | Pexels

Mungkin nggak semua dari kita sudah kenal dengan bahan makanan yang satu ini. Di Indonesia, Barley biasanya juga disebut dengan jelai atau biji jali-jali, jenis biji-bijian yang mengandung banyak banget serat. Biasanya, Barley diolah sebagai bahan baku roti, salad, campuran teh, bahkan sebagai makanan pokok pengganti nasi, lho.

Ada dua jenis Barley yang bisa kamu beli yaitu Hulled Barley dan Pearl Barley. Hulled Barley itu adalah jenis Barley yang biasa kita sebut whole grain, atau masih dalam bentuknya yang paling utuh, karena hanya bagian Barley yang tidak bisa dimakan saja yang dihilangkan. Sementara Pearl Barley adalah Barley yang sudah dibersihkan bagian luarnya atau sudah diproses. Karena proses ini maka Pearl barley terlihat lebih putih bersih dibanding Hulled Barley.

Baca Juga:  Cari Tahu Manfaat Susu Evaporasi & Perbedaannya dengan SKM

Ketika dimasak pun Pearl Barley akan cenderung mengembang saat berada di dalam air dan mengeluarkan pati atau starch sehingga bisa membuat kuah air mengental. Sementara Hulled Barley hanya akan mengembang sedikit saja. Hulled Barley dan Pearl Barley sama-sama mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Perbedaannya akan terasa saat kedua tipe Barley ini dimasak karena Pearl Barley lebih cepat masak dan lebih cepat lembek mengembang di dalam cairan.

Selain mengandung serat, bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan zat lain yang juga bagus buat tubuh kita. Adapun kandungan zat-zat baik yang terkandung dalam Barley atau jelai, antara lain: Protein, Serat, Karbohidrat, Magnesium, Fosfor, Kalsium, Kalium, Zinc, Zat Besi, Selenium, Vitamin B, Folat, Vitamin K dan Antioksidan.

Dari kandungan zat-zat baik di atas, nggak heran ya, kalau Barley alias jelai mampu menjadi bahan makanan yang bagus untuk dikonsumsi!

Aneka Manfaat Barley yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat Barley | Pexels
Manfaat Barley | Pexels

Setelah tahu kandungan apa saja yang ada pada Barley alias jelai, berikut ini adalah manfaat Barley yang wajib banget kamu ketahui. Cek di bawah ini!

1. Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat Barley yang pertama adalah mampu menjaga saluran pencernaan. Yup, bener banget! Kandungan serat yang ada pada Barley ini bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, lho. Mengonsumsi makanan kaya serat mampu membuat buang air besarmu jadi lancar. Maka dari itu, mengonsumsi Barley merupakan salah satu alternatif bagi kamu yang memiliki masalah dengan organ pencernaan. Tapi harap diperhatikan, Barley mengandung gluten, sehingga orang yang memiliki penyakit celiac atau alergi gluten tidak cocok mengonsumsi Barley.

Baca Juga:  Apa Itu Icing? Yuk, Intip Perbedaannya dengan Frosting!

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Manfaat Barley yang kedua adalah mampu menjaga berat badan kamu tetap ideal. Kamu bisa mengonsumsi Barley sebagai pengganti nasi saat sedang diet. Bukan tanpa alasan, meskipun Barley memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, kandungan gula pada Barley justru lebih rendah daripada nasi putih biasa. So, buat kamu yang sedang diet, mengonsumsi Barley dapat jadi solusi yang bagus!

3. Menurunkan Kolesterol

Bapak–bapak dan Ibu-ibu yang punya bakat kolesterol siapa aja nih? Mengonsumsi olahan Barley juga bisa jadi solusi, lho. Sebab, Barley memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak, sehingga nggak perlu takut lagi deh, dengan kolesterol. Mengonsumsi Barley mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga tubuh kita pun bisa terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Cara Memasak Barley Supaya Enak Dikonsumsi

Cara Mengolah Barley | Pexels
Cara Mengolah Barley | Pexels

Setelah tahu apa saja manfaat Barley, mungkin beberapa dari kita masih belum tahu gimana cara mengolah Barley supaya enak untuk dikonsumsi. Kalau kita bikin roti, kita bisa menggunakan tepung Barley supaya roti buatan kita lebih kaya akan serat. Tapi, Barley juga bisa diolah menjadi makanan selain roti, lho. Siapa yang udah penasaran? Yuk, langsung aja intip cara memasak Barley di bawah ini!

Bahan: 

  • 2 cangkir air kaldu
  • 1 cangkir Barley (boleh pakai jenis apapun)
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih dengan api besar. Sebaiknya, jangan tinggalkan Barley selama dimasak, karena Barley bisa mengembang dan kemungkinan bakal tumpah kalau nggak dijaga.
  • Kalau sudah mendidih, kita kecilkan apinya. Tutup panci dan rebus kembali sampai matang selama kurang lebih 25-40 menit. Waktu tunggunya tergantung jenis Barley yang kita pakai, ya.
  • Tambahkan lebih banyak air ke dalam panci kalau airnya sudah mulai mengering sementara Barleynya belum matang. Kemudian tunggu sampai Barleynya matang sempurna dan tingkat kekenyalannya sudah sesuai dengan apa yang kita mau.
  • Kalau sudah matang, matikan api. Tengok pancinya, kalau masih ada sedikit sisa air, diamkan dulu selama 10 menit. Tutup pancinya sampai semua sisa airnya diserap oleh Barley. 
  • Barley sudah siap dinikmati! Saat mengonsumsinya, pisahkan butiran-butiran Barley menggunakan garpu, ya.
Baca Juga:  Mengenal 4 Jenis Talas yang Bisa Dimakan dan Diolah

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi beberapa penjelasan tentang manfaat Barley, hingga cara memasaknya supaya bisa dikonsumsi dengan enak. Kamu yang lagi diet, sudah tertarik untuk mengonsumsi Barley ketimbang nasi biasa, kah? Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu, ya!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^