Wednesday, August 17

Mengenal Manfaat Edamame & Perbedaannya dengan Kedelai Biasa

Hai teman-teman setia Cakefever! Siapa sih, yang nggak tahu dengan edamame, salah satu jenis kedelai hijau yang sering kita konsumsi sehari-harinya. Mungkin, di antara kita masih banyak yang beranggapan bahwa edamame sama saja dengan kedelai biasa. Hmm, sampai sini, kamu nggak salah sih, karena sebenarnya memang edamame adalah salah satu jenis kedelai juga.

Supaya kamu makin kenal sama edamame, kamu wajib banget baca artikel ini sampai selesai. Cakefever punya beberapa penjelasan mengenai edamame, mulai dari perbedaannya dengan kedelai biasa, hingga aneka manfaat baik bagi tubuh bila kamu rajin mengonsumsi edamame. Yuk, kepoin informasinya di bawah ini!

Apa Itu Edamame?

Apa Itu Edamame | @nozakiyaichirou_farm - Instagram
Apa Itu Edamame | @nozakiyaichirou_farm – Instagram

Bagi kamu yang beranggapan bahwa edamame sama saja dengan kedelai, kamu tentu nggak salah. Sebab, edamame memanglah merupakan salah satu jenis kedelai juga. Edamame merupakan jenis kedelai yang dipanen pada saat masih muda dan berwarna hijau segar. Pada umumnya, kita mengkonsumsi edamame dengan cara direbus, atau dikreasikan menjadi sajian nikmat lainnya seperti coklat edamame.

Baca Juga:  Perbedaan Tepung Sagu dan Tepung Tapioka atau Tepung Kanji

Edamame sendiri memiliki rasa yang sedikit manis, tidak terlalu renyah, dan sensasi rasa yang agak creamy saat dimakan. Kedelai edamame sendiri memiliki kadar nutrisi yang sangat tinggi, that’s why mengkonsumsi edamame secara rutin mampu mendatangkan banyak manfaat baik bagi tubuhmu.

Apa Perbedaan Edamame dan Kedelai Biasa?

Perbedaan Edamame dan Kedelai Biasa | @kikizakeshi_megumi - Instagram
Perbedaan Edamame dan Kedelai Biasa | @kikizakeshi_megumi – Instagram

Meskipun edamame merupakan salah satu jenis kedelai, namun kedelai biasa dan edamame itu berbeda, lho. Edamame merupakan kedelai yang dipanen saat masih muda dan berwarna hijau segar, sementara kedelai biasa baru bisa dipanen saat sudah benar-benar matang. Selain itu, cara menyantap edamame sangat sederhana. Kamu cukup merebusnya, kemudian bisa langsung dikonsumsi. Hal ini tentu berbeda dengan kedelai biasa yang harus diolah terlebih dahulu supaya nikmat untuk dikonsumsi.

Perbedaan edamame dan kedelai yang lainnya adalah kandungan mineral yang sangat tinggi. Edamame memiliki kandungan mineral yang jauh lebih tinggi dibanding kedelai matang biasa. Akan tetapi, kedelai matang biasa memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dibanding edamame. Hal ini adalah jawaban kenapa kita bisa lebih kenyang saat menyantap kedelai biasa dibanding saat menyantap edamame.

Baca Juga:  Mengenal Matcha, Kembaran Green Tea yang Banyak Manfaatnya

Aneka Manfaat Edamame

Manfaat Edamame | @customagformulators - Instagram
Manfaat Edamame | @customagformulators – Instagram

Mengkonsumsi edamame secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita, lho. Bahkan, bagi kamu yang lagi diet, edamame bisa jadi salah satu referensi camilan tanpa bikin gemuk buat kamu. Sebab, edamame memiliki banyak kandungan baik yang bermanfaat bagi tubuh. Adapun kandungan zat-zat baik dalam edamame adalah: protein, karbohidrat, serat, zat besi, magnesium, kalsium, dan zinc. 

Zat-zat baik yang terkandung dalam edamame pada akhirnya mampu mendatangkan berbagai manfaat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi edamame:

  • Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
  • Meredakan Gejala Menopause pada Wanita
  • Mengurangi Risiko Kanker dan Diabetes
  • Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
  • Bantu Menjaga Berat Badan

Jadi, untuk kamu yang memiliki risiko penyakit yang telah disebutkan di atas, atau jika kamu tetap ingin ngemil saat lagi diet, kamu bisa coba mulai konsumsi edamame, ya. Kamu dapat mengkonsumsi edamame dengan cara direbus, dipanggang, atau dikreasikan sesuka hati.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai perbedaan edamame dan kedelai, hingga manfaat edamame yang dapat Cakefever sajikan kali ini. Sekarang, sudah tahu kan, perbedaan antara edamame dan kedelai biasa? Semoga, setelah membaca artikel ini, kamu sudah bisa bedain mana edamame dan mana kedelai biasa, ya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk teman-teman setia Cakefever!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^