Site Loader
resep-cup
Ilustrasi : freeimages.com
Ilustrasi : freeimages.com

Buat yang suka mencoba-coba resep dari majalah yang berasal dari Australia atau Amerika, pasti kerap menemukan satuan ukuran resep yang tidak menggunakan gram.

Ada yang ounce atau oz, stick (biasanya untuk ), cup atau sendok (teaspon atau tablespoon).

Sebagai murid NCC, aku punya contekan konversi ukuran berdasarkan jenis bahan yang aku dapatkan dari milis (sumber dari majalah Santap), sebagai berikut:
Terigu: 1 sdm = 10 gram | 1 cup = 140 gram
Gula pasir: 1 sdm = 20 gram | 1 cup = 225 gram
Gula merah (padatkan): 1 sdm = 15 gram | 1 cup = 200 gram
Brown sugar (padatkan): 1 sdm = 10 gram | 1 cup = 170 gram
Gula bubuk (gula halus): 1 sdm = 10 gram | 1 cup = 110 gram
Mentega dan Margarin: 1 sdm = 15 gram | 1 cup = 225 gram
Coklat bubuk: 1 sdm = 5 gram | 1 cup = 80 gram

Tapi kalau muridnya kebanyakan blogwalking dan buka-buka situs atau majalah resep, maka akan nemu konversi ala Donna Hay (Australia) sbb:
1 cup brown sugar = 6 oz = 175 gram
1 cup white sugar (gula pasir) = 7 oz = 220 gram
1 cup icing sugar (gula halus) = 5 oz = 150 gram
1 cup all purpose atau self raising flour (terigu) = 5 oz = 150 gram
1 cup almond meal (almond bubuk) = 3.75 oz = 110 gram
1 stick = 4 oz = 125 gram (American Stick )

Laluuu masih iseng lagi mampir ke Allrecipes.com, nemu lagi yang begini:
1 cup terigu  = 4.5 oz = 128 gram
1 cup gula halus = 4.5 oz = 128 gram
1 cup white sugar (gula pasir) = 7.1 oz = 201 gram
1 cup tepung roti (bread flour) = 4.8 oz = 136 gram
1 cup rolled oats (bukan instant/quick cooking) = 3 oz = 85 gram
1 cup brown sugar (padatkan) = 7.75 oz = 220 gram
1 cocoa powder ( bubuk) = 128 gram

Terlihat ada perbedaan di satuan ukuran untuk beberapa bahan. Aku sudah warnai dengan warna yang sama untuk melihat perbedaan ukuran di bahan yang sama. Hal ini terutama terjadi untuk satuan ukuran yang menggunakan cup.

Baca Juga:  Cara Benar Membaca Resep Kue Agar Kue Tidak Gagal

Cara mengukur berat bahan dengan cup ini memang rada-rada tidak presisi. Pertama, di pasaran saja aku menemukan measurement cup yang volumenya berbeda. Aku memiliki 4 measurement cup yang aku beli dari tempat berbeda-beda. Dan suatu hari aku iseng kurang kerjaan mencoba mengukur berat terigu 1 cup dengan menggunakan ke-4 measurement cup. Dan hasil gramnya memang ada selisih, sodara-sodara *tepokjidat.

Cup ini sebenarnya adalah satuan ukuran volume, bukan berat. Jadi satu cup terigu yang dipadatkan (peres) dan terigu yang tidak dipadatkan (peres), bila ditimbang dengan timbangan maka akan menghasilkan gram yang berbeda. Dan tentu akan semakin berbeda lagi bila volume si cup ini memang tak sama.

Supaya gak kelamaan pusing, aku sarankan bila mencoba resep dengan ukuran cup, taatlah pada satu konversi ukuran. Bila mau pakai ukuran NCC, maka gunakan semua ukuran yang ada di NCC, jangan dicampur dengan Donna Hay atau AllRecipes.com. Karena kala dicampur, maka hasil dari kue-nya – pengalamanku – akan meleset dari hasil yang seharusnya.

Konversi ukuran yang memusingkan ini, menurutku memang hanya konversi dari cup ke gram karena memang ini bukan konversi berat yang sesungguhnya. Volume dari tiap bahan tentulah berbeda. Gula pasir yang rada kasar, pastilah 1 cupnya lebih berat daripada gula icing yang halus.

Jadi teringat dengan teka-teki zaman dulu, 1 ton kapas dan 1 ton besi, kalau ketimpa kita mana yang bikin kita gepeng?? — jawabnya yaaa dua-duanya sama-sama bikin gepeng, karena beratnya kan sama-sama 1 ton. Tapi 1 ton kapas pasti akan menyita volume yang lebih besar daripada 1 ton besi karena besi lebih padat daripada kapas (halah, ini kenapa sampe dibahas ke sini yaah??)

Ukuran dalam cup atau gelas ini menurutku solusi super cerdas di zaman dahulu kala dimana timbangan digital belum ditemukan. Menganut paham baking is engineering yang membutuhkan ukuran tiap bahan yang tepat – gak cukup cuma dengan “ secukupnya”, helloww?? -, pendahulu-pendahulu kita ini mengambil alat ukur yang paling umum digunakan di dapur, yaitu gelas atau cup. Tentu saja yang diukur disini jadinya adalah volume bahan, bukan berat bahan.

Itu sebabnya ketika sebuah cangkir atau cup pengukur volumenya berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya, maka komposisi bahan pun menjadi berubah. Makanya para bakers profesional selalu menyarankan untuk menimbang bahan kue dengan timbangan digital, untuk memastikan semua bahan dalam ukuran berat yang sama.

Baca Juga:  Cara Menggulung Bolu Gulung Anti Robek

Walau pun aku masih melihat Anna Olson atau Martha Stewart menggunakan cup untuk mengukur bahan-bahan yang mereka gunakan untuk membuat kue. Kenapa ya? Gak tau deh, mungkin lebih cool kelihatannya ketika mereka mengukur terigu dengan menggunakan cup stainless steel mereka ketimbang ditimbang pakai timbangan.

Artikel Lainnya:

Ferona Yulia

Moody Food Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

14 Replies to “Tips & Trik Konversi Ukuran Bahan Dalam Resep”

  1. Sis fero mau tanya lagi nih hhi. Kalau gula pasir sm gula kastor sm gula bubuk/ halus. Mereka tingkat manis nya sama ga ya ? Andaikan dr 1 gula. Misal gula merk gula*ku. Nah utk buat gula kastor bs di blender sebentar. Lalu gula halus bisa di blender agak lama hingga jadi tepung.
    Nah pertanyaan saya. Apa kah 100gram gula pasir. Sama tingkat manis nya dengan 100 gram gula kastor / gula halus. Makasi sis ?

    1. Kalau ditanya tingkat manis, aku tidak bisa menjawab perbedaan tingkat kemanisannya karena tidak punya alat ukurnya 🙂 Dan toleransi manis tiap orang juga beda2.

      Tapi untuk praktek bikin kue, aku memang biasanya memblender gula pasir sampai agak halus (tidak tepung) agar saat dikocok dengan telur atau mentega, bisa cepat larut dan cepat mengembang.

  2. wahhh akirnya nemuin info ttg ukuran bahan dari cup ke gram.. thank u ya mba ! you’re my hero… hihihihi… kalo temperatur oven 350 F itu brp Celcius ya mba? makasiii sebelumnya…

  3. mbakkk,,,, makasih lhoo,,, td iseng2 nyoba bikin brownies kukus dr tepung beras, cari resep sana-sini , akhirnya nemu, tp bahannya pake ukuran pake cup. keinget web ini, langsung aq buka dan bandingin dan konversikan, alhadulillah,, browniesku jadi,

  4. Mbak fero jangan bingung antara Cup nya australia dan amerika 1 sdm di australia adalah 20 ml

  5. Sangat menarik infonya!
    Saya jadi punya pengetahuan baru ttg takaran bahan2 kue
    Trims ya mbak!

  6. Waaah, ternyata semua pada pusing ya sama konversi cup-gram. Sama banget mba, karena aku sukanya belajar dr internet jd taunya pake konversi dari Allrecipes.com. Nah yg bikin bingung juga itu Oz’nya cairan sama bahan kering beda juga, terus kalo semacam cream cheese/whip cream cair itu ngitungnya pake Ounce cair/bhn kering? Soalnya lihat di tabel Allrecipes sama itungan logika ku sendiri jd beda. Aku mikirinnya smp pusing beneran deh mba.
    Kenapa sih org Amrik, Eropa ga pada beli timbangan aja (udah gt cup Amrik sama Eropa beda pula)
    Lalu dr pengalaman tanya sama bake blogger Amrik, kalo ngerubah dr tepung All Purpose ke Cake flour itu mesti ditambahin 2 tbsp/cup CF, masuk akal jg sih soalnya Ounce’nya CF kan lbh sedikit dr APF (mnrt Allrecipe). Paling enak kalo udah ada konversinya langsung di resep.. Hehehehe.

    1. Hahaha.. iya bener-bener.. kenapa siihh mereka pada males pake timbangan yaa.. pake cup segala. Sampe butter aja di-cup-cupin.. kan pusing kita mesti ngitung konversinya lagi :))

      Aku sering dikerjain sama tabel konversi ini nih .. akhirnya pasrah dan ngikut konversinya si Donna Hay aja … yg di Allrecipes udah jarang aku ikutin karena kok hasil kueku jadi kurang mantap hihihi …

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^