Manfaat Penggunaan Thermometer Pada Oven Tangkring

Termometer oven

Thermometer Oven adalah termometer tahan panas karena memang harus dimasukkan ke dalam . Termometer ini dipasang di dalam dengan cara diletakkan saja di rak atau digantung.

Termometer ini bisa saja “nice to have” tapi juga bisa jadi “must to have” terutama untuk yang ovennya belum punya pengatur suhu seperti tangkring. Tapi sebenarnya itu berbeda-beda cara mendefinisikan panasnya. Makanya bila kita harus memanggang di berbagai , sebaiknya memiliki satu termometer yang kita jadikan patokan setiap kali kita memanggang di yang berbeda-beda.

Aku memutuskan untuk membeli ini karena didorong rasa penasaran ketika gagal terus dalam memanggang kue kering dengan oven tangkringku. Yang hangus-lah, yang gosong sebagian-lah dan malah tidak matang di bagian dalam kue keringnya.

Akhirnya aku membeli dan mengerti bahwa suhu oven tangkringku memang terlalu panas untuk ukuran suhu panggang kue kering. Padahal api kompornya sudah aku set yang paling kecil, tapi tetap tidak bisa mencapai suhu rendah yang disyaratkan di resep. Kalau sudah begini, maka cara mengakalinya adalah dengan meletakkan berisi pasir di dasar untuk meredam panas dari kompor.

Kalau tidak memiliki termometer oven seperti, sulit juga untuk mengira-ngira apakah suhu oven kita sudah memenuhi syarat seperti di resep. Beberapa resep memang tidak terlalu sensitif dengan suhu oven, tapi banyak resep yang sangat sensitif dan suhu oven ini berpengaruh besar dalam keberhasilan membuat kue.

Dan walaupun aku sudah menggunakan oven gas ukuran medium dengan petunjuk termometer yang terpasang di pintu oven, aku tetap menggunakan termometer oven yang aku masukkan ke dalam oven.

Hal ini aku lakukan karena suhu yang ditunjukkan termometer oven yang terpasang di pintu oven lebih rendah daripada suhu sebenarnya di dalam oven. Awalnya karena aku bingung saja, tapi memang lama-lama aku paham juga bila termometer oven menunjukkan suhu 150C itu bisa jadi suhu di dalam oven sudah mencapai 180C. Untuk kue yang sensitif terhadap suhu seperti misalnya macaron, suhu yang tidak pasti begini akan menyulitkan, karena itu aku tetap masukkan termometer oven.

Artikel Lainnya:

35 Comments

  • El Corner 16/06/2017 at 20:1800 Reply

    Hi mba saya mau tnya,

    Saya baru jg pake si thermo oven ini. Perdana nyobain lgsung bkin nastar dgn note resep suhu 140c selama 30 menit. Sblm dipake oven sdh saya panaskan smpe suhu 140c, stlah itu lalu saya masukkan loyang nastar selama 30 menit sesuai resep. Hasilnya nastar gosong kabeh ? Kira2 yg salah dmn ya mba? Pdhl saya udh ngikutin resep bgt ttg suhu ovennya. Oven saya oven listrik

    • cakefever 17/06/2017 at 08:1900 Reply

      Hai El… Waah serius itu suhunya 140 C? Kok bisa gosong kabeh ya? Apa pakai api atas bawah dinyalakan bersamaan ya? Kalau iya, kemungkinan besar api atas oven listrik yang bikin nastarmu gosong kabeh … coba dibuat lagi tapi pakai api bawah saja. Suhu bisa 150 C – 160 C

      • El Corner 17/06/2017 at 18:4900 Reply

        Iyaa pake api atas bawah. Oohh kalo pake oven mmg bs pake api bawah aja ya? Haha baru tau, kirain mmg hrus nyala api atas bawah. Jd kalo pake api bawah aja nastar bs ttep mateng yaa bagian atasnya?xixixi katrok bgt ga tau nih ?

        • cakefever 18/06/2017 at 21:1400 Reply

          hihihi… tenanggg, been there done that kok El … api bawah aja cukup, karena permukaan kue akan terkena panas dari atap ovennya. Kalau udah coba bikin lagi, kabar-kabari ya El ^_^

  • Erna 05/10/2016 at 12:1200 Reply

    Salam kenal, nama saya erna dari medan, mau nanya website nya mbak pakai jasa web hoster atau bikin sendiri ya? Gimana caranya supaya di approve sama google ads? Terima kasih sebelumnya, semoga berkenan menjawab. Terima kasih mbak…

    • cakefever 17/06/2017 at 08:1800 Reply

      Hai Erna, pakai hosting sendiri. Supaya diapprove google ads, simple saja, jangan buat artikel copy paste dari blog orang lain.

  • Inggrid Mariane 06/05/2014 at 13:4300 Reply

    Salam kenal mba, saya baru nyoba termometer oven ini. Tp setelah dipakai kok jarumnya tetap diangka 200 derajat yah. Biar udah dingin jg. Gmn ngakalinnya? Apa termometernya lgs rusak?

    • cakefever 06/05/2014 at 17:2900 Reply

      Punyaku sih kalau sudah dingin atau menjadi panas, jarumnya berpindah tempat sesuai suhu yang ditunjukkan siy … mungkin Termometernya sudah rusak? itu termometer yang nempel di ovennya atau yang lepasan seperti di gambar atas?

  • Wita Hana Pertiwi 17/04/2014 at 14:0200 Reply

    salam kenal mba, mo nanya beli termometer oven itu dimana? btw akus enangs ekali dengan web ini, sangat menginspirasi 🙂

    • cakefever 19/04/2014 at 09:0000 Reply

      Di AceHardware 🙂

  • lilies 14/05/2013 at 21:5807 Reply

    Mba….cara pake termometer oven tangkring itu jarumx di nol kan dl gt ya ? Terus ntar ovenx dipanaskan terus jarumx naik sendiri atau gmn….msh bingung cara pake termometer yg nempel di oven…..makasi mba

    • Ferona 09/06/2013 at 22:4806 Reply

      Kalau thermometer yang di oven tangkring setahuku gak bisa di-nolkan. Tapi mungkin di oven-mu bisa di-set ya? *barutau* … Jadi kalau mau dipakai, ovennya dipanaskan saja lalu tunggu sampai tercapai panas yang diinginkan. Nah cuma nanti jangan heran kalau suhu di oven yang kosong akan naik terus. Karena oven yang canggih akan menurunkan suhu apinya otomatis supaya panas tetap terjaga. Untuk oven tangkring, mau gak mau mesti kita kecilkan lagi apinya kalau kita lihat suhu di termometer meningkat terus.

  • siska tristiawati 13/04/2013 at 16:0719 Reply

    Assalamualakum.
    salam kenal mba. saya mau nanya. panas oven saya tidak rata. dan sudah saya pakai pasir di bagian bawah oven langsung tanpa pakai loyang. tapi tetap saja panasnya tidak rata. bagian sisi kanan dan kiri lebih sering gosong duluan. yang ingin saya tanyakan, jenis pasir apa yang digunakan ?. apa memang harus memakai loyang untuk tempat pasirnya ?. brp ketebalan pasir ?.
    maaf ya mba, pertanyaannya borongan…hehe…
    terima kasih banyak

    • Ferona 13/04/2013 at 23:3156 Reply

      Walaikumsalam …

      Ovennya oven tangkring kan ya? Klo aku gak pernah langsung taruh pasirnya, apa gak berantakan ya? Biasanya ditaro dulu di loyang. Loyangnya selebar dasar ovennya. Ini sebenarnya untuk meredam panas api kompor yang biasanya membuat bagian dalam oven terlalu panas, sehingga harus terus dijagain dan klo sudah terlalu panas, besar api di kompor harus dikecilkan.

      Soal tebal pasir dan detail lainnya, gak ada patokan khusus. Memang harus disesuaikan dengan kondisi oven masing-masing.

      Kalau sisi kiri dan kanan gosong, coba diputar loyangnya. Oven gasku yang bukan otang juga masih tetap gak rata panasnya, jadi memang harus diputar loyangnya supaya bisa dapat panas yang rata.

  • devira 21/12/2012 at 19:4930 Reply

    Mb mau tanya bli termometer ovennya dimana? Aku cari susah banget. Mohon infonya

    • Ferona 25/12/2012 at 10:1442 Reply

      Aku beli di Ace Hardware … kadang-kadang di Toko Bahan Kue juga ada yang jual, Dev …

  • liliserna 28/09/2012 at 16:5902 Reply

    mbak,klo suhunya sudah sesuai dengan yg diinginkan itu termometernya dikeluarkan gk dari oven?

    • cakefever 03/10/2012 at 07:3016 Reply

      Gak usah dikeluarkan gpp. Mlh bisa dipantengin apakah suhu dlm oven stabil atau naik turun.

  • erin 10/07/2012 at 21:5609 Reply

    hy mba yg baik hati,,,, salam kenal y,, mw konsul neh (duh baru kenal udah maen konsul z,,, hehehee)^^\/
    setelah nemu blog ini seneng banget bwt newbie kyk sy yg pengen belajar baking tapi ga punya bakat,, subhanallah isi blog’y ilmu smw,, jazakillah bwt mba,,
    kemarin sy baru beli si termoven ini via online, begitu brg’y datang lsg dunx di tes,, sambil ngocok telur oven dipanasin si termoven lsg dimsukin ke oven, ternyata tricky bgt y ngatur api’y supaya dapat suhu yg diinginkan, akhir’y pas deh suhu oven sesuai dgn resep, trus masukin dech loyang yg yg berisi adonan dan lsg panik,, ternyata suhu si termoven menunjukan terus turun drastis,, jd binun ,, api’y harus digedein lg atw tetap ], cz sebelum loyang di msukan k oven suhu’y udah stabil,, tolong pencerahan’y mba,,, tq,, jazakillah mba,,,

    • cakefever 25/09/2012 at 13:5659 Reply

      Halu erin,

      Tiap membuka tutup oven, suhu dalam oven turun sekitar 25 C. Jadi makanya jangan buka tutup oven lama-lama, dan juga ada resep kue yang melarang kita membuka tutup oven selama paling tidak seperempat waktu panggang supaya kue gak gagal krn suhu oven mendadal drop.

      Nah klo adonan sudah masuk ke dlm oven lalu suhunya drop, itu juga wajar kok. Asalkan dropnya gak jauh2 amat. Karena panas yang tadi diterima si termometer vjadi terhalang loyang, kalau termo digantung.

      Kalau aku, biasanya gak aku naikin lagi suhunya. Yang penting saat oven dipanaskan suhu sudah stabil.

  • bunda ariq 15/06/2012 at 14:0025 Reply

    Hai, salam kenal…
    Saya termasuk newbie in the kitchen.. Sekarang ini lagi seneng-senengnya eksperimen dengan resep kue, setelah sukses bikin banana cake dan prol tape 🙂
    Seneng banget ketemu artikel-artikel yang bermanfaat buat baking beginner kayak saya.
    Keep sharing yaa… Thanks a lot for the valuable articles.

    • cakefever 15/06/2012 at 14:1322 Reply

      Haii Bunda Ariq … salam kenal juga yaa.. Ditunggu juga sharingnya loh … 😉

  • ninie 27/02/2012 at 09:5340 Reply

    mbak utk ace homecentre dimana ya mbak ? kok hrgnya sangat murah sekali

    mhn infonya , tks

    • cakefever 27/02/2012 at 13:2057 Reply

      Acehardware di jakarta … itu harga dulu pas aku beli.. sekarang aku ga tau harganya lagi .. cek aja ya di ACEHW, atau kadang2 di Toko bahan Kue juga ada yang jual ini …

  • fika 05/03/2011 at 22:1526 Reply

    Mba, aku td cari di ace hardware klp gading, artha gading juga ga ada. mba blinya di ace hardware mana?
    thx

    • cakefever 10/03/2011 at 08:0457 Reply

      Ace Hardware artha gading. Kapan hari aku lihat di ace hardware buncit masih ada tuh oven thermometernya. Lagi habis aja kali ya stoknya…

  • mou mou 21/02/2011 at 21:4255 Reply

    mau tanya mbak, kira2 harga oven thermometer berapaan ya? dan bisa didapat dimana kalo semisal susah nemu ace hardware? terima kasih

    • cakefever 16/03/2011 at 17:3723 Reply

      Harganya 99ribu diskon 20% 😀 Di toko bahan kue biasanya suka ada. Atau kalau gak ada, coba cari penjual baking tools online, di Facebook banyak juga yang jualan online tuh …

      • mou mou 24/03/2011 at 14:2527 Reply

        alhamdulillah mbak, kapan itu saya sudah menyempatkan diri jalan2 ke ace homecentre ternyata nemu. harganya 60rb-an diskon 20% jadinya cuma tingga 49rb, hehehhehe

        • cakefever 24/03/2011 at 21:3702 Reply

          Alhamdulillaah.. wahh kamu dapat thermometer dgn harga sangat ekonomissshh … 😀

  • dhean 11/02/2011 at 14:3615 Reply

    Siip mbak…hampir smua resep mbak udah ak coba….
    Uenak poll mbak….makasih mbak…..

  • ocha 08/02/2011 at 19:5810 Reply

    mba fe, maksudnya loyang berisi pasir tuh di taro di bawah kompor y?

    • cakefever 09/02/2011 at 16:1841 Reply

      Bukan di bawah kompor, tapi di bagian bawah otangnya… di alas otang, dikasih loyang yang dikasih pasir utk meredam panas dari bawah.

  • dhean 06/02/2011 at 18:4000 Reply

    Ass.mbak belinya biasanya dimana yah? Saya disolo nih….
    Beli loyang muffin aja disini susah mbak…klo
    Yg online ada gak yah mbak…
    Sy jg sukanya gosong separuh mbak….
    Makasih byk yah mbak…nanya mulu nih…hihihi
    Wass.

    • cakefever 09/02/2011 at 16:1729 Reply

      Aku beli di Ace Hardware. Tapi di Toko Bahan Kue juga sering ada tuh. Kalau online, coba saja lihat titanbaking.com yaa

Leave a Comment

%d bloggers like this: