Jeng Rini pelanggan setia kue Goldoven suatu hari bertanya apakah aku juga menjual Carrot Cake.

Hmmm dulu aku pernah buat siy, pake resepnya siapa gitu. Tapi hasil akhirnya masih belum memuaskan, rasanya rada aneh dan akhirnya resep itu terlupakan olehku.

Naah karena Jeng Rini terlihat antusias dengan Bolu Wortel alias Cake Wortel yang tampaknya enaaagh itu, maka dari itu aku pun menjadi penasaran pengen bikin Carrot Cake yang enak.

Cumaa repotnya kalo bikin kue yg belum pernah nyicipin versi enaknya, mau nge-benchmarknya bingung kemana, mosok harus ke Amsterdam tempatnya dulu Jeng Rini makan kue wortel yang lekkeer itu?

Truss mulai percaya Cake Wortel ini pasti spesial rasanya, karena aku melihat di lemari pendingin supermarket terkenal ada frozen Carrot Cake! Waah kalo kue ini rasanya biasa-biasa aja, mosok iya sampai ada versi bekunya? So pasti kue ini punya penggemar tersendirinya πŸ™‚

Baidewei eniwei baswei, aku riset resep sana-sini … dari mulai resep Martha Stewart, Joy of baking sampai ke EpicuriousΒ kujelajahi untuk melihat-lihat komposisi resepnya. Rata-rata isinya sama sih, cuma beda di komposisinya dan penambahan unsur-unsur buah kering seperti dan kacang.

Dan di bawah ini adalah resep Carrot Cake yang sudah aku sesuaikan dengan seleraku πŸ™‚

Resep Carrot Cake:

Bahan-bahan Carrot Cake:

6 butir
200 gram gula pasir
100 gram gula palem
2 sdt garam

260 gram tepung terigu protein serba guna
2 gram Baking Powder Double Acting
1 gram cinnamon bubuk (bubuk kayumanis)

450 gram wortel (parut halus dan jangan diperas airnya)
150 gram minyak sayur

100 gram keju cheddar parut untuk topping

Cara Membuat Carrot Cake

  • Kocok , gula, garam hingga kental dengan speed tinggi. Masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental dan meninggalkan jejak.
  • Ayak bahan kering, kemudian masukan kedalam adonan dengan speed rendah hingga tercampur rata.
  • Masukkan wortel parut, aduk rata dengan spatula.
  • Masukan minyak perlahan ke dalam adonan hingga tercampur rata.
  • Tuangkan kedalam loyang bundar 20-22 m yang telah dialasi kertas.
  • Panggang dengan suhu 180ΒΊC selama 30 – 45 menit (lakukan tes tusuk).
Baca Juga:  Resep Bolu Kukus Pandan dengan Santan

Dan hasilnyaaa kuenya memang enaaak… Sepotong tak pernah cukup! Apalagi makannya dengan teh hangat. Wuiiihh … saking enaknya, aku udah ndak semangat lagi mau buat cream frostingnya. Lha wong cakenya begini saja sudah enak kok!

Hasil akhir Carrot Cake dengan resep ini adalah cake yang moist dan lembut. Tidak ada jejak bau langu wortel karena tertutupi wangi kayu manis (cinnamon) yang menguar. Plus karena aku mengganti sedikit gula pasir dengan gula palem, membuat rasa manis kue ini pas dan mantap.

Kalau mau coba resepnya, pakai wortel import yang gede dan warnanya oranye menyala itu yaa… Rasanya lebih manis dan warnanya cantikkk … πŸ™‚

Artikel Lainnya:

72 Comments
  • mamah alief & bunga
    says:

    Mbak Fer…aku dah coba enak.. anak2 dan suami ku doyan katanya sama sekali ga terasa wortelnya. Mo tanya hasil kuenya emang agak padet gitu ya? ternyata kue ini bisa bertahan sampai 3hari tapi harus masuk lemari es dan menurut ku rasanya jadi muantep setelah di dinginkan. Makasih ya mbak….

  • Grace
    says:

    Salam kenal mbak…. kemarin eike dah nyoba resep carrot cakenya… dan hasilnya eunakkk (kata keluarga dan tetanggaku)… hihihi makasih ya udah sharing… tetanggaku sampai tidak mengira bahwa ini adalah percobaan bikin kueku yang pertama… top markotop resyepnya lgs berhasil πŸ™‚

    But, meski yang lain bilang rasanya eunak… tapi eike merasa masih kurang moist.. apa karena minyak sayurnya aku kurangin yah ? ngak pede rasanya ngasih 150 gr kemarin.

    Trus bener ngak sih 250 gr telur setara dengan 5 butir telur ?
    Apa karena itu ya mbak.

    But aniwei, evrione happy. Ngak sabar mau menunggu wiken dan mencoba resep yang lain (apalagi dgn kondisi hujan seharian… teteup happy di rumah)

    #hugs

  • lia
    says:

    Mbak salam kenal ya..
    Aku dah nyobain resep nya.. Rasanya enak.. Tp kue ku tengah nya msh rada basah gitu, kenapa ya mba? Dan waktu dibakar kenapa kue nya ga wangiii?
    Trus cara buat frosting cheese nya gimana? nanya lagi dong mba, kalo bubuk kayu manis yg bagus merek apa ya?
    Maaf ya mba kebanyakan nanya nya … Tq

  • shemissa
    says:

    kalo misale pake mmetode gula n mentega di kocok dulu baru telure di masukke satu-satu bisa nggak mbak??soale ak pernah diajari temen buat cake tp kq metodenya gitu y….

    • cakefever
      says:

      di resep ini gak pakai mentega Sa… pakainya minyak goreng. Jadi memang gak ada mentega yang dikocok.

      kalau mentega dikocok dulu dengan gula, itu metode untuk butter cake. Tergantung resepnya ya …

  • vera
    says:

    mba…slm kenal yah, aku udh coba bikin tp kok setengah gagal… hikz… pas di oven atasnya mateng, tp begituh kutusuk adonannya sm sekali g ada perubahan alias mentah. begitu kubuka/ku kerok atasnya, dalamnya ternyata setengah sudah jd spt spongecake gt, tp setengahnya mentah/adonan msh encer. kenapa ya mba??

    • cakefever
      says:

      apinya mungkin terlalu panas, Ver… cake ini kan berat karena ada wortel parut di dalamnya. Suhu oven yang terlalu panas membuat permukaan cake cepat matang/mengering, sementara di dalamnya masih basah. Atau bisa juga karena Vera menggunakan loyang yang tinggi. Di sini aku pakai loyang yang tingginya 4 cm-an. Loyang pendek, supaya bisa matang sampai ke dalam.

      Nah, vera pakai loyang ukuran berapa?

  • mie
    says:

    mba..nyontek resepnya ya..hehehe
    drpd nganggur drmh,niat mw bikin carrot cake aja ah..
    jd emulsifiernya ga dipake ga apa2 y mba??

  • mei
    says:

    Mbaaa.. Uenakk dehh, suamiku suka.. Pake gula palem lebih banyak dari gula pasir, wortelnya import, toppingnya taburan gula halus+ irisan kiwi n stroberi.. Cantik dehh.. Makasiiih mba *bighug*

  • Laily
    says:

    Mbak Fer,,kuenya nampak lezat dan mudah bikinnya. tapi kalo misalnya metodenya diganti jadi dikukus, gimana ya mbak?penyesuaian2 apa yang diperlukan? maklum blum ada oven nih ^_^

    • cakefever
      says:

      Hmmm aku belum pernah mencoba kue ini dikukus. Tapi dipanggang saja, kue ini sudah moist krn ada air dari carrot cakenya … Klo Laily mau eksperimen, coba saja dikukus dg resep yg sama …

    • cakefever
      says:

      Hmmm aku belum pernah mencoba kue ini dikukus. Tapi dipanggang saja, kue ini sudah moist krn ada air dari carrotnya. Apalagi klo pake wortel yg gede2 itu … Klo Laily mau eksperimen, coba saja dikukus dg resep yg sama …

      • Laily
        says:

        alhamdulillah berhasil carrot cake kukusnya πŸ™‚ walopun pas jadi tuh penampakannya kaya adonan bakwan.. tapi yang penting teksturnya pas banget :)oya, wortelnya aku peras habis, trus minyaknya juga 2/3 takaran aslinya.

      • Laily
        says:

        mbak, ternyata yg penampakan seperti adonan bakwan kemaren tu karena ga pake gula palem,, tp full gula pasir. (dan ga da fotonya mbak,, malu, hihihi) barusan aku bikin lagi pake gula palem, penampakannya jadi coklat full sampe ke tengah kue, ga seperti gambar yg punya mbak Fe itu yg tengahnya kuning. gapapa dewh, yang penting enak (menghibur) πŸ˜€

  • sari
    says:

    oo gitu ya mba fer…maklumlah masih bayi dlm perbakingan.makasih banyak ya mba udh jawab pertanyaanku.seneng deh jadi ada tempat berguru.

  • sari
    says:

    hallo mba fer…carrot cake ku hasilnya ga kaya punya mba.tapi enak sih mba..aku pake wortel import terus aku blender.pas ngeblender aku tambahin air dikit.trus aku timbang lagi sesuai resep..hasilnya cake nya jadi agak basah.kenapa bisa begitu ya mba.. πŸ™

    • cakefever
      says:

      Wortel import sudah mengandung banyak air, dan kamu tambah air lagi untuk memblendernya. Itu sebabnya cake wortelmu jadi agak basah. Seharusnya tidak perlu ditambah air lagi, bahkan beberapa teman sedikit memeras air wortel importnya supaya cake-nya tidak terlalu basah.

  • sari
    says:

    mba..saya baru coba bikin carrot cakenya..mau nanya dong mbaa.. adonannya cair ya..?kok punyaku adonannya cair.skrg masih di oven udh lebih dr 40 menit aku test tusuk masih basah.kenapa ya mba?makasih..#penasaranabis

    • cakefever
      says:

      Halo Sari .. baru baca nihh… jadi gimana carrot cakenya? Sukses?

      Kalo pake wortel import dan wortelnya tidak diperas maka kue ini memang jadinya basah atawa moist gitu. Pake loyang tinggi atau loyang brownies seperti yang aku lakukan?
      Kalau loyang tinggi, panas oven turunkan jadi 170 atau 160C dan waktu panggang lebih lama…

  • nurul
    says:

    baru muncul nih mba… ^^a
    dah lama nda singgah ke sini..
    cake yg lain yg pernah sy bikin alhamdulillah 4 hari masih tahan.. apalagi lapis surabaya 1 minggu nda berubah rasa & baunya.. ttp sama..
    cm yg carrot cake ini yg hari ke 2 langsung tengik & berlendir.. hiks2.. padahal niat nyisain separuh tuk di kasih ke temen, nda jadi dehh…

  • ary
    says:

    Mbak… salam kenal, sy udh coba resepnya, tp ko kuenya bagian atasnya bagus, tp bagian bawahnya bantat (sy emang baru banget belajar bikin kue, sebelumnya belum pernah bikin kue :))

    Apa yg salah yang mbak? apa pengocokan telurnya kurang lama gitu ya? yang bikin kue bantat apa ya mbak?

    • cakefever
      says:

      bantat karena adukannya mungkin kurang rata, jadi ada minyak/mentega yang mengendap di dasar kue jadinya bantat. Sudah ngaduk pakai metode aduk balik? pake spatula besar?

      • ary
        says:

        Waahh, senengnya udh dijawab.. πŸ˜€

        Iya, ngaduknya udh pake metode aduk balik, tp gak tau deh, bener apa engga ya caranya.. πŸ˜€
        Sy ngaduk pake spatula kecil mbak… apa harus pake yg besar?

  • nurul
    says:

    hai mba… ^^
    salam kenal yaa..
    sy ud cb carrot cake nya loohh… ud 1 bulan yg lalu..
    hmm… yummy…
    tp, qo cake sy nda tahan lama yaa…
    cm tahan 1 hari… besoknya langsung tengik…
    advice nya dunk..??? ^^
    trims

    • cakefever
      says:

      cakenya disimpan dimana?
      Kalo aku, biasanya cake wortel ini taro di luar kulkas, dua harian masih baik2 saja. Gak pernah lebih dari 2 hari naro cakenya di luar kulkas, biasanya klo sehari masih ada, langsung aku simpan di kulkas…

      • nurul
        says:

        hehehe… baru bs leave coment skrg… ^^a
        kemaren2 blm ada kesempatan..
        cake nya sy taro di luar kulkas qo, mba..
        soalnya sy mikir, ni cake lembab. klu di simpen di kulkas ntr jd kering, nda enak..
        cake sy cuma tahan 1 hari.. hari ke 2 ud tengik.. hiks..hiks..
        jd rada takut mau bikin lg.. T_T

      • cakefever
        says:

        Carrot Cake memang gak terlalu tahan di luar kulkas karena ada wortel basah di dalamnya … apakah cepat tengik ini berlaku untuk carrot cake saja atau untuk semua cake yang pernah Nurul buat?

  • Fita
    says:

    mbak kemarin aku dah nyobak, manis banget karena aku pakai gula pasir semua, trus untuk yang ukurannya 1 gr pakai ilmu kira2 aja soalnya g bisa nimbang 1 gr, sebenarnya untuk 1 gram soda/bp/cinnamon bubuk seberapa banyak jika diukur pakai sendok teh?
    makasih resep-resepnya dan jawaban pertanyaannya

    • cakefever
      says:

      satu sendok teh kurang lebih hmmm utk cinnamon itu sekitar 5 graman kalo ndak salah deh… πŸ˜€ utk cinnamon pake ilmu kira2 gak papa kok.. tapi kalo utk Baking Powder atau baking soda, sebaiknya pakai ukuran yang tepat… kebanyakan bisa bikin kue meletus dan pahit sedang kalau kurang, kuenya bisa kurang mengembang …

      • Fita
        says:

        makasih mbak, oh ya ralat kemarin hagat2 di makan emang manis tapi ternyata besoknya pas.
        iya kemarin binggung 1 gram berapa banyak sekarang ada gambaran dr mbak, cinnamon 5 graman maksudnya?
        Insy Allah besok libur bikin yg lain dari resepnya mbak, sekali lagi makasi

  • boendonya_aira
    says:

    Kalau baking powdernya ama baking sodanya dskip, masih ngembang dengan cantik g mbak? Pengen bikin carrot cake tanpe bahan2 itu,biar anakku yg masih 1thn bisa ikutan makan juga.

    • cakefever
      says:

      Bisa … untuk Carrot Cake yang aku jual di Goldoven.com aku juga gak pake bahan-bahan pengembang… kuncinya adalah di pengocokan telur sampai kental dan mengembang. Silakan dicoba yaa…

      • Boendonya_aira
        says:

        siiip, can’t wait to try it. thank U for sharing ya mbak. oh ya salam kenal hehehe

  • Boendonya_aira
    says:

    aku dah nyoba resepnya, hasilnya….enaaaaaaaaaaaaaaaak banget. cakenya moist banget. dan wangi dari kayu manisnya bikin pengen nyoba cepat2 pas abis dikeluarkan dr oven. tapi untuk gulanya aku kurangin, soalnya suami dan mertuaku g terlalu suka manis. makasih ya mbak atas sharing resepnya πŸ™‚

  • naya
    says:

    mbak…aku mau ty..di resepkan pake minyak sayur kalo diganti minyak goreng blh gak? minyak sayur itu yg gmn sih? kalo u resep yg pake kulit jeruk lemon,bs diganti gak mbak? soalnya nyari jeruk lemonnya susah..:(, diganti ama apa ya?? thanks ya mbak… πŸ™‚

    • cakefever
      says:

      MInyak sayur itu ya minyak goreng Nay … πŸ™‚ Ini resep yang mana Nay? Klo untuk blueberry cheese cake, diskip aja gpp.. paling2 aroma lemonnya aja yang gak keluar…

  • puspa
    says:

    salam kenal mbak ver,,aq kpingin coba setengah resep dlu,,itu pake ukuran berapa ya,,n apa bisa pake mengembang klo pake oven tangkring biasaa mbak,,(ovenku merk hock)makasih ya mbak,,

    • cakefever
      says:

      setengah resep, tinggal dibagi dua aja ukurannya πŸ™‚ Ukuran loyangnya dikecilkan. Oven tangkring bisa, aku pertama bikin yang difoto ini juga pakai oven tangkring.

  • fitri f
    says:

    enak mba resepnya saya sudah cobain…dahsyat deh pdhl br pertama x bikin hehehe makasih banyak

  • rinisuryadi
    says:

    cuma 1 kata aja deh mba bwt carrot cake na…Ueeenaaaaakkk…hehehe
    br ptama kali bikin dah brasil..hohoho…^o^ makasiy ya resep na mba…
    cuma mba, wkt awal2 ngembangna cakep bgt ba,,trus pas tgl 10mnt lg aku kluarin bwt kasih parutan keju (aku males bikin frosting chiz na,,hehehe),eh ko pas mtg dikluarin jd turun ya mba??
    Btw mba, bikin kulit pie yg bagus gmn y mba? Maklum,,penggemar pie..hehehe

    • cakefever
      says:

      hemmm… turunnya dikit kan ya? gpp kok .. :d yg penting gak bantet πŸ˜€

      Kulit Pie? Belum pernah bikin… yuk mariii cari resepnya sama-sama πŸ˜€

  • affien
    says:

    Mbaaakk..aku udah nyoba carrot cake ini…cuma waktu itu gulanya aku ganti gula palm semua, pikirku bakal enak nii. enak bener siih mbak, cuma waktu itu aku jadiin dua loyang kotak ukuran 20x 10cm..masalahnya yang satu sukses ni mbak, yang satunya kenapa ngempis di tengah gitu ya? apa waktu manggangnya yang kurang lama ya?

    • cakefever
      says:

      ngempis di tengah? kok bisa ya? eh malah nanya balik πŸ˜€

      yang kempis yang ditaro di rak atas atau bawah? dipanggang bersamaan kan? apa diantri?

  • affien
    says:

    Mbak, salam kenal dulu dech….ijin nyoba resepnya ya..kebetulan besuk libur…thanks be4…:)

  • ocha
    says:

    mba….ocha ud coba ini resep…enak bgt….cuman warnanya g bs seperti punya mba, coklat muda. punya ocha warnnya coklat tua, mungkin krn td kebanyakan gula palem kali y. trus emang wortelnya g kerasa lo….trus kayu manisnya ocha pake dikit aja, karena g kuat baunya. pokoke top deh yg ini

  • funky fun-T mimi allegra
    says:

    carrot cake mang enagkkhhhhh….. pernah coba bikin pake resep budeku waktu dia masi tinggal di amrik (nemu pas bongkar2 file lama), seingetku resepnya pake gula palem semwa, lebih nyosshh deh…

    **masalahnya, tu resep hilang huaaaaaaaaa……. πŸ™
    secara budeku ga suka masak, doi jelas ga inget deh butuhnya apaan aza… tar cuba resep mba ahh

    • cakefever
      says:

      Huwaaa, padahal aku pengen coba juga resepnya :((

      Sila dimodif aja pake gula palm atau brown sugar (waks! Jadi mahal di ongkos deh hehehe)

      • funky fun-T mimi allegra
        says:

        ya gitchu dueh hehehe… yang harusnya 11rb sekilo jadi 24rb sekilo qeqeqeeeee… πŸ˜€
        tar kucoba bongkar2 gudang file deh (gara2 pindahan ni, file2 lama agak ketlingsut) πŸ™

  • Mama Aykel
    says:

    Yipppppppy, carrot cake dah kelaaaar .. now is lasagna .. ditunggu dengan harap2 cemas ..

    • cakefever
      says:

      Siap! Gw mau coba satu resep lagi dari epicurious, direview 600 orang dan semuanya bilang enaaghh… wadoowwh, bikin gw jadi penasaran pengen nyoba bikin juga … sabar yaa πŸ˜‰

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^