Mengenal Kegunaan Spuit Kue dan Berbagai Macam Jenisnya

Hai semuanya! Bagi kita yang hobi baking, tentunya kita sudah kenal sama banyak alat-alat yang dipakai untuk membuat kue. Mulai dari loyang, mixer, hingga balloon whisk, sudah pasti kita khatam banget dengan alat-alat tersebut. Yang nggak ketinggalan adalah spuit kue, yang biasa kita gunakan untuk menghias cake.

Tapi, mungkin tetap saja ada beberapa orang yang nggak tahu dengan spuit kue. Sudah pernahkah kamu pakai spuit kue untuk menghias cake, atau yang lainnya? Berikut ini aku akan bahas beberapa hal tentang apa itu spuit kue, dan aneka macam jenis spuit kue yang harus kamu ketahui. Yuk, langsung cek penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Spuit Kue?

Spuit kue merupakan alat baking yang terbuat dari besi kecil dengan bentuk yang mengerucut. Biasanya, spuit kue ini digunakan untuk membentuk krim, yang kemudian akan menghiasi kue supaya terlihat lebih cantik. Untuk menggunakan spuit kue, kamu juga memerlukan piping bag sebagai wadah krimnya.

Kalau kamu ingin menghias kue menggunakan krim dan spuit kue, kamu harus memasukkan spuit kue ke dalam plastik piping bag. Setelah itu, masukkan krim yang akan kamu aplikasikan pada kue ke dalam piping bag yang sudah diisi dengan spuit kue. Lalu, potong bagian ujung plastik yang sudah dipasangi spuit kue, setelah itu kamu sudah bisa mengaplikasikan krim yang dibentuk cantik menggunakan spuit kue!

Baca Juga:  Cara Atasi Perbedaan Voltage Pada Mixer KitchenAid

Macam-Macam Spuit Kue dan Kegunaannya

Sayangnya, banyak yang nggak tahu kalau spuit kue ini punya banyak jenis, dengan kegunaan yang berbeda-beda juga. Berikut ini macam-macam spuit kue dan kegunaannya yang harus kamu ketahui!

1. Spuit Kue Daun

Spuit Daun | Toko Firna
Spuit Daun | Toko Firna

Spuit daun merupakan spuit kue dengan bentuk mengerucut, yang di bagian ujungnya berbentuk mirip dengan daun. Spuit daun digunakan untuk menghias kue, bila kamu ingin membuat hiasan dengan bentuk daun yang cantik. 

Saat menggunakan spuit daun, posisi tangan dan spuit harus agak miring supaya hasilnya terlihat lebih sempurna. Ukuran daun yang ingin kamu bentuk pun bisa disesuaikan sesuka hatimu.

2. Spuit Kue Pita

Spuit Pita | Toko Firna
Spuit Pita | Toko Firna

Pada umumnya, spuit pita memiliki bentuk mengerucut, dengan bagian ujung yang berbentuk pipih memanjang. Namun, beberapa spuit pita juga ada yang berbentuk gerigi dengan motif yang lebih polos. Biasanya, spuit pita ini cocok digunakan untuk membuat hiasan berbentuk pagar supaya cake terlihat lebih cantik.

3. Spuit Kue Mawar

Spuit Mawar | Blibli
Spuit Mawar | Blibli

Seperti namanya, kamu pasti sudah tahu bahwa spuit mawar berfungsi untuk membentuk hiasan krim bunga mawar. Spuit mawar sendiri berbentuk mengerucut, dan memiliki bentuk pipih di bagian ujungnya. Untuk menggunakan spuit mawar, kamu bisa dibantu dengan paku mawar sebagai alas, supaya hasil bentukan krim bunga mawar terlihat lebih cantik dan sempurna.

Baca Juga:  Tips Memanggang Menggunakan Teflon

4. Spuit Kue Polos

Spuit Polos | Blibli
Spuit Polos | Blibli

Spuit polos merupakan salah satu jenis spuit kue yang paling banyak digunakan oleh para bakers. Jenis spuit kue yang satu ini memiliki bentuk mengerucut, dengan bagian ujungnya yang berbentuk lubang kecil saja. Biasanya, spuit polos ini sering digunakan untuk membuat hiasan krim yang simpel, seperti bentuk garis, titik, hingga menuliskan ucapan yang biasanya di kue ulang tahun.

5. Spuit Kue Bintang

Spuit Bintang | Shopee
Spuit Bintang | Shopee

Berikutnya adalah spuit bintang. Bagian ujung spuit bintang ini pada umumnya memiliki motif yang bentuknya mirip seperti bintang, dengan 3 sampai 5 sudut. Biasanya, jenis spuit kue yang satu ini digunakan untuk membuat hiasan bunga kecil yang ditempatkan di pinggiran kue, atau bahkan bagian atas kue.

Untuk melihat tipe-tipe spuit lainnya dan cara menggunakannya, bisa dilihat di video di bawah ini.

Nah, teman-teman, itulah tadi informasi singkat mengenai spuit kue yang dapat aku berikan ke kalian kali ini. Sudahkah kamu memahami berbagai jenis dan kegunaan spuit kue? Semoga tulisanku kali ini bisa jadi referensi baru untukmu, ya!

Baca Juga:  Mengenal Sendok & Cup Pengukur
By Arnetta

Aku suka menulis tentang makanan, tapi jujurly lebih suka makannya doang. I'm Netta and very nice to meet you all!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading