Resep Kue Putri Salju NCC Anti Gagal & Anti Lengket

Kue Putri Salju NCC

Kalau lebaran yang lalu aku membuat kue kering Putri Salju dengan resep mba Arfi, maka lebaran kali ini, aku membuat kue kering Putri Salju dengan resep dari mba Fatmah NCC.

Jujurrr, kalau soal rasa aku lebih suka rasa kue Putri Salju resepnya mba Fatmah karena lebih gurih. Saking gurihnya, kue putri salju resep mba Fatmah dimakan tanpa dibaluri gula halus pun sudah enak. Tapi kue Putri Salju kalau gak berbalut gula halus yaa namanya bukan dong ya 🙂 Lha wong aku yakin kuenya itu diberi nama karena berbalut gula halus berwarna putih laksana salju gittuu… 🙂

Ohya problemku saat pertama kali mencoba resep kue Putri Salju mba Fatmah ini adalah di proses pembentukannya. Adonannya lembek dan lengket sehingga ketika dicetak dengan cetakan bulan sabit, adonannya sulit dilepaskan dari cetakannya itu. Padahal sudah aku masukkan ke dalam kulkas 30 menit sebelum dicetak, tapi tetap lengket.

Dan sekarang mau bikin lagi, tantangannya adalah bagaimana caranya supaya si adonan gak menjadi super lengket. Soalnya aku baca di milis dan blog teman-teman lain yang mencoba resep kue Putri Salju NCC ini kok ya gak ada keluhan lengket … Pastinya ada yang salah dengan proses yang selama ini aku lakukan, karena Baking is Engineering. Ketika semua prosedur sudah dilakukan dengan benar maka hasilnya pun harus benar 🙂 Kalau hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, berarti ada prosedur yang belum benar …

Untuk mengetahui prosedur mana yang masih kurang benar, aku mengevaluasi semua tahapan proses pembuatan kue Putri Salju mba Fatmah NCC ini.

Dan berikut ini adalah perbaikan yang aku lakukan untuk membuat adonan kue Putri Salju bisa dicetak:

  • Pastikan sudah didinginkan di dalam kulkas dan dipotong-potong seukuran dadu ketika siap untuk diblender.
  • Selalu gunakan gula halus. Kalau tidak punya gula halus, blender saja gula standar yang ada di rumah sampai menjadi tepung. Hal ini untuk memastikan tidak perlu dikocok terlalu lama dengan mikser, menghindari minyak keluar dari si tersebut yang bisa membuat kue jadi melar.
  • Aku menyimpan adonan di kulkas lebih dari 30 menit. Kira-kira satu jam setengah. Disimpan dengan cara adonannya dibungkus dengan plastik lengket (cling wrap). Dan ketika proses pencetakan berlangsung pun, adonan sisa tetap disimpan di dalam kulkas
  • Pada saat mencetak, cetakannya dibaluri . Aku mencoba menggunakan minyak di cetakan, tapi malah jadi belepetan. Akhirnya cuma pakai terigu saja
Baca Juga:  Resep Roti Tawar Open Top yang jadi Roti Goreng

Dan setelah melakukan langkah-langkah diatas, alhamdulillah ya adonan kue Putri Salju-ku akhirnya bisa juga dicetak 😀

Kue Putri Salju NCC

Putri Salju NCC

Bahan Kue Putri Salju :

250 gram mentega — mentega aku simpan dalam kulkas supaya mentega dalam keadaan dingin ketika akan dimikser.
100 gram gula halus
200 gram kacang mete (panggang, haluskan) — supaya tidak keluar minyak dan menggumpal, blender kacang mete dengan sedikit terigu. Yang aku lakukan adalah mengambil sekitar 50 gram terigu dari total 250 gram terigu di dalam resep ini, aku campurkan ke dalam kacang mete lalu diblender sampai halus.
250 gram — jangan lupa diayak ya.

Bahan taburan:
150 gram gula bubuk, aduk dengan 1/2 sdt vanilli (optional)
gula donat secukupnya

Cara Membuat Kue Putri Salju NCC:

Kocok mentega dan gula halus dengan mikser hingga lembut, tapi awas hati-hati jangan sampai berminyak. Masukkan kacang mete halus dan tepung terigu, aduk rata dengan spatula. Bulatkan adonan bungkus dengan plastik lengket, simpan dalam kulkas ½ – 1 jam. Setelah adonan dingin, keluarkan ambil sejumlah adonan yang mau dicetak, sisanya simpan lagi dalam kulkas.

Kerjakan proses pencetakan. Kalau aku, aku giling dulu lalu dicetak dengan cetakan bulan sabit. Kalau masih terasa lengket di cetakan, baluri terlebih dahulu cetakannya dengan terigu.

cara mencetak adonan kue putri salju

Adonan kue Putri Salju sedang dicetak

Susun dalam tipis ( ), panggang dalam selama lebih kurang 20 menit, hingga matang. Suhu antara 170-175 C.

Adonan kue Putri Salju siap dipanggang

Setelah matang, dalam kondisi kue masih panas-panas, gulingkan dalam gula bubuk biasa. Setelah terbalut rata, gulingkan dalam gula donat.

Kenapa harus pakai gula donat? Apa bedanya gula donat dengan gula bubuk biasa?

Di dalam gula donat itu ada sensasi dinginnya, gak cuma terasa manis gula saja dan warna gula donat kelihatan lebih putih bersih daripada gula halus biasa. Jadi dengan sensasi gula donat, menurutku rasa kue Putri Salju pun akan lebih enak bila ditambahin guling-guling dengan gula donat juga. Tapi kalau gak ada gula donat, ya pakai gula halus saja.

Artikel Lainnya:

17 Comments

  • Irma Yanti 25/08/2014 at 09:2500 Reply

    Mba, aku baru coba resep ini kemarin. karena saya baru nemu juga web nya mbak Ferona. menurut teman-temanku yang icip-icip kue hasil buatanku ini katanya kemanisan mba, tapi menurutku so far so good, cuman aku ga bisa cetak karena adonannya lembek banget (padahal sudah masuk ke kulkas 1 jam) akhirnya aku bulet-bulet aja

    • cakefever 25/01/2015 at 08:1000 Reply

      iya bener.. adonan ini sulit dicetak. Mesti selalu dimasukkan ke dalam kulkas, sewaktu adonan menunggu untuk giliran berikutnya … putri salju buletmu cantiik loh 🙂

      • Irma Yanti 26/01/2015 at 13:4400 Reply

        Makasih mbak, aku juga makasih buat mbak Ferona yang udah ajarinnya detail banget bikin kue nya. aku juga share di blog ku mbak. sekarang lagi pengen cobain brownies bakarnya nih…
        Thanks a lot yaaa

        • cakefever 08/03/2015 at 00:5800 Reply

          Sama-sama 🙂

  • Annita Nya Denny via Facebook 15/01/2014 at 15:4608 Reply

    Ibu2 caem,apa bedanya gula bubuk n gula donat ??? Bukannya sama yaa ?????

  • Karina Senja via Facebook 15/09/2013 at 06:5210 Reply

    Iya siss udh bs trims

  • Karina Senja via Facebook 14/09/2013 at 15:3548 Reply

    Siss knp blognya ga bs dibuka yahhh huhuhu

  • Yeni Altaqy 07/09/2013 at 12:1300 Reply

    kalo pu3 salju nya gag dicetak gppa mba? mksdnya dibulet2in aja… hehe, biar lebih simple n cepet gituuh 😀

    • cakefever 08/09/2013 at 20:3900 Reply

      nggak apa-apa… 😀

  • Ratnasari Dewi via Facebook 23/08/2013 at 07:1048 Reply

    Sis ada ngga jual baling mixser bosch,saya punya patah

  • wiwied 21/08/2013 at 02:1400 Reply

    kesulitan dlm membuat kue ini klo bagi saya adalah proses menspuit,butuh perjuangan hikkss 🙁

    • cakefever 23/08/2013 at 17:0500 Reply

      Kue Putri Salju kan gak dispuit Wied… mungkin maksudmu kue Sagu Keju ?

  • Rini Sedianingsih via Facebook 15/08/2013 at 09:5220 Reply

    Ini bund resepnya kbetulan sy punya
    Putsal NCC (by fatmah b)
    Bahan:

    250gr mentega
    100gr gula halus
    200gr kacang mete (panggang, haluskan)
    250gr tepung terigu

    Bahan taburan:

    150gr gula bubuk, aduk dengan 1/2 sdt vanilli (optional)gula donat secukupnya

    Cara Membuat:

    Kocok mentega dan gula halus hingga lembut, tambahkan kacang mete dan tepung terigu, aduk rata.
    Bulatkan adonan, simpan dalam kulkas ½ jam, bentuk bulan sabit.(Ini yg bikin adonan gampang dibentuk)
    Susun dalam loyang tipis (loyang cookies), panggang dalam oven selama lebih kurang 20 menit, hingga matang.
    Panas-panas, gulingkan dalam gula bubuk biasa. Setelah terbalut rata, gulingkan dalam gula donat.

  • Cakefever.com via Facebook 14/08/2013 at 16:0115 Reply

    Aku barusan klik bisa terbuka, bun. Coba lagi ya

  • Bunda Nabila via Facebook 14/08/2013 at 15:3241 Reply

    linknya ngga bisa d buka mba…

  • tut adi 14/08/2013 at 12:0205 Reply

    Mbak ….
    ????? tanya resep cake ketan kukus donk…
    Sy sempet coba resep mbak tp kok hasilny tdk bbagus msh ??a?? adonan ???? blm matang dbawahnya dan ??a?? minyak 2 gitu
    Knapa bisa gitu ???
    ???? atasny udh bagus…
    Thanks

    • Ferona 14/08/2013 at 15:3756 Reply

      aku duga karena minyaknya turun ke bawah, berarti pada saat pengadukan masih kurang rata bercampur antara minyak dan adonan tepungnya … coba baca lagi artikelku tentang cara pengadukan …

Leave a Comment