Mau lebaran niih ceritanya, jadi biasanya pasti deh Mama minta dibuatin kue kering.

Hmmm -ku kata Mama tuh enak, tapi aku belum PeDe mau dijual, soalnya masih belum bisa bikin bentuk yang konsisten indahnya πŸ˜€ Biasanya nih batch pertama rapi, makin lama makin gak keruan bentuknya, antara udah capek dan malesnya muncul … hihihi.

Sudah bikin nastar, sagu keju … hmmm yang belum si Putri Salju. Kali ini aku pengen coba resep yang baru. Sebelumnya, aku sudah pernah bikin Putri Salju pakai resep NCC. Enak banget!

Tapi masalahnya buatku adalah kok ya walaupun adonannya sudah dimasukkan ke kulkas, tetap saja lengket dan sulit dicetak. Aku sudah coba pelajari semua step, tapi tetap saja adonan Putri Saljuku lengket dan sulit dicetak.

Akhirnya karena tak bisa dicetak pakai cetakan bulan sabit itu, Putri Salju dengan resep NCC seringnya aku pulung dengan tangan saja πŸ˜€ — dan karena sudah cukup manis, aku tidak lagi menabur dengan gula donat, tapi aku celup ke dark cooking cair, hehehe. Lain kali aku posting cerita bikin Putri Salju kejebur Coklatnya ya… πŸ™‚

Naah ini hasil tanya Paman Gugel, resep Putri Salju di blognya Arfi (sourcenya dari Dessert magazine, issues 5, p.73) yang foto-foto kuenya selalu bikin ngiler dan bikin ngiri (kok daku gak bisa-bisa yaaa motret secantik Arfi :D)

Kue Putri Salju

Resep Kue Putri Salju

Bahan Kue Putri Salju

225 gram butter, unsalted (bekukan atau dinginkan dalam kulkas terlebih dahulu)
285 gram terigu, ayak (kalau mau disangrai terlebih dahulu lebih bagus, aku sih nggak –males.com)
15 gram susu bubuk full cream
1-2 sendok makan gula halus
125 gram kacang mete, cincang kasar atau cincang halus kalau mau kuenya lebih meleleh di mulut
ΒΌ sendok teh extract (gak boleh ganti dengan vanili bubuk yaa)
Gula halus atau gula untuk taburan

Baca Juga:  Resep Donat dengan Donut Maker Anti Ribet dan Enak

Cara Membuat Kue Putri Salju:

Panaskan oven suhu rendah 140C. Pasang baking paper di cookie sheet atau loyang datar. Kalau mau serius bikin kue kering, sebaiknya memiliki loyang khusus untuk kue kering. Bentuknya seperti lempeng saja, jadi tidak ada dinding loyangnya. Aku beli di TBK Rossy. Gak tau deh di TBK lain ada atau tidak.

Kocok dan gula sampai putih (pastikan dingin supaya kocokan mentega tidak sampai berminyak – ini bisa bikin jadi mengembang tidak karuan). Masukkan terigu dan susu dengan cara diayak, aduk rata. Masukkan kacang mete dan vanila extract. Aduk rata.

Adonan sudah siap! Tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, sudah siap untuk dicetak pakai cetakan bulan sabit, bulan purnama atau bintang kejora … πŸ˜€

Setelah dicetak, panggang sekitar 15 menit (atau sesuaikan dengan oven masing-masing ya!). Cara mengetahui kue ini sudah matang atau belum, coba tekan dengan jari (hati-hati panas!), kalau kue sudah terasa keras dan tidak membal (hmm, ini apa istilah resminya ya?) maka berarti kue sudah matang.

Setelah kue agak mendingin, gulingkan di gula atau gula halus sampai tertutup rata. Siap santap!

Apa beda gula dan gula halus biasa? Gula itu lebih putih dan ada rasa dingin-dinginnya gitu kalo dimakan. Di TBK biasanya tertulis gula donat. Tapi kalo gak ada, pake gula halus biasa aja. Kalo aku di foto ini pakai gula yang aku blender sendiri, makanya jadi rada kekuningan … yang penting enaak!

Sudah Baca Yang Ini?

64 Comments
  • tuti
    says:

    Ya..ya…udah tau sekarang,kalo disini butter yg terkenal tuh wysman.pertama kali nyoba pake butter,pake resep nya mb,hmmmm…hasilnya waow!!!puasssss banget.aku bikin kastengels sm putri salju,semuanya enak dan lumer dimulut.
    Pas dijadiin DP,bnyk yg mau pesen,tp blm brani jual hehehe.
    Makasih mbak cantik πŸ™‚

  • Shafa Aleeysa Mecca
    says:

    Mba skrng kan ada campuran margarin+butter dalam satu kemasan apakah harus tetap dibekukan?thx

    • cakefever
      says:

      Untuk kue kering, sebaiknya tetap dalam kondisi dingin karena ada butternya. Untuk mencegah minyak cepat keluar saat pengocokan.

    • cakefever
      says:

      Bukan margarin, tapi butter yang sebaiknya dibekukan atau didinginkan terlebih dahulu. Tujuannya agar saat dikocok dengan mikser, butter tidak cepat meleleh dan mengeluarkan minyaknya.

      • tuti
        says:

        Tp kalo misal ditoko bahan kue bilang nyari butter diksh nya blueband(maaf sbt merk) jd slama ini aku pake itu mb.nanya satu lg,putri salju bener gak pake telor?
        Resepnya ok2 bgt,makasih ya mb..bnyk inspirasi.

      • cakefever
        says:

        Pegawai toko bahan kuenya yang gak ngerti berarti tuh Tuti bedanya butter dan margarin… Kalau sebut merek butter, yang umum biasanya ada Orchid, Anchor …

        Iya itu bener resep putri saljunya gak pake telor kok .. πŸ™‚

  • Vera Lila
    says:

    Mau tanya mba, apa bedanya butter kemasan spt anchor yg ada di supermarket dgn anchor kalengan, tks…

    • cakefever
      says:

      butter kemasan anchor itu maksud Vera butter yg dikemas kotak dan biasanya ditaro di lemari pendingin kan ya? Nah bedanya dengan butter yang di kaleng itu yang satu mesti ditaro di kulkas, yg di kaleng gak perlu di kulkas. Titik lumernya juga beda. Yang mesti dalam kulkas lebih mudah meleleh kalau dikocok.

  • lia
    says:

    blognya OK banget, terimakasih telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu
    mohon maaf, hanya mau berbagi info, untuk vanilla ekstrak kebanyakan (hampir semua) pelarut ekstraksinya adalah alkohol, karena ekstrak vanilin tidak larut dalam air, jadi kalau saya (muslim) lebih memilih yg bubuk, karena trace alkoholnya lebih rendah/tidak ada, mohon maaf jika kurang berkenan

  • Stephanie Yenyen
    says:

    Halo Mba Feronaa…
    Salam kenal, nama ku Stephanie…aq udh sering banget baca2 artikel dan resep2 yang mba tulis (sangat membantu pemula seperti aku ini loh mbaa..hehehe),
    Aq mau numpang nanya nih mba..aq kemaren mau coba bikin kue putsal ini, resepnya udah udah aq ikutin sama persis. Menteganya sudah aq dinginkan dan dan mixer secukup nya sampai tercampur rata dengan gula (supaya tidak berminyak). Aq masukin adonan ke kulkas selama 30 menit, tp ketika dipanggang, minyak dr menteganya keluar dan otomatis adonannya jadi melebar ga karuan T__T…aq langsung coba buat ulang adonannya untuk memastikan semua langkah dan resepnya benar..tp tetep adonan ke 2 hasilnya tetap sama saja…
    kira2 ini knp ya mba??Apa boleh mentega dicampur dengan sedikit margarine untuk mempertahankan bentuknya saat dipanggang?
    mohon pencerahannya yaaa Mbaaa…

    • cakefever
      says:

      wahh minyaknya masih keluar dari butternya? mentega dicampur margarine boleh saja, gpp Steph … Cuma kenapa ya minyaknya masih keluar? *garuk-garuk kepala* proses pencetakannya gimana? adonannya lengket gak?

      • Stephanie Yenyen
        says:

        kalo dr adonan yang udah dingin (30 mnt di kulkas), itu ga terlalu lengket sih..cm karena waktu dipanggang minyaknya keluar, akhirnya aq tambahin tepung ..alhasil..kue nya jadi agak garing dan ga lumer pas dimakan XD

  • Astrid
    says:

    Mb .. Utk takaran kuker ukuran 1/2 kg menggunakan butter/margarine & terigu masing-masing brp gr ya.

  • ulfa
    says:

    Mba baik bgt sihh udh kasih resep yg mantep2 (sama baiknya dgn NCC :).. Tahun lalu aq coba resep sagu kejunya dan emang enak teunan n ada kriukk gt.. Skrg aq lg liat2 resep lainnya.. Thank you yaa mba.. πŸ™‚

  • Indri
    says:

    Halo mba ,

    Terimakasih ya sharing resepnya. Saya tadi mencoba. Resep putsalnya saya tambahkan kacang tanah, dan keju panggang dan gula halusnya ditambah jadi 100 gr (dengan harapan hasilnya lebih krenyes2 dan manis) sukses dan lumer dimulut.

    Semoga amalan nya yang banyak berguna ini dibalas tuhan amiin.

    Oh iya mba mau tanya, untuk kacang mete apakah mba di goreng dulu atau mentah2 dimasukan keadonan? Kalau tadi improvisasi dengan disangrai dulu.

    • Ferona
      says:

      Terima kasih doanya, Indri .. πŸ™‚

      Kacang metenya disangrai dulu, lebih terasa gurihnya kalau menurutku πŸ˜€

  • vicda
    says:

    mbk mau tanya, kalau bikin nastar renyah dan empuk gempur saat dimakan, itu soal mentega dan butter atw terigu dan maisena? terus aku bikin cocochips renyah bentuknya kok ga bagus ya? bulet lebar gepeng, gimana supaya yang tengah agak tebal tp tipis dipinggir seperti yang dujual d toko2 itu? atau kayak punya mbk fe

    • Ferona
      says:

      Di toko bahan kue ada. Di pasar jatinegara juga ada. Kadang kadang di supermarket lokal seperti tiptop juga ada πŸ™‚

  • Hendrik Herutama
    says:

    Kue Nastar yang aku panggang kok memipih gitu (gak bunder gt) padahal aku sudah pertahankan kondisi Margarin dalam suhu yang tetap dingin dan adonan sebelum dibentuk dan diisi aku masukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es (kira2 1 jama) Mohon pencerahan dan masukkannya ya mbak….. thx.

    • Ferona
      says:

      mungkin over-beat? bagaimana pada saat pengocokan margarinnya? Kalau terlalu lama dikocok pun, kue kering bisa meleber atau memipih karena minyak dari margarin sudah keluar karena proses pengocokan yang kelamaan …

  • Elisa
    says:

    Mba mau tanya nih, semua kuker pake tepung terigu protein rendah atau hanya nastar saja yg kategori kue lembab? Trs yg prlu di sangrai yg protein rendah saja kah? Makasih mba πŸ™‚

    • Ferona
      says:

      Kuker pakai tepung rendah protein aja, supaya gak ngembang-2 amat … yang perlu disangrai itu utk pembuatan kue kering saja. Kalau cake biasanya diayak saja cukup, kecuali resepnya mengatakan lain ya …

  • ferry
    says:

    mbak ijin nyobain resep2nya ya, g pinter masak sih tp ngliat ramenya yang komen jd pgn nyoba..vanila bubuk yg bau susu itu, di tempatku disebut vanila RRT mbak…baunya enak banget tp pas bikin 5 macam kuker tak kasi vanila itu, baunya jd sama semua, g asik….hahhahaha…tq mbak

  • Uti
    says:

    Saya baru coba resepnya. saya ikutin persis, tapi kok adonan saya jadi terlalu basah ya? seperti kebanyakan butter jadunya lengket. sudah coba di dinginkan adonannya supaya ngga terlalu lengket tapi ga berhasil juga. Jd ga bisa dibentuk. Akhirnya saya tambahkan tepung sedikit demi sedikit. Tapi setelah ditambahin kira2 1/4 cup terigu dan 50gr kacang mete tumbuk, adonannya masi lengket, jadinya saya cetak pake plastik kaya mo nyetak cream kue. Takutnya kalo ditambahkan terigunya lagi, jadi terlalu keras.
    Lalu pas di panggang, saya perlu 25 menit supaya matang (kecoklatan), padahal kuenya saya bikin ngga terlalu tebal.
    Kira2 adonan saya kenapa ya?
    Rasanya sudah enak, tapi teksturnya yang belum dapat.
    Terimakasih untuk share resepnya loh πŸ™‚

    • cakefever
      says:

      Masih terasa lengket ya Ti? Kalo aku, di resep ini justru sudah gak terlalu lengket. Yang resep NCC sampe sekarang masih selalu lengket adonannya sampai tidak bisa dicetak.

      Apa kamu ngocok butternya kelamaan sampai minyaknya keluar kah? *ikutbingung*

  • NAILA
    says:

    MBAK….TKS BWT RESEPNYA…AKU SAMA SEKALI BLANK NEH MBAK SOAL KUE…MAU TANYA BEDA BUTTER,MARGARINE,MENTEGA ITU APA SEH?? MAKASIH YA MBAK…

  • eva
    says:

    mba salam kenal … Thanks banget udah berbagi resepnya… πŸ™‚ , oya ku mau tanya,, kalo aku pke vanila susu (bentuk bubuk) kira2 bisa ga ya ? Vanila ini enak wanginya.. Kue jg jadi wangi .. Kira2 ada pengaruh ke rasa ngga ya mba ? tkutnya jadi pait atau apa gitu ,, soalnya stok ku dirumah kmaren belinya yg itu & sayang juga klo ga kepake …thanks ya mbaa pencerahannya … πŸ™‚

    • cakefever
      says:

      Vanilanya itu rasanya seperti apa? seperti susu kah? Aku belum pernah lihat πŸ˜€ itu susu bubuk rasa vanila?

      kalau Eva cicipin dan tidak terasa pahit, seharusnya sih gak bikin rasa kuenya jadi pahit ya …

    • cakefever
      says:

      hehehe.. maap maap.. typo nih.. itu maksudnya tsp atau teaspoon atau sendok teh .. sudah aku edit resepnya ya .. semoga tidak bingung lagi …

  • weka
    says:

    mbk…. klo q bkin adonan malem trus q masukin kulkas baru besok.nya d panggang gt gmn??? boleh g ya????

  • ririn halim
    says:

    Mba..kalau pk cetakan kue kan harus di gilas dulu/d ratakan..rasanya akn beda ga bila lgs di cetak pk tangn?kalau ga pk kcg mete,gimana?karena ada yang sk salju klasik aja..mksh

    • cakefever
      says:

      Aku juga biasa langsung memulung kuenya, gak dicetak krn sering lengket di cetakannya.

      Aku belum pernah coba tanpa mete. Kalo jadi dicoba, please share ya…

    • cakefever
      says:

      Kan gak pa-pa kalo gak pake kuning telur πŸ™‚ memangnya Putri Salju harus selalu pakai kuning telur kah? — kebetulan memang resep yang aku coba ini tidak menggunakan telur sama sekali …

  • imel
    says:

    Hallo mba..abis blogwalking nyari resep putri salju ee..balik lg ke sini..abis blognya mba asik..detail,cocok bgt buat pemula kaya aku…mo tanya mba vanilla extract itu bentuknya sperti apakah? Cair atau bubuk?sama ga dengan vanilla pasta?mksh yaa…

  • Lily
    says:

    Mba, resepnya dicontek ya, mau nyoba yg tidak lengket.
    Soalnya kmrn2 kalau bikin putri salju, mesti adonanannya jadi lengket banget, boro2 dicetak pake cetakan bulan sabit, dipulung aja susah banget..
    jadi kl bikin kuker (nastar dll), butter mesti di kulkasin dulu ya mba..?!
    kalau loyang tidak dialasi kertas, bisa tidak ya?

    makasih atas resep dan info nya Mba..

    • kiki
      says:

      ikut nimbrung yach,,,

      klu aku bikin putri salju n gak bisa dpulung pasti aku tmbahin tepung sampe adonan bisa dpulung.,.tepung kira2 sndiri non,.,

  • yetty
    says:

    Ass ww, sist,

    Mo tanya dong…..bleh ya…:)

    butter dibekukan dulu (di frezer?). Apakah dibekukan ini hanya untuk kuker putri salju aja atau untuk seluruh kuker?

    Thanks ya sebelumnya atas jawaban yg diberikan.

    • cakefever
      says:

      Semua kuker sebaiknya pakai mentega dingin, spy kuenya tidak mengembang. Bekukan butter tidak perlu di freezer, cukup di kulkasnya saja. Kalo di freezer nanti jadi sekeras batu malah susah dimixernya :d

  • Berta Willems
    says:

    Mb Ferona, mau tanya nih.
    Apa pengaruhnya kalau butter tdk dibekukan lebih dulu, dan juga kenapa vanili ekstract gak boleh diganti dengan bubuk?
    Makasih

    • cakefever
      says:

      nanti butternya terlalu cepat meleleh saat dimikser. Klo butter udah keluar minyaknya, nanti kuenya melebar …

      karena aromanya beda banget antara vanila extract dan bubuk …

  • Fita
    says:

    oooh pake gula blander sendiri mangkanya kurang mbeluk (kurang bayak gulannya) hehehe…tadinya aku mbatin kurang gula, fotonya dah bagus kok dan pasti rasanya enyak..
    Met lebaran ya.. Minal aidin wal faizin dan mohon maaf lahir bathin

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^