Resep Brownies Kukus Putih Telur

Brownies Kukus Putih TelurBeberapa minggu belakangan ini aku sibuk mengutak-utik resep lapis legit, dan biasanya berakhir dengan timbunan putih telur di dalam freezer, karena resep lapis legit yang aku coba hanya menggunakan kuning telur saja. Dan tentunya timbunan putih telur ini harus diberdayakan menjadi kue lainnya.

Dulu aku sudah pernah membuat Brownies Panggang Putih Telur yang rasanya “nyoklat” dengan tekstur yang lebih ringan. Sekarang aku ingin mencoba membuat Brownies versi kukusnya.

Terlihat pada gambar Brownies Kukus , permukaan brownies kukusku bergelombang dan terlihat tidak mulus.Kemungkinan besar hal ini terjadi karena aku mengukus kue ini dengan api besar berkobar, hiks hiks.

Entah kenapa ketika aku mau memasukkan loyang berisi adonan ke dalam klakat, yang teringat malah tips mengukus Bolu Kukus Ngakak, dan bukannya Brownies Kukus Keju yang menyarankan kukus kue dengan api yang tidak terlalu besar alias api sedang. Seharusnya ketika air dalam kukusan sudah mendidih dan bergolak, kecilkan api kompor ke api sedang saja

Hasil akhir dari brownies ini, seperti coklat seperti biasanya, hanya saja gagal mengembang sempurna. Untuk rasanya sih tidak jauh-jauh amat dari rasa coklat yang menggunakan kuning telur. Yang pasti Brownies Kukus Putih Telur ini bisa dijadikan salah satu alternatif menghabiskan persediaan putih telur.

Bahan-bahan:

200 gram putih telur (bila 1 putih telur beratnya kira-kira 30 gram, berarti kira-kira dari 6-7 butir telur)
1/4 sdt garam
125 gram gula pasir
1 sdt emulsifier (aku tidak pakai)
25 gram margarin
50 gram dark cooking , potong-potong kecil supaya mudah meleleh
100 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt coklat pasta
50 gram meises untuk taburan

Cara Pembuatan:

  1. Panaskan margarin sampai meleleh, gunakan api kecil dan jaga jangan sampai minyak terpisah. Sebaiknya ketika terlihat sebagian margarin sudah meleleh segera matikan api, biarkan sisa margarin meleleh karena panas dari panci.
  2. Masukkan dark cooking yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam margarin yang sudah meleleh, aduk sampai coklat meleleh dan tercampur sempurna. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur, garam, gula dan emulsifier (bila pakai) sampai mengembang. Masukkan terigu sambil diayak, aduk rata dengan spatula.
  4. Masukkan campuran margarin dan coklat pasta sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula.
  5. Tuang setengah bagian adonan di loyang 24x10x7cm yang alasnya dioles minyak dan dilapis kertas roti. Dinding loyang tidak perlu dioles minyak supaya kuenya tidak tergelincir saat mengembang di kukusan.
  6. Kukus selama 10 menit dengan api sedang. Pastikan air dalam kukusan sudah mendidih ketika mulai memasukkan loyang berisi adonan ke dalam kukusan.
  7. Setelah 10 menit, buka tutup kukusan atau klakat, taburi meises, lalu kukus lagi 5 menit. Tuang sisa adonan. Kukus 15 menit sampai matang.

Resep diadaptasi dari Saji – 20 Kreasi Putih Telur

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: