Lapis Keju Putih Telur

Seperti biasa, setiap selesai membuat Lapis Legit, pasti pening lihat tumpukan putih telur banyaaak banget. Akhirnya jadi rajin lihat-lihat resep kue yang pakai putih telur saja untuk memanfaatkan sisa putih telur segar.

Salah satu resep yang aku temukan adalah resepnya Uceu yaitu Lapis Legit Keju Putih Telur. Proses pembuatannya unik yaitu putih telur sebanyak 600 gram tidak boleh langsung dikocok sekaligus melainkan harus bertahap. Tiap tahap sebanyak 200 gram yang kemudian diaduk dengan sepertiga adonan terigu. Hal ini untuk mencegah putih telur terlanjur berair yang bisa menyebabkan kue menjadi super bantat.

Karena aku tidak menggunakan cream of tartar, sehingga di akhir tiap tahap, aku harus menghadapi kenyataan bahwa adonanku menjadi berair karena putih telur yang dikocok tanpa CoT memang tidak mampu bertahan menunggu selama proses pemanggangan selapis demi selapis. Hiks Hiks … Akhirnya karena grogi berkejaran dengan waktu, proses pemanggangan per lapis menjadi sangat singkat. Dan hasilnya warna lapisannya tidak terlalu kelihatan karena memang belum cukup coklat tua sudah aku angkat untuk lapis berikutnya.

Ingredients:

600 ml putih telur
1 ½ sdt cream of tartar (skip bila perlu)

150 gr butter
100 gr gula halus
200 ml susu kental manis
100 gr tepung terigu
¼ sdt garam

50 gr keju cheedar (untuk campuran adonan)
50 gr keju cheedar (untuk taburan)
50 gr keju edam

How-To:

Buat Adonan A:
Kocok butter dan gula halus sampai putih mengembang. Masukkan susu kental manis, tepung terigu dan garam. Matikan mixer.

Parut 50 gr keju cheddar dan 50 gr keju edam. Campurkan ke dalam campuran terigu.

  • Kocok terpisah 200 ml putih telur dengan cream of tartar sampai putih dan kaku. Masukkan 1/3 adonan A. aduk rata.
  • Masukan dan ratakan 2 sendok sayur adonan ke dalam loyang ukuran 18 cm yang telah dialasi kertas roti. Oven dengan suhu 180 C dengan  api atas yang besar. Tunggu sampai lapisan atas coklat tua.
  • Masukan lagi 2 sendok sayur adonan ke dalam loyang. Taburi dengan keju.
  • Ulangi sampai adonan hampir habis.
  • Mixer kembali 200 ml putih telur dam CTT, campur dengan 1/3 lagi adonan A.
  • Ulangi lagi step diatas, sampai semua bahan adonan habis.

Untuk rasanya siiy, aku ndak doyan. Tapi Mamaku dan para tetangga bilang kuenya enak. terasa ngejunya. Apalagi aku pakai 100 gram keju edam semua. Aku sih lebih milih Lapis Legit asli li li aja deh. Selera kan memang beda-beda ya …

Karena loyang segiempat masih kotor semua abis dipakai bikin lapis legit, akhirnya aku pakai loyang bongkar pasang yang bulat untuk bikin lapis keju putih telur ini. Ternyata kurang cocok yaa kue lapis dibikin di loyang bulat, susah mau motong pinggirannya supaya lapisannya bisa terlihat. Sooo next time bikinnya kudu pake loyang segi empat yaa…

 

Artikel ini sudah dibaca 8216 kali. Semoga bermanfaat :D

  • Sonny Adisusanto

    hebat mbak………………

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Makasiy pak Sonny :) … Aku titip tester boleh ya, pak?