Resep Lapis Legit ala CakeFever

ala Cakefever.com
Berikut ini adalah hasil modifikasiku untuk resep lapis legit yang sudah pernah aku coba. Hasilnya adalah yang cukup lembab, berminyak dan tidak terlalu manis sehingga masih mengeluarkan rasa legit.

Bagi yang kurang menyukai rasa susu, bisa menghilangkan susu bubuk dan diganti seluruhnya menjadi tepung terigu. Susu kental manis juga boleh dihilangkan bila kurang suka.

Pada saat pemanggangan, jangan sampai terlalu coklat. Cukup sampai kuning kecoklatan, agar lapis legit tetap lembut. Oleskan butter di tiap lapisan yang sudah kecoklatan untuk menambah efek lembabnya.

Ingredients:

30-32 kuning telur ayam
550 gram butter atau margarin atau campur juga boleh
350 gram gula pasir
2 sdm susu kental manis

130 gram tepung terigu
45 gram susu bubuk full cream
2 sdt bumbu spekuk
1/2 sdt vanili ekstrak

Cara membuatnya:

  • Timbang butter/margarin sesuai resep. Masukkan dulu ke dalam kulkas. Setelah agak mengeras, keluarkan dan kocok sampai putih dengan mixer. Sisihkan.
  • Pisahkan kuning telur dengan seksama. Kocok dengan mixer, tuang gula sedikit demi sedikit lanjutkan mengocok sampai adonan telur + gula menjadi putih dan kental. Tambahkan susu kental manis dan vanili ekstrak bila ada.
  • Pindahkan kocokan telur ke wadah yang lebih besar. Masukkan terigu+susu bubuk+bumbu spekuk sambil diayak. Aduk rata.
  • Masukkan kocokan mentega kedalam kocokan telur. Masukkan bertahap, jangan dituang sekaligus yaa 🙂 lalu diaduk rata.
  • Adonan Lapis Legit sudah siap untuk dipanggang. Dan dimulailah pelapisan setahap demi setahap sampai selesai.

Note:

  • Aku masih kurang sukses membuat lapisan atas Lapis Legit berwarna coklat matang merata di seluruh permukaan dengan sempurna. Kadang masih ada gelembung yang muncul, dan kalau telat ditusuk menghasilkan noda coklat kehitaman yang bikin jelek … hu hu hu.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: