Resep Lapis Legit Lembab dan Manis

Terprovokasi dengan Me yang ngajak nyobain resep Bibi Jun-nya Camelia, maka dakuw pun segera meluncur ke TKP. Kebetulan karena sebenarnya aku juga masih mencari-cari resep lapis legit yang lebih mantap rasanya.

Setelah mencermati bahan-bahannya, ternyata resep Bibi Jun ini dengan jumlah telur yang 30 butir menggunakan butter 550 gram dan gula 500 gram. Sempat mikir, waa apa gak kemanisan ya?

Adonan telurnya juga pasti super pekat nih, sebab 30 butir telur dikocok dengan 500 gram gula. Hmmm …

Tapi membaca review Camelia sendiri mengenai lapis legit ala Bibi-nya ini yang maknyus, aku pun berbulat tekad mencobanya …

Resep Asli dari Blognya Camelia adalah sebagai berikut:

Bahan :


30 butir kuning telur
500 gram gula pasir
550 gram mentega
175 gram tepung terigu
2 sdt bumbu spekoek
2 sdm susu kental manis putih

Cara Membuat Lapis Legit :

  • Kocok telur dan gula hingga mengembang dan putih dengan menggunakan mixer. Lalu masukkan tepung terigu, bumbu spekoek, dan kocok dengan speed rendah hingga rata. Sisihkan.
  • Kocok mentega dengan mixer hingga putih, lalu masukkan ke dalam adonan telur.
  • Tambahkan susu kental manis. Kocok dengan mixer di speed rendah hingga rata.
  • Adonan siap untuk dilapis dan dipanggang.

Namun saat aku melakukannya, yang aku lakukan adalah mengocok adonan mentega dengan mixer sampai dengan putih di malam sebelumnya. Setelah itu wadahnya aku tutup dengan plastik lengket. Mentega aku biarkan semalaman di suhu ruang dengan kondisi tertutup rapat.

Pekerjaan membuat lapis legit aku lanjutkan keesokan harinya dengan mengocok kuning telur dan gula sampai putih.

Setelah kuning telur dan gula dikocok sampai putih, tepung terigu + bumbu spekuk dimasukkan ke dalam kocokan telur dan gula dengan cara diayak. Kemudian adonan ini aku aduk sampai rata dengan menggunakan spatula dan tidak menggunakan mixer.

Setelah tercampur rata, barulah aku masukkan mentega yang sudah dikocok sampai putih dan aku aduk juga dengan menggunakan spatula.

Setelah semua tercampur rata, baru kemudian dilakukan proses pemanggangan lapis legit.

Komentarku:

Resep ini memang menghasilkan Lapis Legit yang lembab dan basah dibanding Lapis Legit resep Hadi Tuwendi.

Tapi menurutku rasanya agak kemanisan – padahal aku ini sweet tooth

Atau mungkin karena aku pakai gula dengan merek Gulaku yang kuning itu ya? Mungkin kalau pakai Gulaku yang putih, rasa manisnya gak nge-jedug begini. Kalau mau coba lagi, nanti gulanya aku kurangi aja deh. Karena terlalu manis, rasa legit dari lapis legitnya kurang menonjol.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: