Cooling Rack | Baking Tools

Kawat atau Rak Pendingin

Cooling rack atau rak pendingin ini berfungsi untuk mendinginkan kue yang baru dikeluarkan dari . Dengan menempatkan kue yang baru matang di atas cooling rack ini, maka kue akan bisa lebih cepat dingin dan mengurangi basah di bagian bawah kue.

Selain untuk mendinginkan kue, Cooling Rack juga dapat digunakan sebagai alas ketika harus menyiramkan coklat cair ke seluruh permukaan cake.

Bila cooling rack ini digunakan untuk menyiram coklat cair, sebaiknya letakkan nampan berlapis kertas atau baking paper yang berukuran lebih besar untuk menampung sisa cairan coklat di bawah Cooling Rack atau rak pendingin ini. Ketika ada sisa coklat yang meleleh ke kertas atau baking paper ini, biarkan saja sampai menjadi dingin. Setelah dingin, coklat leleh yang udah membeku ini bisa dikeruk untuk disimpan dan digunakan lagi.

Rak Pendingin atau cooling rack ini akan menyisakan guratan-guratan berbentuk pola kawat di permukaan kue.

Sebaiknya miliki cooling rack ini sebanyak dua buah agar bisa dipakai untuk membalik kue. Satu cooling rack sebagai alas kue, lalu letakkan satu lagi diatas kue, dan kita tinggal membalik posisi kue 🙂

Ohya, jangan membalik kue yang masih hangat atau yang permukaannya masih terlihat basah karena permukaan kue yang masih belum kering sempurna akan menempel di sela-sela kawat pendingin ini.

Pilihlah cooling rack berkualitas terutama dari bahan yang anti karat atau stainless steel karena kue-kue akan bersentuhan langsung dengan cooling rack ini. Dan jangan lupa selalu bersihkan sisa-sisa kue yang menempel di sela-sela cooling rack.

Last Updated on

Artikel Lainnya:

6 Comments

  • ivy 15/03/2013 at 11:2834 Reply

    sis , mau tanya donk , cara beli kitchen aid di amazon gmn yah? hehee..trus sesampai di indo , barangny g lecet?

  • novita 16/04/2012 at 06:4909 Reply

    Setau aku rak tidak da yg persegi,aku mao tanya di mana da yg jual rak persegi ?
    Terus aku mao tanya, gimana ya caranya agar panggang kue agar tidak basah atasnya stlh di kluarkan dr oven, pdhl aku panggang sudah kering dan coklat atasnya, tp klo di hbs di kluarin dr oven pasti basah, aku pakai oven gas mbak,salah di mana ya ? Tq

    • cakefever 17/04/2012 at 13:2359 Reply

      Cooling rack persegi banyak dijual di toko bahan kue.

      Kuenya pake mentega/butter ndak? Klo iya, biasanya mmg akan basah juga akhirnya

  • Valeria 23/11/2011 at 16:2756 Reply

    Mbak beli cooling raknya dimana ya ? aku nyari di ace ga punya e . thx

    • cakefever 03/01/2012 at 22:4605 Reply

      di Toko Bahan Kue biasanya ada.. seperti di Titan – klo di Jakarta.

Leave a Comment

%d bloggers like this: