Tuesday, September 27

8 Merk Butter Lezat, Sehat, & Terbaik Untuk Membuat Kue

atau butter adalah produk olahan berbentuk krim padat yang terbuat dari 80% lemak susu sapi. tidak sama dengan margarin. Lebih jelasnya tentang perbedaan butter dan margarin bisa dibaca di sini. memiliki aroma yang khas karena terbuat dari susu dengan rasa yang gurih dan terlihat lebih pucat dari margarin. Terdapat dua jenis olahan butter yakni unsalted atau tawar. Fungsi butter adalah membuat kue menjadi lebih lembut, memberikan rasa dan aroma yang khas, mengembangkan adonan kue, dan menurunkan efek gluten pada tepung. 

juga mirip dengan roombutter, yakni keduanya sama-sama diartikan sebagai mentega. Perbedaan antara dan butter adalah kualitasnya. Roombutter memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan butter sehingga membuat harganya menjadi lebih mahal dan menjadi salah satu bahan untuk pembuatan cookies premium. Selain itu juga mengacu ke mentega atau butter yang dikemas dalam kaleng dan bisa disimpan di suhu ruang, tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. 

Kue yang tidak menggunakan butter atau akan menjadi lebih cepat kering dan keras. Bila dibandingkan tekstur antara kue pakai margarin dan pakai butter maka kue yang memakai butter adalah jika didiamkan di suhu ruangan akan tetap lembut. Selain itu aroma khas susu yang membuat air liur menetes ini hanya ada pada butter. Tak heran produsen pun membuatkan margarin yang diberi aroma seperti butter. Bahkan ada pula produk yang merupakan campuran dari butter dan margarin, tentunya ini untuk memberikan cita rasa mirip butter dengan harga separonya. Demikian dahsyatnya pengaruh butter pada cita rasa kue sehingga dibuatkan berbagai versi serupa tapi tak sama demi mendapatkan kelebihan butter ini pada kue-kue kita.

Rekomendasi Merk Terbaik

1. Hollman

Hollman kemasan 800 gram | Ledolci

Beli Hollman ukuran 800 gram (bukan repack) di Toko Ledolci-id – Tokopedia, Bisa Free Ongkir

Merk butter terbaik pertama yang harus kamu coba adalah Butter Hollman. Butter Hollman ini sebenarnya adalah campuran margarin dan butter. Jenis butter ini akan membuat tekstur kue atau roti yang kamu buat menjadi lembut dan beraroma khas. Menggunakan butter ini tidak akan membuat rasa kue yang kamu buat menjadi aneh kok, bahkan sebaliknya Hollman biasa ditambahkan sedikit dalam adonan untuk meningkatkan aroma kue tersebut. Terutama bila kita akan menggunakan margarin seluruhnya dalam adonan, penambahan 1-2 sendok makan butter Hollman sudah bisa meningkatkan cita rasa kue. Butter Hollman dijual dalam kemasan plastik berukuran 800 gram dan 2 kg, namun bila kita hanya membutuhkan dalam jumlah sedikit, biasa menyediakan dalam kemasan Repack mulai dari 250 gram sampai 1 kg.

2. Blue Triangle Butter

Blue Triangle Butter
Blue Triangle Butter (Sumber: bluetrianglebutter.com)

Merk butter terbaik selanjutnya adalah Blue Triangle Butter yang memiliki aroma khas yang membuat kue menjadi harum. Produk ini berasal dari New Zealand, yakni sebuah negara yang terkenal dengan produk-produk olahan susunya. Keunggulan dari produk ini diklaim bebas pengawet, pewarna buatan, dan sangat kaya nutrisi. Penggunaan Blue Triangle Butter sangat cocok sebagai campuran untuk martabak, kue, bolu, dan lainnya. 

3. Butter Organic Valley

Butter Organic Valley
Butter Organic Valley (Sumber: Shopee)

Produk Organic Valley menjadi salah satu rekomendasi yang pas untuk anak-anak yang alergi terhadap susu sapi. Rasa dari butter ini sangat gurih dan wangi. Kangdungan vitaminnya pun sangat kaya, yakni terdiri dari vitamin A, D, E yang tinggi. Butter ini sangat cocok untuk menumis atau sekadar dioleskan pada roti tawar. 

4. Anchor Butter

Anchor Butter
Anchor Butter (Sumber: Anchor Food Professionals)

Produk butter Anchor Butter adalah salah satu merk paling terkenal dikalangan Bakers. Pembuatan butter ini diproduksi langsung dari New Zealand dengan kualitas yang terbaik. Produk ini tidak menggunakan bahan kimia, memiliki aroma khas, dan terasa sangat gurih ketika digunakan. Jika kamu ingin membuat croissant, maka butter ini adalah merk yang paling direkomendasikan. 

5. Elle & Vire Butter

Elle & Vire Butter
Elle & Vire Butter (Sumber: elle-et-vire.com)

Ingin membuat makanan atau kue untuk bayi kesayangan? Maka merk butter ini adalah rekomendasi yang sangat pas. Butter ini sama sekali tidak memiliki kandangan garam dan sering kali dijadikan lemak tambahan untuk makanan pendamping ASI (MPASI). Kandungan vitamin A yang ada pada Elle & Vire Butter akan sangat baik untuk bayi. Penggunaan butter ini juga bisa menjadi bahan campuran adonan kue ataupun sekadar dioleskan pada roti tawar. 

6. Orchid Butter

Orchid Butter
Orchid Butter (Sumber: Tokopedia)

Produk terbaik selanjutnya adalah Orchid Butter yang diproduksi oleh Indofood. Butter yang satu ini sangat kaya dengan vitamin dan berasal dari lemak susu berkualitas tinggi dan sangat cocok untuk bahan-bahan campuran kue. Terdapat dua jenis pilihan untuk produk ini yakni salte dan unsalted butter. Kamu dapat menyesuaikannya terhadap rasa yang ingin dibuat dalam makanan.

7. Golden Churn Butter

Golden Churn Butter
Golden Churn Butter (Sumber: Pixabay)

Jika Kamu ingin membuat kue dengan kualitas premium maka jenis butter ini adalah pilihan. Keunggulan Golden Churn Butter adalah memiliki rasa yang creamy dan mampu menjaga kelembutan kue dalam jangka waktu yang lama. Aroma susunya yang sangat khas sangat cocok digunakan untuk kue-kue yang akan dikonsumsi anak-anak. 

8. Butter Wijsman

Butter Wijsman
Butter Wijsman (Sumber: Tokopedia)

Produk butter Wijsman sangat banyak diincar khususnya ketika hari-hari besar yang akrab dengan membuat kue-kuean. Butter ini cocok untuk kue kering dan terbuat dari concentrated butter dengan kandungan lemak susu yang tinggi dan terbaik sehingga menghasilkan kue yang gurih, harum, dan nikmat. 

Produk ini lebih tergolong mahal dibandingkan dengan produk-produk lainnya yakni berkisar antara Rp55.000 – Rp260.000. Meski harganya sedikit mahal, namun produk ini sangat worth it membuat kue menjadi nikmat. 

Berbagai produk butter memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing. Sebelum memilih butter sesuaikan dengan kue yang akan dibuat apakah ingin membuat kue menjadi aroma khas, lembut, dan lainnya. Setiap butter memiliki pengaruh terhadap kue dan kandungan yang berbeda, sehingga jangan lupa untuk selalu cek produk sebelum membeli. Semua rekomendasi produk dapat Kamu beli toko kue terdekat ataupun di marketplace kesayangan kamu!

Artikel Lainnya:

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^