Manfaat Bubuk Kayu Manis & Bedanya dengan Kayu Manis Biasa

Saat memasak, tentu saja kita kenal dengan banyak jenis bahan dapur, seperti rempah-rempah dan bumbu lainnya. Salah satu jenis rempah yang banyak dipakai oleh orang Indonesia adalah bubuk . Bubuk merupakan bahan makanan yang punya banyak manfaat baik buat tubuh kita, lho.

Di artikel ini akan disajikan beberapa penjelasan mengenai bubuk kayu manis, mulai dari apa itu bubuk kayu manis, perbedaannya dengan kayu manis biasa, hingga manfaat bubuk kayu manis bagi tubuh kita. Penasaran? Kamu bisa langsung cek informasinya di bawah ini, ya!

Apa Itu Bubuk Kayu Manis?

Apa Itu Bubuk Kayu Manis? | Pixabay
Apa Itu Bubuk Kayu Manis? | Pixabay

Bubuk kayu manis pada dasarnya adalah kulit batang pohon kayu manis yang dihaluskan hingga menjadi bubuk. Bahan dapur yang satu ini berfungsi untuk menambah aroma dari masakan kamu, supaya terasa lebih wangi dan aromatic. Nggak hanya bisa digunakan untuk makanan, kayu manis bubuk ini bahkan sangat cocok dipadukan dengan minuman, lho.

Meskipun berasal dari kulit pohon kayu manis yang dihaluskan, ini nggak berarti kandungan dalam kayu manis yang asli akan berkurang ketika dijadikan bubuk. Nutrisi dan kandungan yang ada dalam kayu manis bubuk ini faktanya utuh, dan nggak berkurang sama sekali meskipun sudah melalui proses pengolahan.

Baca Juga:  Mengenal 4 Jenis Talas yang Bisa Dimakan dan Diolah

Apa Bedanya dengan Kayu Manis Biasa?

Apa Bedanya dengan Kayu Manis Biasa? | Pixabay
Apa Bedanya dengan Kayu Manis Biasa? | Pixabay

Sebetulnya, nggak ada perbedaan yang terlalu signifikan di antara keduanya. Baik kayu manis biasa, atau kayu manis bubuk, mereka sama-sama memiliki fungsi utama untuk memberikan aroma yang wangi untuk hidangan kamu.

Perbedaan mencolok di antara keduanya adalah dari segi wujud, di mana kayu manis bubuk berbentuk bubuk halus, sementara kayu manis biasa berwujud kulit pohon yang digulung. Selain itu, bubuk kayu manis dikenal nggak lebih tahan lama dibandingkan kayu manis biasa. Kayu manis biasa dapat disimpan hingga dua tahun lamanya, sementara kayu manis bubuk hanya bisa disimpan hingga enam bulan saja.

Dari segi citarasa, kayu manis biasa cenderung memiliki rasa yang lebih tajam dibandingkan dengan kayu manis bubuk. Untuk membuat kue, kamu lebih disarankan untuk menggunakan kayu manis bubuk saja, ketimbang batang kayu manis yang lebih cocok dipakai untuk membuat minuman.

Aneka Manfaat Bubuk Kayu Manis untuk Tubuh Kita

Aneka Manfaat Bubuk Kayu Manis untuk Tubuh Kita | Pixabay
Aneka Manfaat Bubuk Kayu Manis untuk Tubuh Kita | Pixabay

Setelah mengetahui apa itu bubuk kayu manis, dan perbedaannya dengan kayu manis biasa, kini kamu harus tahu apa saja khasiat bubuk kayu manis untuk tubuh kita. Berikut ini penjelasannnya!

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu BPDA dan Inilah 3 Rekomendasi Produknya!

1. Menurunkan Kadar Gula

Khasiat bubuk kayu manis yang pertama adalah untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Bubuk kayu manis memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga insulin akan mampu mengontrol produksi gula dalam tubuh kita. Hal inilah yang membuat mengapa mengonsumsi kayu manis bubuk mampu membuat kadar gula dalam tubuh jadi berkurang.

2. Mencegah Kanker

Manfaat bubuk kayu manis yang selanjutnya ialah untuk mencegah kanker. Bubuk kayu manis ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, lho. Nah, salah satu manfaat keberadaan antioksidan inilah yang mampu membuat tubuh kita terhindar dari penyakit kanker. Selain itu, bubuk kayu manis ini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker lebih lanjut. Tapi, kalau kanker yang artinya kantong kering, obatnya cuma duit ya, bukan kayu manis bubuk. Hahaha!

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bagi kamu yang nggak ingin terkena penyakit jantung, kamu bisa mengonsumsi kayu manis bubuk ini. Sebab, kayu manis bubuk ini mampu mengurangi risiko penyakit jantung, lho. Nggak hanya itu, kayu manis bubuk juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga bagus banget dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Baca Juga:  Apa Itu Icing? Yuk, Intip Perbedaannya dengan Frosting!

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai bubuk kayu manis yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Sudahkah kamu memahami perbedaan bubuk kayu manis dan kayu manis biasa, serta aneka manfaat bubuk kayu manis? Semoga artikel dari Cakefever ini dapat menjadi referensi baru untukmu, ya!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya