Tuesday, May 24

Resep Praktis Tiramisu Lezat Kualitas Hotel Berbintang

Dessert yang satu ini dicintai berbagai kalangan. Terutama para penikmat kopi. Apalagi jika bukan tiramisu, dessert rasa kopi dengan tekstur lembut yang menggoyang lidah. 

Kali ini Cakefever akan berbagi resep tiramisu yang lezat disertai dengan beberapa tips agar hasil akhir tiramisu tidak berair.

Tips Agar Tidak Berair

Setiap orang pasti menginginkan hasil yang baik ketika membuat suatu resep. Namun, hasil yang kurang baik dapat terjadi dengan resep yang sudah teruji sekalipun. Sama halnya dengan dessert yang satu ini. 

biasa disajikan dengan biskuit Lady Finger atau dimodifikasi dengan bolu, biasanya dari jenis genoise cake yang teksturnya lebih ringan daripada kue bolu atau cake biasa. Resep tiramisu sejatinya tak jauh berbeda satu sama lain karena komposisi dessert ini sudah pasti dari negara asalnya. 

Masalah yang sering dialami adalah tiramisu yang terlalu lunak, bahkan berair. Sebelum menginjak pada bagian resep tiramisu, simak langkah-langkah berikut agar tidak berair setelah didinginkan. 

1. Gunakan Lebih Banyak Kuning Telur

Kuning telur berfungsi agar adonan memiliki hasil akhir yang lembut, lebih gurih, dan memberikan kesan legit. Gunakan lebih banyak kuning telur dalam dalam campuran mascarpone sehingga membuat tiramisu memiliki tekstur yang baik tetapi tetap lembut di mulut. 

2. Hindari Merendam Lady Finger Terlalu Lama

Dalam beberapa resep tiramisu, sering diwanti-wanti agar tidak merendam biskuit lady finger terlalu lama sampai menjadi lunak karena akan mempengaruhi tekstur tiramisu. Apalagi terdapat beberapa resep tiramisu yang menggunakan bolu sebagai substitusi lady finger. Apabila menggunakan kue bolu atau genoise cake, sebaiknya cairan kopi cukup dioles saja dengan kuas. Hindari merendam base dessert tiramisu, entah itu lady finger atau kue bolu dengan kopi terlalu lama karena akan membuat teksturnya menjadi lembek.

Baca Juga:  Resep Brownies Chewy Cookies

3. Pengganti Mascarpone, Pakai Cream Fraiche atau Buat Sendiri!

Dalam resep tiramisu, kamu mungkin menemukan istilah asing dalam bahan-bahannya, yaitu keju mascarpone. Mascarpone adalah keju asal Italia yang diformulasikan khusus untuk membuat tiramisu. 

Meskipun tampilan luarnya sama, bahan dasar cream cheese biasa dengan Mascarpone jauh berbeda. Cream cheese menggunakan susu murni sementara Mascarpone berasal dari heavy cream.

Mascarpone memiliki tekstur yang lebih padat tetapi tetap lembut. Jika tidak ada mascarpone, gunakan Cream fraiche yang mempunyai rasa lebih tajam sebagai penggantinya. Atau bila kamu ingin mencoba membuat Keju Mascarpone Ala Rumahan sendiri, bisa lihat caranya di artikel ini. Dengan menggunakan atau dairy whipcream, kamu bisa mencoba membuat kaju mascarpone home made yang lebih ekonomis daripada membeli di toko.

4. Gunakan Kopi Espresso

Espresso adalah cara menyeduh kopi dengan suhu yang sangat tinggi. Untuk menjaga agar rasa tiramisu tetap otentik, gunakan kopi espresso untuk merendam lady fingernya. Jika tidak tersedia espresso, kamu bisa gunakan larutan kopi instan biasa. 

5. Sajikan dalam Gelas Bening

dapat disajikan di kaca seperti pyrex ataupun wadah lainnya sesuai selera. Namun, apabila menginginkan hasil akhir yang padat dengan tetap memperhatikan estetika, kamu bisa menyajikan tiramisu pada gelas bening dengan ukuran yang disesuaikan. Penggunaan wadah yang tidak cukup kokoh akan menyebabkan tiramisu rentan mengalami perubahan bentuk. 

Resep Lezat dan Lembut

Resep tiramisu lembut
Resep tiramisu (Sumber: Pixabay)

 

Bahan-Bahan:

    • 250 gram/18 sdm mascarpone 
    • 150 gram/10 sdm whipping cream 
    • 100 gram/7 sdm gula pasir (campuran telur)
    • 70 gram/5 sdm gula pasir (campuran sirup kopi)
    • 100 gram/7 sdm bubuk coklat (toping atau taburan)
    • 40 gram/3 sdm kopi tanpa ampas
    • 20 gram/1,5 sdm rum 
    • 6 buah telur, ambil kuningnya 
    • 200 ml air 
    • Lady Finger (biskuit) sesuai kebutuhan
Baca Juga:  Aneka Cara Membuat Es Krim Pop Ice Mudah dan Sederhana

 

Cara Membuat: 

  1. Pecahkan telur, ambil kuning telurnya saja dan campurkan dengan gula pasir.
  2. Matangkan campuran kuning telur dengan cara di-tim di atas air bersuhu sekitar 80°C selama 10 menit. Aduk telur perlahan dan jaga jangan sampai terlalu panas, karena kamu tidak ingin membuat scrambled egg bukan?
  3. Aduk whipped cream sampai menjadi krim, jadi bukan whipped cream yang masih dalam bentuk cair ya.
  4. Ambil mascarpone dan campurkan dengan adonan kuning telur hingga merata. Biarkan dingin sejenak.  
  5. JIka adonan tersebut sudah dingin, campurkan dengan whipcream sampai benar-benar tercampur merata. 
  6. Seduh kopi dengan air panas, bisa juga menambahkan gula supaya menyeimbangkan rasa, sesuai selera saja.
  7. Jika menginginkan tiramisu non-coffee, bubuk kopi bisa diganti dengan bubuk non-kopi, seperti matcha contohnya. 
  8. Siapkan wadah tiramisu untuk memulai proses penyusunan.
  9. Celupkan biskuit lady finger ke larutan kopi. Celupkan selama beberapa saat dan jangan direndam untuk menghindari hasil akhir tiramisu yang terlalu cair atau lunak. Pastikan suhu kopi sudah tidak lagi panas. Susun lady finger di dasar wadah tiramisu.
  10. Siapkan plastik segitiga kemudian isi dengan adonan mascarpone, whip cream, dan kuning telur tadi. Adonan ditumpuk di atas biskuit lady finger. Susun dengan rapi.
  11. Ulangi langkah tersebut hingga semua bahan habis. Taburi permukaan tiramisu dengan bubuk coklat.
  12. Dinginkan tiramisu dalam chiller atau pendingin selama minimal 3 jam.
  13. sudah siap untuk dinikmati. 

Itulah ulasan seputar resep tiramisu dan tips agar hasil akhir tiramisu tidak berair. Selamat berkreasi dengan resep tiramisu di atas!

A communication student who likes talking and writing.
Siti Haliza
Latest posts by Siti Haliza (see all)
Baca Juga:  Resep Creme Brulee, Dessert Khas Perancis yang Bikin Nagih

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^