Wednesday, June 29

Resep Bungeoppang Mudah, Dessert Bentuk Ikan Lucu ala Korea

Seperti yang kita tahu, segala hal tentang Korea Selatan memang sepertinya tengah jadi trend di Indonesia, mulai dari musik, film, hingga kulinernya. Tak hanya Kimbap atau Tteokbokki, rupanya masih banyak lho, kuliner-kuliner ala Korea lainnya yang mungkin nggak kita ketahui.

Nah, teman-teman setia Cakefever sendiri sudah tahu nggak sih, dengan salah satu dessert berbentuk ikan ala Korea, yang biasa disebut dengan Bungeoppang? Cakefever punya sedikit overview dan resepnya nih, untuk kamu. Scroll artikelnya sampai habis, ya!

Bungeoppang, Dessert Bentuk Ikan Lucu, Taiyaki versi Korea

Bungeoppang, Dessert Bentuk Ikan Lucu (sumber: @hmartofficial on Instagram)
Bungeoppang, Dessert Bentuk Ikan Lucu (sumber: @hmartofficial on Instagram)

Sudah dengarkah kamu dengan Bungeoppang, dessert bentuk ikan lucu di Korea? Bungeoppang adalah dessert waffle yang dimasak menggunakan panggangan berbentuk ikan. Nah, sebetulnya Bungeoppang adalah versi Korea dari Taiyaki, asal Jepang yang overall memiliki kesamaan dengan Bungeoppang. Jajanan ala Korea yang satu ini umumnya memiliki isian berupa pasta kacang merah yang enak.

Baca Juga:  Resep Dessert Pavlova, Kue Elegan Khas Australia

Kendati demikian, sangat mungkin lho, untuk mengkreasikan Bungeoppang menjadi camilan gurih asinj yang nikmati, misalnya mengganti isian pasta kacang merah dengan keju mozarella. Atau, jika kamu kurang suka dengan pasta kacang merah, kamu bisa menggantinya dengan coklat, sehingga kamu akan merasakan sensasi lelehan saat menggigit Bungeoppangnya. Hmm, yummy! 

Resep Bungeoppang Korea

Resep Bungeoppang Korea (sumber: @njajan.tulungagung on Instagram)
Resep Bungeoppang Korea (sumber: @njajan.tulungagung on Instagram)

Walaupun Bungeoppang adalah jajanan terkenal dari Korea, bukan berarti kamu juga harus pergi ke Korea untuk menikmatinya. Sebab, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Gimana caranya? Yuk, intip resep Bungeoppang Korea berikut ini!

Bahan Adonan Bungeoppang:

  • 1 butir
  • 125 gram
  • 175 ml susu cair
  • 1 sdm leleh
  • 2 sdt baking powder, ayak
  • 3 sdm gula halus
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt minyak untuk memanggang adonan
  • Pasta kacang merah secukupnya (untuk isian Bungeoppang)

Cara Membuat Bungeoppang:

  • Pertama, kita campurkan tepung terigu, baking powder, garam, susu cair, leleh, gula halus, dan hingga rata. Supaya lebih mudah untuk menuang adonan ke panggangan, kamu bisa gunakan gelas.
  • Siapkan panggangan Bungeoppang, kemudian panaskan dengan api sedang. Jangan lupa diolesi minyak terlebih dahulu, ya. 
  • Kalau panggangan sudah cukup panas, tuangkan adonan Bungeoppang setengah cetakan saja. Isi bagian tengahnya dengan pasta kacang merah, kemudian tuangkan lagi adonan hingga cetakan bentuk ikannya jadi penuh. 
  • Tutup panggangan Bungeoppang, kemudian balik panggangan supaya adonan bisa tersebar merata.
  • Tunggu sekitar dua menit hingga warna Bungeoppangnya jadi cantik kekuningan. Kalau sudah matang, bisa diangkat dan disajikan di piring, ya.
  • Bungeoppang ala Korea sudah siap dinikmati bareng minuman kesukaanmu. Kalau aku, pasti bakal menyantapnya ditemani dengan es susu kesukaanku, deh. 
Baca Juga:  Cara Bikin Es Krim Coklat Enak Lembut Tanpa Mixer dan SP

Tips Membuat Bungeoppang Korea Enak

Teman-teman setia Cakefever, aku juga punya beberapa untuk kamu nih, supaya Bungeoppang buatanmu makin ciamik rasanya. Yuk intip beberapa berikut ini!

  • Gimana jadinya kalau Bungeoppang buatanmu memiliki tekstur seperti mochi? Tentu unik dan enak, ya! Kamu bisa mencampurkan 80 gram berprotein dengan 45 gram tepung beras. Campuran tepung ini mampu membuat Bungeoppang buatan kamu punya tekstur kenyal-kenyal manja seperti Mochi. Worth untuk dicoba! 
  • Basicly, isian Bungeoppang adalah sesuatu yang manis-manis. Kalau kamu nggak suka Bungeoppangmu diisi pasta kacang merah atau isian manis lainnya, kamu bisa mengganti isiannya jadi keju mozarella, sosis, atau daging ham.

Nah, itulah tadi beberapa ulasan hingga resep Bungeoppang Korea mudah yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Sudah tertarikkah kamu untuk membuat Bungeoppangmu sendiri di rumah? Daripada jajan di luar, mendingan kamu hemat pengeluaran dengan coba praktekin resep Bungeoppang anti gagal di atas. Selamat berkreasi!

Aku suka menulis tentang makanan, tapi tetap aja lebih suka makannya doang sih. I’m Netta and very nice to meet you all!

Baca Juga:  Resep Kue Kastengels dengan Keju Edam & Anti Gagal

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^