Wednesday, August 17

Resep Brownies Kukus Ketan Hitam Yang Gurih & Legit

Karena sudah nyobain buat Brownies Kukus Keju ala Nia, aku jadi semangat bikin kue yang dikukus. Kayaknya kok ya lebih anti-gagal ketimbang yang dipanggang, hehehe. Kali ini nyoba bikin Bolu kukus Ketan Hitam.

Resepnya lupa ambil dari majalah mana. Pas baca-baca, langsung catet bahan-bahannya trus ngapalin cara membuatnya. Baru mau bikin sebulan kemudian … Setelah usai menimbang bahan, sempat bingung karena lupa step-step pembuatannya, akhirnya sotoy aja mikir cara buatnya pasti mirip-mirip bikin Kukus Keju. Ya sutra, aku buat dan berhasil! Rasanya enak banged! Legiiddddhhh!! (pake “d” saking mantepnya!)

Resep Kukus Ketan Hitam

Bahan-bahan Kukus:

250 gram hitam
200 gram gula pasir
200 gram minyak goreng
6 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
2 sdm

Cara Membuat Kukus:

  1. Siapkan 2 buah loyang ukuran 30x10x4 cm. Dinding loyang tidak perlu diolesi apa-apa. Alas loyang perlu diolesi minyak, tapi sebaiknya pakai kertas roti atau untuk memastikan kue tidak lengket di alas loyang.
  2. Kocok telur dan gula dengan mikser hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan garam dan vanili, kocok rata. Masukkan susu kental manis, kocok rata.
  3. Masukkan hitam dengan cara diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan menggunakan spatula besar.
  4. Lalu masukkan minyak goreng, perlahan. Aduk balik sampai rata dengan spatula. Pastikan minyak sudah tercampur rata, kalau belum rata nanti kuenya bisa bantat. Kalau susah mencampurnya, masukkan sedikit adonan telur ke minyak dan aduk rata, lalu baru minyak yang sudah dicampur adonan telur itu dimasukkan perlahan ke adonan telurnya (teknik pancing).

  5. Masukkan adonan ke dalam loyang, kukus dengan api sedang selama 20 menit. Jangan pakai api besar supaya permukaan kue tidak bergelombang. Ohya pastikan juga air dalam sudah mendidih saat memasukkan loyang ke dalam atau klakat.

Baca Juga:  Resep Puding Caramel Lembut dan Yummy

Untuk mengurangi lubang-lubang di permukaan brownies kukus, sebelum dimasukkan ke dalam kukusan, banting loyang 2-3 kali untuk mengurangi gelembung udara di dalam adonan yang nantinya bisa bergerak ke atas dan membuat permukaan brownies berlubang. Bantingnya pakai perasaan ya teman-teman, jangan sampai adonan malah luncat semua keluar dari loyang … 🙂

Setelah matang, angkat dari kukusan, dinginkan selama 10-15 menit, keluarkan dari loyang. Potong-potong, dimakan dengan teh hangat, hmmmm… indahnya duniaaa!

Kukus Ketan Hitam dalam kemasan kecil | Foto by Cakefever.com

Ohya untuk dijual dan tambahan rasa manis, bisa dikasih coretan coklat putih di atasnya seperti gambar di atas. Gak kalah modis bersanding dengan brownies panggang coklat … bener kan?

Sudah Baca Yang Ini?

91 Comments

  • Ainun Jariah

    Mba fe…
    Aku mo tny resep bolu gulung biasa dan yang batik mba. Pernah nyoba liat resep di google, yg dikukus jdnya patah, yg dioven jdnya kempis dan patah jg. Trus pemakaian telur jg mempengaruhi ga? Ada yg bolu gulung irit cuma pakai 2 telur. Itu gmn mnurut mba. Mksh sblmny
    ^_^

    • Untuk bolu gulung panggang, memang harus hati2 saat memanggang. Bila terlalu kering, sudah pasti bolunya akan patah saat digulung. Resep bolu gulung mana pun akan sangat tergantung pada saat pemanggangan, Nun. Makanya mungkin ada yang lebih suka pakai resep yg dikukus karena bolu kukus kan lebih moist dan lembab jadi lebih mudah digulung. Bolu gulung irit telur pun begitu, yang penting jangan sampai kelewatan waktu saat memanggangnya.

  • fransisca sisca

    mbak Fero ini buatny di loyang ukuran berapa ya? kalo aku pake loyang brownies 30×10 bisa? sbenarnya loyang apapun juga bisa ya mbak? asal beda tinggi loyang dengan adonan tidak terlalu jauh dan rajin2 tes tusuk aja pas kukus? thank you..

    • cakefever

      Ini bisa jadi dua loyang 30×10, Sis … Belum aku cantumkan yaa? oks aku tambahkan. Loyang ukuran 22×22 bisa satu loyang. Kalau kukus, gak usah sering-sering tes tusuk, Sis. Tes Tusuk itu untuk baking. Kalau kukus, setelah waktu panggang selesai, mau coba tes tusuk boleh untuk memastikan bagian dalam juga sudah terkukus sempurna.

      • fransisca sisca

        hehe blum dicantumkan mbak Fer kemarin.. rencana mau aku buat sbtu ini, ijin bagi resep ya mbak.. bollu kukus kejunya uda aku coba, enak!! makasih mbak 🙂

  • cakefever

    Kalau sudah keras, bisa dikukus lagi supaya lembut 🙂
    Kalau disimpan dalam kulkas bisa tahan seminggu lebih. Kalau dibekukan malah bisa lebih lama lagi …

  • cakefever

    Membuat kue itu terutama ketika baru pertama kali membuat kue, sebiknya mengikuti persis seperti resepnya 🙂

    Di cerita Andin ini, ada beberapa hal yang harus diperbaiki, yaitu memasukkan tepung ke dalam terigu sebaiknya diayak supaya tidak menggumpal terigunya dan mudah tercampur.

    Dan dalam resep ini menggunakan minyak, sementara Andin menggunakan mentega yang dikocok. Kalau mau pakai mentega, harusnya mentega dicairkan. Karena mentega kocok dan mentega cair akan memberikan hasil yang berbeda.

    Demikian ya Andin .. .kalau mau hasil kue yang sukses, follow the recipe 🙂

  • andin

    mbakkkk.. aq coba resepnya barusan tapi kok bantat ya..??
    aku ngocok tepungnya gak diayak dulu tadi terus gak dikocok pake spatula tapi pake mixer.
    minyaknya ku ganti sama margarin cz margarin sachet itu isinya udah 200 gr berhubung gda timbangan dan ngocoknya sama kaya tepungnya pake mixer jg.
    aku gak punya klakat jadi pake langseng nasi biasa, loyangnya aku bngkus pake alumunium foil biar airnya gak masuk keloyang.
    waktu dikeluarin dari loyan hasilnya malah jadi bantat sempurna ya mbak..??

  • syah

    Mb fero saya mo nanya donk
    Pas baru diangkat tu lembut banget
    Tapi pas sore kok agak keras ya
    Tu knp y mb
    N mang brp lama waktu buat disimpan kue ini
    Mkasih ya

  • cakefever

    Mungkin ada pengaruhnya. Tapi tanpa pakai pengembang apapun kuenya sudah enak 😉 aku juga lebih suka kue yang gak pakai bahan pengembang, ndah …

  • indah

    Hai mbak fero.. salam kenal yah. Mw tanya donk, knpa d resep ini gak
    pake pengembang sp atau sejenisnya ya? apakah ada pengaruh jika kita
    tambahkan bahan bahan itu ke dalam adonannya? Mohon pencerahannya ya
    mbak.. Saya benar benar amatir di dapur. Gak ngerti mana yang mesti
    dipakai yg mana nggak.. hikkss…

  • Lenny Widjaja

    thanks resepnya, udah aku coba dan emang enak banget rasanya, suami juga doyan, pdhal dia paling bawel di rumah soal makanan/cemilan.. jd pengen coba resep2 lainnya juga 🙂

  • Nia

    Salam kenal…
    Saya sudah coba resep yg dari sini yg ingredient nya terbebas dari segala macam bahan kue yg biasa digunakan utk menghaluskan tekstur, pengembang kue dll deh…

    Legit dan kasar yg dikeluarkan dari tepung ketan item juga dapet deh…
    Cuma ada yg mau saya tanya,
    krn ini tdk menggunakan pengembang kue, berapa centimeter biasanya ketinggian yg didapat dgn menggunakan loyang 24×24 cm?

    Pada saat menuangkan adonan kedalam loyang, adonan dituang keseluruhan atau dibagi menjadi 2 bagian jadi pada saat kue matang hasilnya menjadi 2 layer.

    Apakah ada pengaruh apabila dibuat menjadi 2 layer dlm proses pengembangan kue?

    Thx atas sharing nya ????

    • Hai Nia … Aku biasanya hanya menggunakan loyang setinggi 4 cm (loyang brownies) atau paling tinggi 6-7 cm. Belum pernah mencoba memanggang kue ini di loyang yang lebih tinggi lagi.

      Tiap mengukus selalu aku tuang sekaligus. Bolu kukus dikukus dua tahap biasanya karena ingin menambahkan sesuatu di lapisan tengahnya. Kalau tidak mau nambah apa-apa, aku langsung kukus semua saja karena buat apa gitu dikukus bertahap kalau tidak mau tambahin sesuatu di tengahnya?

      Tapi kalau misalnya Nia mau bikin bolu kukus ketan hitam ini di loyang tinggi, misalnya untuk jadi base cake rok Barbie yang biasanya memang harus pakai loyangnya yang tinggi, maka memang harus dikukus bertahap agar matang sampai ke dalam.

  • Ismi

    Mbak,ak dah nyoba resep ini…tp kok permukaan browniesnya bergelombang terus ya.padahal ngukusnya apinya dah sedang,tutup dah dilapisi serbet.adonan jg tercampur rata…????knp ya????

    • Nah memang ini sebenarnya juga masih misteri buatku Mi… Kalo aku biasanya klo api sudah gak terlalu besar, kocokan sudah sempurna, itu pasti permukaannya rata. Kalo masih gak rata juga, aku gak tau lagi nih Mi … mungkin teman-teman yang lain ada pengalaman atau saran lainnya?

  • Tita

    mba,kalo loyangnya diolesi margarin smua,boleh ga ya?jd bkn cm alas loyang doank.terus, kalo minyak dimasukin duluan drpd tepungnya, bisa kah?aku bca d salah satu resep ada yg bgitu,,,hsilnya sama ga ya,,,

    • Tita

      eh ada lg mba.aku kan pny kukusan yg ukurannya ngepres bgt ma loyangnya.jd ktk loyangnya dimasukin ke kukusan,hmpir ga ada uap yg keluar drpinggiran loyang,uap hanya kluar dr lubang tengah loyang.apa itu mmpengaruhi ke kuenya ngembang ato tdk?trims y mba

      • Kue kukus sangat membutuhkan uap air dari bawah lubang2 kukusan. Kalo uapnya kurang, nanti kuenya kurang mengembang …

    • Kalo kue yang dikukus, dinding loyang tidak diolesi, Ta… kuenya ntar tergelincir gak bisa manjat dinding loyangnya …

      Di resep ini, minyak dimasukkan belakangan. Kalau ada resep lain yang instruksinya beda, lebih baik ikuti instruksi sesuai resepnya masing-masing. Karena pembuatan kue itu biasanya harus taat prosedur kalau mau hasil kuenya mirip dengan resep. Perubahan prosedur biasanya akan memberikan hasil akhir yang beda.

      Kalau sudah biasa melakukan modifikasi resep, bisa tahu kalau prosesnya diubah jadi begini maka hasilnya akan begitu … Nah kalau Tita memang mau eksperimen, boleh saja mengubah prosedur untuk melihat hasil akhirnya. Tapi kalau Tita ingin tahu resep ini akan menghasilkan kue seperti apa, maka taatlah pada prosedur di resep … 🙂

  • ayu

    Ass.wr.wb. Mbak fero, ?°???°???????????s????îh?°???°? resepnya… Enaaak banged.. Aku buat setengah resep, trus susu kental manisnya 1 setengah sdm. Ditengahnya kukasih oreo blue berry.. Hmmmm mbak kudu coba…

      • ayu

        Ngga usah dihancurin, potong bagi 4 ª?äª.. Aku kemaren pake enam keping oreo.. Lucunya.. ??? sensasi dinginnya juga lhoh mbak.. Aku taruh oreo ditengahnyanya (dr adonan) pokoknya mbak nemuin sensasi yang beda deh… Oya mbak ??? fb ngga?

  • riana

    ..mba,smlm aq nyoba tp koq msih bantat yah mb,
    pdahl dah sesuai prosedur cara bwt nya bahkan minyak nya dah tercampur rata dan api nya jg sdang,,
    dkukus slama 60mnit,,
    apa nih mb solusi nyA ??
    oy,wkt sya bwt SP/TBM saya abis,sya ganti dngan OVALET kira2 bermsalah gag mba ???
    trims,

    • di resep ini kan gak pake emulsifer, Ri? Riana pakai resep ini kan ya?

      kalau kocokan telurnya sudah mengembang bagus seharusnya sih gak bantet, Ri …

  • d_minie3Zz

    mb q mau nanya itu ngocok telurnya harus dipisah g?antara putih dan kuningnya…..kalo dipisah tolong dijelasin ya……makasih

  • Dika sudarsana

    Halo mbk…aku ingin skali coba bikin bolu kukus ketan hitamnya..terus pengen bkin jd usaha…tp belum punya alatnya dan bahannya..

  • Fira

    mbak , kalau teLur nya . cuma putih telur atau cuma kuning telur nya ..apa semua nya dimasukin??

    • sebaiknya telur utuh ya Fira… tapi kalo Fira mau eksperimen cuma pakai kuning telur saja atau putih telur saja, silakan loh … Jadi 12 kuning telur atau 12 putih telur … tapi aku sendiri belum pernah coba, jadi tidak bisa menjelaskan nantinya akan menjadi seperti apa si Bolu Kukus Ketan Hitam ini bila hanya menggunakan kuning telur saja atau putih telur saja … please share ya kalau kamu jadi eksperimen 😉

  • ann

    mbak, tadi aku nyoba resep ini. kuenya sih nggak menciut dan naik 1cm dari tinggi adonan semula dan tekstur tidak terlampau keras tapi kok tekstur tidak seringan sponge cake biasa dan tidak mengembang seperti sponge cake biasa y? aku padahal tidak membuka tutupnya sampai 25menit kemudian (lebih malah) dan membungkus tutupnya dengan serbet. aku pake loyang tulban tapi sepertinya adonan kebanyakkan buat loyang tulban aku soalnya udah lebih 25menit bagian tengah ada sedikit yg belum matang… apa karna adonannya kebanyakkan y? atau karna walau aku sudah memanaskan kukusan sebelum ngocok telur tapi aku mematikan kompor pas proses terigu dan menghidupkan lagi pas proses minyak? thks b4 buat pencerahannya mbak… 🙂

    • memang tekstur kue bolu kukus ketan hitam ini tidak seringan sponge cake (yang kukus) pada umumnya, sehingga aku lebih suka menyebutnya brownies kukus.

      Loyang tulbannya setinggi apa? kalau loyang tinggi, setauku kalau dikukus harus selapis-selapis supaya bisa matang semuanya.

      kalau soal kukusan itu, yang penting saat adonan dimasukkan air sudah mendidih …

  • ann

    mbak, aku tadi nyoba resep ini, kuenya sih tidak ciut dan naiknya 1cm dari tinggi adonan semula dan tidak terlampau keras tapi kok tidak ngembang y? cuma naik sekitar 1cm dari adonan semula. aku pake loyang tulban tapi kayaknya sih adonannya kebanyakkan soalnya udah 25menit masih ada sediikiiit yg masih blon matang di tengah… atau karna api-nya terlampau kecil or kurang panas y…?! memang sebelum mulai ngcok aku sudah panasin kukusannya tapi berhubung aku masih lama prosesnya aku matikan sebentar pas memasukkan terigu dan nyalain lagi pas memasukkan minyak… salahnya di mana y? apa tekstur dan penampakannya memang begitu y?! thanks b4 buat pencerahannya 🙂

  • eci

    Mba aku ud pernah bikin bolu kukus ketan item,tp aq ga pake minyak,diganti sm mentega cait,trus telurnya cm 5 n gulanya 250gr, trs pas ud mateng aku oles krim n parutin keju, alhamdulillah enak hehe

    • mantap… nah kalau sudah ada modifikasi resep seperti ini, Eci sebaiknya mencoba resep aslinya lalu dibandingkan. Bila resep modifikasi lebih enak, maka utk seterusnya Eci bisa gunakan resep modifikasi Eci sendiri 😉

  • Winda Reza

    mba.. seneng deh rasanya bisa bikin kue.. pertama kali nya aku bikin kue.. didukung suami dan anak tercinta.. ditemani ibu mertua juga.. apalagi setelah jadi 1 hari kue kukusnya langsung habis.. 😀 bahannya mudah, yg sulit mencari tepung ketan hitam karna di pasar biasa tak ada.. tapi kue nya agak keras ya mungkin bisa dibilang bantat, apa mungkin karna mengaduk minyaknya sekalian dengan mixer? maklum riweuh karna pemula.. btw,, thanx ya mba.. akhirnya aku bisa sedikit bisa menyenangi keluarga dan dapat menikmati indahnya kebersamaan.. P

    • Blender halus dari ketan hitamnya saja Win klo susah nyari tepung ketan hitamnya.

      Seharusnya kuenya tidak bantat dan tidak keras, tapi kayak brownies kukus gitu. Bisa juga bantat karena adukan minyaknya yang kurang rata. Coba buat lagi tapi kali ini diaduk dengan spatula yang lebar supaya minyaknya rata.

  • nana

    mau tanya dong… saya ini awam bgt yg namanya bikin kue/bikin masakan,dikrnkan ankku pd demen ngemil kue mau nyobi bolkus ketan htm ini,tp yg saya binggung minyaknya kok 200 gram ya,trus gmn nakarnya ya..

  • Dear Cakefever,

    Cuman mo bilang kalo aku dah nyoba dari resep yang ditulis di cakefever ini dan hasilnya…. wuihhhh nendang banget … thx banget buat sharing-nya semoga amal ibadah cakefever diterima oleh.nya karena berbagi ilmu yang manfaat bagi sesama… Amin… sekali lagi tengs berat dan ijinkan aku buat nyontek resep yg lain buat aku coba lain waktu.

    Sukses ya dan semoga menjadi berkah, Amin…

    Lina

  • tika

    mbak mau nanya resep bolu kukus ketan hitam nya itu
    di kocok pakai apa??
    pakai mixser atau egg whisk???/

  • yati

    mba, mau tanya, untuk mengocok telurnya harus pakai mixer atw bisa yang lain
    maklum ya mba masih pemula, belum punya semua alatnya 🙂

    • Kalau diminta kocok telur sampai mengembang, sebaiknya pakai mixer. Kalau mau kocok pakai egg whisk juga bisa, tapi capeee dan lamaaa 😀

  • tya

    mba klo adonannya d taruh d loyang bongkar pasang kira2 bocor g y,,trz kira2 brp menit mesti ngaduk adonan biar g tll berminyak?
    msh newbie ne mba…

    • adonannya rada cair. sebaiknya lapis aja. Klo nanya berapa menit ngaduknya, gak bisa jawab karena aku gak pernah pake timer kalo lagi ngaduk adonan 😀

  • Uni

    Salam kenal mbak.. Sedang caricari resep bolu kukus ketan hitam, menclok di sini deh:) saya tertarik dgn blog mbak, krn resep2 nya tidak menggunakan emulsifier, sy juga ragu2 untuk memakainya. Tapi dari hasil blogwalking sana sini, saya perhatikan, rata2 kue kukus menggunakan emulsifier, apa efeknya ya mbak kalo kita tidak pakai? Kalau tidak pakai, apa ada triknya supaya hasilnya bagus? Makasih ya mbak

  • dapur kue

    ehm.. enak tuh,bolu kukus ketan hitam. pernah bikin tp koq bantat terus ya?? klo dicampur sedikit ama tepung beras ketan putih bisa ga ya? 🙂

  • rere

    Mba..ko ga da uk. Loyang nya si..saya ???ª? coba jd bingung..
    padahal uda kebelet ne pgn nyoba..
    Liat comment2 nya ngileeeer.. (?_?)
    Masi pemula neh mba..jd ms aga2 bingung..
    Thanks..

  • ika

    aq ud prnh cb kurangi minyak,iya memang kering.
    kalo mengaduknya bener,ga akan trlalu brminyak sii.
    Kue ini jd fave kelg…rasanya unik,:)

      • ellen

        mbak ferona, kemarin saya juga nyoba resep bolkus ketan item ini yang dari NCC, yang pakai santan. ternyata jadinya lebih ga berminyak, walaupun saya kurang suka aroma santannya. terus kepikir, apa bisa santan diganti dengan SKM (dengan takaran lebih sedikit tentunya), biar gurihnya dapet, tapi juga minyaknya bisa dikurangi? *just wondering*

      • susu kental manis bisa, tapi kurangi gulanya… skm itu udah muanis banget soale… di resep ini kan pake SKM dan ga pake santan sama sekali.

  • ellen

    sekali baca resep ini langsung bertekad mencoba 🙂 akhirnya sore ini terlaksana. hasilnya T-O-P! kebetulan ada acara kumpul-kumpul, semua yang ngicip pada suka. cuma ada yang komen, kok berminyak banget. klo misalnya minyaknya dikurangi jadi 150 aja kira2 risikonya apa ya?

    • Menurutmu berminyak gak, Len? Aku gak merasa itu terlalu berminyak, kalo moist sih iya. Dan memang harus moist, klo gak moist rasanya kering.

      Kalo minyak dikurangi pastinya akan ada perubahan di tekstur. Satu2nya cara mengetahuinya adalah dengan mencoba 😀 aku blm pernah coba mengurangi minyak krn menurutku takarannya sudah pas …

      • ellen

        udah aku coba, jadinya memang lebih kering, dan anehnya tetap terasa berminyak … 🙁 berarti cara ngaduknya yang nggak bener ya? memang aku ngaduknya agak takut-takut karena kuatir adonannya ambleg. maklum, belum punya spatula lebar, jadi ngaduknya pake centong nasi … hehehe … barangkali karena ngaduk minyaknya itu kurang rata ya, seperti yang dibilang ika di atas? harusnya diaduk sampai bigimana sih? trims.

      • Ngaduknya sampai minyaknya rata. Tapi jangan terlalu lama diaduk juga karena nanti terlalu banyak udara yang keluar dan adonan ambleg seperti istilahmu 😀 Memang harus pakai spatula yang lebar Len, supaya ngaduknya mudah dan cepat tercampur dengan adonan tepungnya …

      • ellen

        selain toko bahan kue, yang jual spatula di mana ya, mbak? udah nyari-nyari ke beberapa mall & TBK langganan di Semarang & Yogya nggak ketemu … cari-cari di TBK online juga ga ada. mbak ferona dulu dapetnya di mana?

      • Itu memang spatula. Tapi apakah itu ukuran yg besar atau medium? Spatulaku warna karetnya biru. Tapi kalau ellen belum punya spatula sama sekali, yg medium juga ok

  • ika

    mbak..aq ud coba bikin pake ketan hitam yg aq jemur dan aku grinding. hasil kukusnya koq bantet ya? apa krn ga pke baking soda?
    rasanya? enak sih…tp mang basically aq hanya suka bubur ketan hitam. adikku yg suka martabak ketan hitam, bilang kue ini enak.
    keesokan harinya aku ke pasar beli tepung ketan hitam dan nemu resep bolu kukus ketan hitam di kemasannya dgn takaran yg sama dgn resep ini, hanya resep tsb pake mentega bukan minyak sayur dan memakain tbm.belum coba bikin lagi sih… tp mang lihat tepung yang sudah jadi dan yang aq grinding sendiri, beda ya teksturnya,:)

    • resepku kan gak pake baking soda, ka. Aku duga itu saat mengaduk minyaknya yang kurang rata. Jadi adonannya gak nyampur sempurna.

      menteganya dicairkan juga kan ya?

  • ika

    hmmm..tepung ketan hitam beli dmn mbak? kalo ketan hitam di ancurin pake food processor bisa gak ya?

    jadi penasaran sama rasanya karena pd dasarnya ketan item kan agak keras. saya suka bubur ketan hitam tp gak suka dgn martabak manis ketan hitam. tp koq tulisan dan komen disini bilang rasanya enak banget ya? jdi penasaran… *weekend target*

    setuju kalo masak dgn cara kukus lebih bagus hasilnya, kecuali pake kukusan bambu yg saya tulis di email. hehehe.. cuma pake kukusan bambu itu, airnya cepat habis tapi wkatu kukus setengah dri kukusan biasa.

    • beli di supermarket ada kok Ka… Ika di Jakarta kan? atau beli di TBK 😀
      Kalau mau blender sendiri dari ketan itemnya juga bisa Ka … 🙂 Ada yang nyaranin dijemur dulu supaya kering. Aku gak pernah blender sendiri, taunya beli siap jadi hehehe

      Yang pasti rasa bolkusnya tetap ada kayak pasir-pasir halus begitu Ka 🙂 tapi enak dan guriiihh …

  • Meinekuechemrsp

    mba…nanya….maksud kental itu apa ya? soft peak atau hard peak? masi newbie nihhhh….please balas ke emailku yaaa….karena ak pengen banget bikin kue2 gitu tapi pas di tulis, kocok sampe kental…wlah kaya gimana itu? soft peak n hard peak aja ak masi belajar….mohon infonya ya mba

    • Untuk Soft Peak atau Hard Peak itu istilah umum untuk mengocok putih telur. Lengkapnya bisa baca di http://www.cakefever.com/mengocok-putih-telur/

      Kalau untuk resep Bolkus Ketan Hitam ini, telur utuh dikocok sampai kental. Tanda-tanda kental itu kalau mixer diangkat maka adonan kocokan telur akan mengalir lambat dan bisa dibuat pita gitu di adonannya 😀 hehehe…. mudah2an gak ribet penjelasannya ya

  • nuna

    Enak nih. Saya pikir ini termasuk yg dijual, tp ga ada di list. Berapa ukurannya dan harga, kalau diambil sendiri. tksh

    • Wahahaha… dah dicoba ya Mi? … naah komenku, enakan yang bolkus karena lebih legiiddh … Chiffon aku pernah bikin, enak juga, tapi masih kalah legiidh sama yang versi kukus ini. Kemarin Chiffon sempat aku poto gak yah … cari dulu deh, baru posting 😀

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

%d bloggers like this: