Tepung Gandum vs Tepung Terigu, Apa Saja Sih Perbedaannya?

Hai, semuanya! Ketika membuat kue, pasti banyak banget bahan yang kita perlukan. Bahkan, buat kita yang merupakan baker pemula, terkadang nggak semua bahan kita paham fungsi dan manfaatnya untuk kue buatan kita. Nah, salah satu bahan vital yang biasa kita pakai untuk membuat kue adalah tepung. Nggak cuma tepung terigu, tepung gandum adalah salah satu yang sering kita dengar dalam dunia baking.

Sering dikira sama, tepung terigu dan tepung gandum sebenarnya adalah dua yang berbeda, lho. Kalau kamu, sudah tahukah apa perbedaan antara dua ini? Kali ini, Cakefever akan sajikan beberapa penjelasan tentang apa itu tepung gandum, hingga apa saja perbedaannya denga tepung terigu. Penasaran? Langsung aja, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Tepung Gandum?

Apa Itu Tepung Gandum | Pexels
Apa Itu Tepung Gandum | Pexels

Whole wheat flour atau tepung gandum adalah yang terbuat dari gandum utuh. Jenis tepung yang satu ini umumnya memiliki warna kecoklatan, dengan tekstur yang lembut tapi sedikit lebih kasar dibanding tepung terigu. 

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu BPDA dan Inilah 3 Rekomendasi Produknya!

Tepung gandum sendiri cocok untuk digunakan sebagai bahan makanan, mulai dari kue basah, hingga roti. Kamu juga pasti pernah dengar sama yang namanya roti gandum, kan?

Umumnya, makanan yang diolah dari tepung gandum adalah makanan yang cocok banget dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin yang tinggi, serta zat-zat baik lainnya yang dimiliki oleh tepung gandum. 

Jadi, buat kamu yang sedang diet, kamu bisa mulai coba bikin-bikin kue atau camilan dari tepung gandum, ya. Kamu bisa menemukannya di toko bahan kue terdekat, karena tepung gandum ini bukanlah bahan yang susah buat dicari.

Perbedaan Tepung Gandum dengan

Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Terigu | Pexels
Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Terigu | Pexels

Setelah mengetahui apa itu tepung gandum, kini tiba saatnya kamu mengetahui perbedaan tepung gandum dengan tepung terigu. Kamu sendiri, masihkah mengira bahwa dua bahan ini adalah yang sama? Apa saja sih, perbedaannya? Yuk, langsung aja cek penjelasannya di bawah ini!

1. Kandungan

Perbedaan mendasar dari tepung terigu dan tepung gandum adalah kandungannya. Pada dasarnya, tepung terigu memiliki kandungan berupa protein, vitamin, karbohidrat, serat, dan gluten yang tinggi.

Baca Juga:  Mengenal Gula Kastor & Perbedaannya dengan Gula Halus Biasa

Hal ini berbeda dengan tepung gandum, yang memiliki kandungan sejenis yang lebih tinggi, namun lebih rendah kandungan glutennya. Sebaliknya, tepung gandum memiliki sifat anti gluten, yang membuat tepung gandum lebih baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi terhadap gluten.

2. Bahan Dasar

Perbedaan selanjutnya dari tepung terigu dan tepung gandum adalah pada bahan dasarnya. Seperti namanya, whole wheat flour, tepung gandum merupakan yang dibuat oleh gandum utuh. Artinya, tepung gandum dibuat dari tanaman gandum yang utuh, melibatkan seluruh bagian gandumnya.

Hal ini berbeda dengan tepung terigu, yang cuma dibuat dari bagian daging gandumnya saja. Ini juga yang menjadi alasan kenapa tepung gandum lebih kaya kandungan daripada tepung terigu.

3. Tekstur dan Warna

Perbedaan terakhir dari tepung terigu dan tepung gandum adalah teksturnya. Kalau tepung terigu, dia memiliki tekstur yang sangat lembut, dengan warna putih salju. Sementara tepung gandum, dia teksturnya cenderung lebih kasar daripada tepung terigu, dan warnanya agak kecoklatan.

Baca Juga:  Mengenal Matcha, Kembaran Green Tea yang Banyak Manfaatnya

Biasanya, makanan yang dibuat menggunakan tepung gandum akan memiliki tekstur yang agak lebih kasar ketimbang makanan yang dibuat dari tepung terigu. Mungkin kamu bakalan relate mengapa roti tawar gandum memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan roti tawar biasa.

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan tentang apa itu tepung gandum, serta perbedaannya dengan tepung terigu. Sudahkah kamu memahami perbedaan antara keduanya? Semoga tulisan tentang tepung gandum dari Cakefever kali ini bisa menjadi referensi baru untukmu, ya!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya