Tuesday, September 27

Resep Dessert Pavlova, Kue Elegan Khas Australia

merupakan salah satu kue khas dari Australia yang dianggap sebagai hidangan penutup yang elegan. Rasanya manis dan pembuatannya pun menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Yuk mari mengenal dessert pavlova dan cara membuatnya.

Pavlova, Dessert Elegan yang Manis dan Renyah

Dessert pavlova mungkin masih asing ditelinga pecinta makanan yang kurang suka dengan makanan manis. merupakan kue yang terbuat dari campuran putih telur, gula serta dengan toping buah-buahan yang khas. memiliki rasa yang manis dan terasa segar, sehingga banyak disajikan sebagai hidangan penutup atau dessert ketika musim panas. 

Mengenai sejarahnya, ada beberapa yang menyatakan bahwa pavlova merupakan hidangan penutup asal Australia dan beberapa lagi percaya bahwa pavlova berasal dari Selandia Baru. Bahan-bahan untuk membuat pavlova terkesan sangat sederhana namun menghasilkan hasil yang elegan. 

Kualitas bahan sangat perlu diperhatikan dalam pembuatannya agar tidak merusak tekstur serta rasa dari pavlova. Penasaran dengan rasa dessert manis dan renyah ini? Yuk mari kita buat resepnya!

 

Resep Dessert yang Renyah dan Manis

Resep pavlova
Resep pavlova (Sumber: Pixabay)

Bahan-bahan

  • 250 gram gula caster
  • 250 gram strawberry yang sudah diiris tipis-tipis
  • 300 ml krim kental
  • 4 butir putih telur
  • 2 sendok teh tepung maizena
  • 5 sendok makan gula icing
  • Buah blueberry
  • 1 sendok teh cuka putih
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanilla
Baca Juga:  Cara Membuat Gulali Rambut Nenek Mudah Tanpa Pakai Mesin

Cara membuat

  1. Sebelum membuat adonan, panaskan terlebih dahulu oven yang akan digunakan dengan suhu 150 derajat celcius. Siapkan juga loyang yang sudah dialasi dengan dengan lingkar 22 cm.
  2. Siapkan wadah, masukkan putih telur dengan sedikit garam lalu mixer hingga putih berbusa. Lalu masukkan gula secara perlahan sambil terus dikocok hingga adonan menjadi mengkilat. Kembali masukkan tepung maizena, vanila beserta cuka lalu aduk hingga merata. 
  3. Gunakan spatula untuk menumpuk adonan meringue ke atas gambar lingkar di atas baking paper, kemudian lekukan adonan menggunakan punggung sendok. 
  4. Masukkan adonan ke dalam oven yang sudah dipanaskan tadi dan turunkan suhu menjadi 100 derajat celcius. 
  5. Panggang adonan sekitar 2 jam 30 menit hingga kulit pavlova menjadi mengering dan renyah. Setelah masak biarkan adonan berada di dalam oven hingga mendingin.
  6. Ambil strawberry yang telah disiapkan lalu blender dengan tambahan 3 sendok makan gula icing hingga lembut. Saring hingga bijinya terpisah. Sisihkan dan akan digunakan menjadi saus strawberry untuk dessert.
  7. Kocok krim menggunakan sisi gula gula icing dengan mixer hingga berbusa. Krim akan digunakan sebagai isian tengah pavlova dengan krim kocok. Saus strawberry yang sudah disiapkan kemudian di sendokkan ke atas adonan berlapis krim dan ditambahkan buah-buahan yang segar.
  8. Dessert dengan buah-buahan yang segar pun jadi dan dapat dinikmati. 
Baca Juga:  Resep Praktis Tiramisu Lezat Kualitas Hotel Berbintang

 

Penting Ketika Membuat

Ketika akan mencoba resep tersebut di rumah, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal ini agar dessert pavlova kamu berhasil. Berikut adalah tipsnya.

1. Bahan berkualitas tinggi

Bahan-bahan berkualitas tinggi menjadi penting dalam pembuatan pavlova. Pembuatannya hanya menggunakan bahan-bahan dasar saja, namun harus memperhatikan kualitas. Pemilihan bahan dengan kualitas yang rendah akan mempengaruhi tekstur dan rasa yang akan dihasilkan. Jadi, pilihlah bahan berkualitas tinggi atau premium.

2. Gunakan Wadah yang Bersih

Ketika mencampurkan bahan, gunakan wadah yang bersih tanpa ada sisa lemak atau minyak. Wadah yang tidak akan bersih akan mempengaruhi tekstur dari telur yang dikocok.

3. Hindari Menggunakan Kuning

Membuat kue pavlova hanya menggunakan putih telur saja. Perlu diketahui bahwa telur yang digunakan harus bersuhu ruangan bukan suhu kulkas. Putih telur sangat berperan penting dalam cita rasa yang dihasilkan oleh pavlova sehingga hal ini perlu sangat diperhatikan. 

 

Nah itu tadi resep lengkap hidangan penutup elegan asal Australia. Bahan-bahan yang sederhana dengan rasa yang enak tentu akan sangat worth it untuk dicoba. Selamat mencoba resep pavlova ya!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^