Saturday, June 25

Resep Dango Jepang Saus Gula Merah ala Chef Ayu Wardojo

Adakah teman-teman setia Cakefever yang suka atau sering menemani anak atau adik buat nonton Anime Naruto? Jika iya, tentunya kamu sudah nggak asing dengan jajanan khas Jepang yang berbentuk bulat-bulat dan disatukan dengan tusuk sate. Yup, jajanan tersebut adalah Dango. Dango di Jepang sendiri memiliki banyak versi, yang terdiri dari Dango dengan rasa manis, ataupun yang asin. 

Untuk camilan sebagai teman santaimu saat nonton film atau nugas, sepertinya Dango dengan rasa manis bisa menaikkan moodmu, nih. Eits, tapi nggak perlu repot-repot beli di luar, karena kamu bisa bikin sendiri di rumah. Yuk, intip resep dango saus gula merah ala Chef Ayu Wardojo berikut ini!

Dango Saus Gula Merah, Perpaduan Hidangan Jepang dengan Kearifan Lokal

Resep dango saus gula merah (Sumber - MatchaJP)
Resep dango saus gula merah (Sumber – MatchaJP)

Dango merupakan jajanan yang berasal dari Negeri Sakura, atau yang biasa kita sebut dengan Jepang. Memiliki tekstur kenyal dan berbentuk bulat mirip dengan Mochi, tentunya Dango bisa merebut hati siapapun yang mencicipinya. Kalau berdasarkan pengalamanku, aku baru cobain Dango manis aja sih, belum pernah cobain Dango yang pakai Japanese Soy Sauce, karena aku sendiri merupakan penggemar makanan manis, hehe.

Baca Juga:  Cake Tabur Keju Yang Cocok Jadi Kudapan Resepsi

Kalau di Indonesia, mungkin jajanan Dango ini agak mirip-mirip dengan Klepon. Bedanya, Dango nggak punya isian, seperti klepon yang berisi gula merah. Nah, membuat Dango saus gula merah merupakan salah satu ide kreatif dari Chef Ayu Wardojo untuk memadukan Dango dengan gula merah, sehingga jadi sajian luar negeri yang punya sentuhan kearifan lokal.

Bagi kamu yang sering nonton serial anime Naruto, kamu juga pasti penasaran karena jajanan yang satu ini pernah muncul di beberapa episode, sebagai jajanan kesukaan Naruto selain mie ramen. Kepoin resep Dango saus gula merah di bawah ini, yuk!

Cara Bikin Dango Saus Gula Merah ala Chef Ayu Wardojo

Resep Dango Saus Gula Merah (sumber - Haibunda)
Resep Dango Saus Gula Merah (sumber – Haibunda)

Resep Dango saus gula merah ala Chef Ayu Wardojo ini merupakan resep kreatif yang memadukan hidangan luar negeri dengan kearifan lokal. Bagaimana tidak, chef berbakat yang satu ini menjadikan gula merah sebagai saus Dangonya, lho. Padahal, setahuku, Dango yang asli di Jepang biasanya sih, sausnya dibikin pakai Japanese Soy Sauce (aku sendiri belum pernah cobain Dango dengan saus ini sih, baru cobain Dango manis aja, hehe). 

Selain karena memiliki rasa manis yang bisa naikin mood kamu, resep Dango saus gula merah yang satu ini juga sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Nah, sudah kepo dengan bagaimana resep Dango Jepang dengan sentuhan bahan lokal dengan resep ala Chef Ayu? Berikut ini resepnya.

Baca Juga:  Resep Kue Putri Salju NCC Anti Gagal & Anti Lengket

Bahan-Bahan Dango Saus Gula Merah: 

  • 200 gram tepung beras
  • 200 gram gula merah
  • 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 200 gram
  • 5 sdm dan 4 sdm gula pasir
  • 150 dan 350 ml air
  • 200 gram gula merah
  • 2 lembar

Cara Membuat Dango Saus Gula Merah:

  • Siapkan wadah, kemudian masukkan tepung beras, tepung ketan, 350 ml air, dan 5 sdm gula pasir. Aduk-aduk terus hingga adonannya jadi kalis, ya.
  • Jika adonan sudah kalis, yuk, kita siapkan teflon atau panci untuk merebus adonan Dangonya. Kita bentuk adonan Dangonya menjadi bulat-bulat kecil dulu. 
  • Rebus adonan Dango sampai mendidih, tunggu sampai semua Dangonya mengapung naik ke permukaan panci atau teflon. Itu artinya, Dango buatan kita sudah matang dan siap diangkat. Setelah diangkat, tiriskan Dango.
  • Tusuk Dango yang sudah matang tadi dengan tusuk sate. Biasanya, 1 tusuk sate bisa dipakai untuk 3 buah Dango. 
  • Sekarang kita akan bikin saus gula merahnya. Campurkan 150 ml air, gula merah, gula pasir, dan ke dalam teflon atau panci. Aduk-aduk terus hingga gula merahnya leleh. Kemudian, kita masukkan larutan ke dalam adonan gula merah. Aduk terus hingga saus gula merahnya mengental, ya.
  • Celupkan Dango ke dalam saus gula merah yang baru aja kita buat, tapi kalau kamu nggak suka Dangonya dicelup, sausnya bisa disiramkan aja saat Dango disajikan di piring, ya.
  • Sajikan Dango saus gula merah di atas piring saji, dan selamat menikmati!
Baca Juga:  Resep Bungeoppang Mudah, Dessert Bentuk Ikan Lucu ala Korea

Nah, itulah tadi resep Dango saus gula merah ala Chef Ayu Wardojo yang bisa kamu cobain sendiri di rumah. Selain bahan-bahannya mudah ditemukan, langkah-langkah cara membuatnya ternyata sama sekali nggak susah, lho. Daripada repot-repot jajan di luar, mending kamu coba bikin sendiri jajanan kesukaan Naruto yang satu ini dengan resep Dango di atas, deh. Selamat mencoba!

SEO Content Writer yang juga bercita-cita jadi Captain Marvel

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^