Keju mascarpone biasanya disimpan di rak pendingin di supermarket atau toko bahan kue. Harga kejunya cukup mahal, bahkan lebih mahal dari pada harga cream . Tekstur kejunya creamy dan rasanya lebih halus dibandingkan cream .

Sekali-kalinya aku beli mascarpone itu saat mau praktek membuat Tiramisu. Tiramisu tidak selalu harus pakai keju mascarpone, bisa diganti cream atau bahkan dairy whipped cream. Tapi ya buatku sih terasa bedanya bila Tiramisu tidak menggunakan keju mascarpone. Rasa kejunya memang mengangkat rasa keseluruhan si tiramisu.

Namun si mascarpone ini tidak mudah ditemukan seperti menemukan jenis lainnya. Ya mungkin sama susahnya mencari . Karena itu kita pun berusaha untuk bisa membuat homemade mascarpone (gadungan) seperti halnya kita membuat homemade .

Bahan yang dibutuhkan hanya dairy fresh cream (harus produk ya), jeruk lemon dan kain kasa halus untuk menyaring kejunya. Kain kasa halus ini biasanya disebut cheese cloth.

Aku jarang membuat mascarpone sendiri, karena masih mudah dibeli dan tidak terlalu sering membuat kue yang menggunakan mascarpone. Jadi homemade mascarpone ini hanya satu kali aku pernah buat, itu pun karena iseng ingin tahu seperti apa hasilnya.

Resep standarnya adalah 2 cup fresh cream dan 1 sendok makan air jeruk lemon. Tapi ada juga resep dari Chef Louis dari Tulip menyebutkan 250 gram fresh cream dan 25 gram air jeruk lemon.

Cara Membuat Homemade Mascarpone Cheese

Panaskan fresh cream, jangan sampai mendidih. Aduk terus jaga supaya bagian bawah panci tidak gosong atau berkerak. Supaya aman, bisa juga menggunakan double boiler seperti kalau mau melelehkan coklat.

Ketika gelembung-gelembung sudah muncul (jangan sampai mendidih) kecilkan apinya lalu masukkan air jeruk lemon, aduk rata. Akan terlihat adonan lama-lama akan mengental. Aduk terus sampai 10 menitan lalu matikan api.

Dinginkan larutan fresh cream dan jeruk ini. Bisa dengan cara merendam wadah fresh cream ini ke dalam air dingin.

Setelah adonan dingin, saring adonan dengan kain kasa atau cheese cloth itu. Siapkan sekitar 3 lembar kain kasa ini. Ikat dengan karet lalu biarkan semalaman di dalam kulkas agar wheynya terpisah dan turun ke bawah. letakkan bungkusan keju basah ini di atas saringan yang dibawahnya ada wadah untuk menampung tetesan air dari saringan.

Baca Juga:  Resep Bread Pudding Yang Lembut dan Nikmat

Masukkan kulkas, biarkan semalaman. Air dan bagian padat akan memisah, ambil bagian padatnya yang sudah menjadi Home Made Mascarpone Cheese.

Artikel Lainnya:

22 Comments
  • Santi
    says:

    Hallo mbak … Kl mascarpone udh dibuka & masih ada … Cara penyimpanannya bagaimana ya ? Dan tahan berapa lama ?

    Makasih

    • Ferona Yulia
      says:

      Pakai wadahnya yang mangkuk atau yang pouch gitu? kalau di pouch mesti dipindah ke wadah tertutup rapat. Kalau yang di mangkuk juga mesti ditutup rapat lagi dan simpan di kulkas. Kalau mau lama bisa dibekukan, tapi kalau dithawing nanti teksturnya tidak bisa seperti semula. Kalau tinggal sedikit sih, cemilin aja kejunya mba hehehe.

  • corrybrohet
    says:

    Thank you ya Mbak…atas keterangannya, mbak aku buat kue brownies cheese…tp setelah matang kuenya mengkerut kenapa ya ? aku dah lebihin timernya +/- 10 menit ,waktu di timer 30 menit kuenya masih basah tengahnya…btw tetap enak sih hihihi…next time aku coba lagi dech.
    thanks again mbak.

  • corrybrohet
    says:

    Mbak/Mas yg baik …mau tny doooong klo fresh cream dairy itu jenisnya gimana ya…sama UHT sama ga ?
    makasih ya…oh ya klo bikin mascarpone itu , setlah jadi apa timbangannya sama dengan bahan bakunya ? thx again.

  • ely
    says:

    mb ferona…mau tanya kenapa kalo buat muffin…keluar dari oven(sebenere bukan oven…tapi panciserb guna/tatung)cupnya lepas dewe.jdi gak cantik lagi.eh….resep cara bikang anda punya??mksh.resep resep dan tips anda amat sangat membntu.ijin copas.mksh

    • cakefever
      says:

      Pakai cupcasenya yg ada lapisan plastik/wax gitu kah? Klo aku pakai cupcase yg kertas biasa gak lepas, malah lengket-lengket gitu 😀

  • alda
    says:

    mauu nanyaa nih ,, mascarpone tuu blii a dmana ya ? trs ,, kalo misal buad sndri gmn cara a ??

    • cakefever
      says:

      Cream apa nih? Buttercream atau whipped cream?

      Aku suka males bikin buttercream sendiri 😀 apalagi mmg aku gak pernah menghias kue 🙂

      Jadi klo butuh buttercream, beli jadi yg merk hollmann. Biasanya cuma utk olesan saja, gak pake banyak2.

      Buttercream buatan sendiri banyak resepnya. Coba googling deh ya …

    • cakefever
      says:

      waduuhh aku lupaa … aku sudah lama sekali mencobanya. Karena menurutku prosesnya kelamaan, aku jadi gak pernah nyoba bikin lagi. Mending langsung ke supermarket beli mascarpone 😀 Kalo Nia sempat mencoba, please share ya hasilnya jadi berapa gram. Thanks sebelumnya ya…

  • Ria
    says:

    wah, heibad euy dirimu, Ron. must-try recipe nih kynya, scara mascarpone disini mahalnya gak kira2. mending nunggu smaleman deh hehe.

    • cakefever
      says:

      hihihi… iya, kalo di sini mending gw langsung ke Carrefour deh… atau ke TBK terdekat. Mascarpone berbagai merek ada, yang bubuk juga ada … 😀

  • nana
    says:

    halo mbak…
    aku lagi pingin bikin tiramisu nih, n kebetulan dapet di google resep keju ini…
    mo tanya nih…bikin keju mascarpone ini pasti jadinya gag??soalnya klu gagal khan sayang krim nya… =p
    trus, jumlah setelah dibikin tuh berkurang berapa banyak????
    klu beli di toko2 gitu brapaan n belinya dimana??
    thx be4… ^^

    • cakefever
      says:

      @Nana, aku baru sekali bikin kejunya, dan jadi siy. Cuma besok-besok aku ndak mau bikin lagi. Kelamaan nunggunya, hihihi. Lebih cepat langsung ke C4 atau Giant beli Mascarponenya. Kalo di C4 harganya sekitar 48ribuan utk 250 gram yang merek Yummy ya. Kayaknya itu yang paling murah deh. Di Giant, Hero, Ranch Market atau supermarket yang lumayan gede, biasanya ada Mascarpone Cheese yang merek Yummy ini. Carinya di bagian lemari pendingin yaa …

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^