4 Resep Makanan Korea Terhits di Indonesia, Bikin Ngiler!

Siapa di sini yang suka nonton drakor? Kalau suka nonton drakor, kamu pasti sering melihat makanan khas Korea yang bikin ngiler dan pengen coba, iya kan? Makanya, yang hits di Indonesia menjadi salah satu wishlist yang wajib dicoba bagi banyak pecinta drakor.

Kalau penasaran sama kuliner Korea dan ingin berkreasi sendiri, kamu bisa mencobanya di rumah, lho! Tenang, resepnya nggak susah kok! Yuk, simak 4 yang hits di Indonesia berikut ini!

Mengintip 4 yang Hits di Indonesia dan Wajib Dicoba Si Pecinta Korea

Tren dari Korea Selatan rasanya nggak pernah habis-habis, ya? Mulai dari musik K-Pop, Drama Korea, sampai yang hits di Indonesia dari tahun ke tahun selalu difavoritkan oleh banyak anak muda sekarang. 

Makanan Korea yang hits di Indonesia ada bermacam-macam. Kalau penasaran mau membuat sendiri di rumah, kamu bisa mencobanya dengan 4 Korea yang Hits di Indonesia ala Cakefever di bawah ini!

Resep Topokki Pedas Nikmat

Resep Tteokbokki (sumber: @qqieajoe on Instagram)
Resep Tteokbokki (sumber: @qqieajoe on Instagram)

Bagi kamu si penikmat drama Korea, pastinya udah nggak asing dengan makanan Korea topokki, bukan? Yap, makanan Korea pedas satu ini ternyata banyak penggemarnya di Indonesia! Mau coba bikin makanan Korea berkuah dan pedas nikmat satu ini? Simak resepnya di bawah, ya!

Bahan topokki:

  • 10 gram tepung beras
  • 50 gram
  • Garam secukupnya
  • Air panas mendidih secukupnya 

Bahan saus:

  • 1 sendok makan saus tomat
  • 5 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok teh maizena yang telah dilarutkan dengan air matang
  • 150 ml air
  • 1 siung bawang putih, digeprek
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh kaldu bubuk
  • ¼ sendok teh lada bubuk
Baca Juga:  Intip Cara Membuat Odeng Korea Enak ala K-Drama Start Up

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, buat topokkinya dengan mencampurkan seluruh bahan topokki kecuali air ke dalam satu wadah. Lalu, tuangkan air panasnya sedikit demi sedikit sampai adonan bisa diuleni
  • Selanjutnya, uleni adonan dengan bentuk memanjang dan rebus adonan dalam air mendidih yang telah ditambahkan 1 sendok makan minyak goreng
  • Apabila sudah mengapung, topokki bisa ditiriskan
  • Selanjutnya, kamu bisa membuat sausnya dengan menumis bawang putih sampai harum, lalu tambahkan saus sambal, saus tomat, maizena yang telah dilarutkan, serta air
  • Saus dapat dibumbui dengan lada, garam, dan kaldu. Selanjutnya, tunggu saus hingga mendidih
  • Jika sudah mendidih, tambahkan topokki kenyal ke dalam saus dan aduk hingga mengental
  • Topokki siap disajikan!

Resep Bungeoppang Mudah Dibuat

Resep Bungeoppang Mudah (sumber: @lulubarliani on Instagram)
Resep Bungeoppang Mudah (sumber: @lulubarliani on Instagram)

Makanan Korea yang hits di Indonesia selanjutnya adalah bungeoppang. Bungeoppang adalah kue khas Korea berbentuk ikan dengan isian pasta kacang merah yang terasa manis. Resep membuat bungeoppang cukup mudah dan bisa kamu coba sendiri rumah jika punya cetakan khususnya.

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu serbaguna
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking soda

Bahan untuk isian:

  • 300 gram kacang merah atau azuki bean, rebus dan haluskan
  • 100 gram gula pasir
  • ½ sendok teh ekstrak vanilla
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat:

  • Langkah pertama yaitu kamu harus membuat isiannya terlebih dahulu. Isiannya dibuat dengan memasukkan kacang merah yang telah halus ke dalam panci, lalu tambahkan gula pasir, garam, dan ekstrak vanilla. Masak campuran bahan isian ini dengan api kecil
  • Campurkan tepung terigu serbaguna, garam, baking soda, dan gula pasir dalam wadah. Selanjutnya, tambahkan air dan telur. Aduk campuran tersebut hingga merata
  • Panaskan cetakan berbentuk ikan dan olesi dengan minyak goreng. Tuang adonan waffle pada cetakan tersebut dan masak hingga setengah matang
  • Sedikit tips dari aku, kamu bisa mengoleskan cetakannya dengan campuran mentega dan minyak supaya hasilnya lebih terasa gurih!
  • Masukkan isian sebanyak 1 sendok makan, lalu tuang kembali adonannya hingga menutupi cetakan tersebut.
  • Diamkan selama 3 menit, kemudian balikkan sisi cetakan dan diamkan kembali selama 3 menit.
  • Terakhir, cetakan sudah dapat dibuka dan bungeoppang bisa disajikan.
Baca Juga:  Resep Bungeoppang Mudah, Dessert Bentuk Ikan Lucu ala Korea

Resep Hotteok Sederhana

Resep Hotteok (sumber: @hanaquon on Instagram)
Resep Hotteok (sumber: @hanaquon on Instagram)

Jajanan pinggir jalan khas korea ternyata nggak kalah populer juga di Indonesia, lho. Betul, apalagi kalau bukan hotteok. Hotteok ini merupakan pancake manis ala Korea yang disukai oleh anak kecil dan menjadi salah satu makanan Korea yang hits di Indonesia. Makanan Korea yang mudah dibuat ini bisa kamu coba sendiri di rumah karena alat dan bahannya tidak sulit dicari.

Bahan:

  • 130 gram tepung terigu
  • 50 gram
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan ragi instan
  • Baking powder secukupnya
  • Gula dengan takaran sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • 200 ml air hangat
  • Madu/gula halus/selai coklat/keju parut sesuai selera

Cara membuat:

  • Campurkan ragi, air, gula dan minyak goreng di dalam wadah, lalu tambahkan tepung terigu, tepung ketan, serta garam perlahan-lahan. Aduk adonan hingga mencampur rata
  • Lalu, adonan didiamkan adonan selama 1 jam sampai dirasamengembang
  • Setelah itu, kempiskan adonan dan olesi tangan dengan minyak goreng. Kamu bisa mengambil adonan secukupnya dan menguleni adonan tersebut hingga berbentuk bulat
  • Masukan isian sesuai dengan selera pada adonan, lalu uleni kembali agar adonan berbentuk bulat sempurna
  • Terakhir, adonan dapat digoreng pada pan menggunakan sedikit minyak dan api yang kecil. Sambil digoreng, adonan dipipihkan dengan spatula
  • Hotteok sederhana siap disajikan 
Baca Juga:  2 Resep Patbingsu, Es Serut Korea yang Nikmatnya Kebangetan

Resep Bulgogi Menggugah Selera

Resep Bulgogi (sumber: @espressoandlime on Instagram)
Resep Bulgogi (sumber: @espressoandlime on Instagram)

Bulgogi adalah rekomendasi makanan Korea yang hits di Indonesia terakhir dari Cakefever. Olahan daging sapi khas Korea satu ini pastinya sering kamu temukan di menu restoran-restoran Korea, kan? Nih, Cakefever kasih intip sedikit Korea yang hits di Indonesia yaitu bulgogi yang nggak kalah enak dari restoran Korea!

Bahan:

  • 500 gram daging sapi has yang telah diiris tipis
  • Buah pir secukupnya yang telah diparut halus
  • 3 siung bawang putih yang telah diparut halus
  • Jahe secukupnya yang telah diparut halus
  • ½ buah bawang bombai, diiris panjang
  • 5 sendok teh kecap asin
  • 5 sendok teh gula palem
  • 2 sendok teh kecap manis
  • 2 sendok teh minyak wijen
  • Bubuk lada secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Marinasi daging sapi menggunakan buah pir, bawang putih, jahe, bawang bombai, kecap asin, gula palem, kecap manis, minyak wijen, bubuk lada, dan garam. Aduk seluruhnya hingga merata. Lalu, diamkan campuran marinasi daging tersebut selama 1 jam atau lebih baik lagi 1 malam pada chiller kulkas.
  • Jika bumbu dirasa sudah meresap sempurna pada daging, kamu bisa langsung menumisnya pada wajan yang telah diberi minyak secukupnya. Masak bulgogi hingga matang.
  • Tambahkan bulgogi dengan tambahan daun bawang dan bulgogi siap disajikan. 

Nah, gimana? Mudah bukan resep makanan korea yang hits di Indonesia ala cakefever ini? Kalau membuatnya di rumah, kamu bisa berkreasi sesuka kamu dengan menambahkan bahan lain yang dirasa cocok sama resepnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin berkreasi di rumah!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya